Kegiatan Begadang : Nonton Bola di TV

Advertisement

Sepakbola adalah salah satu olahraga yang sangat popular di dunia termasuk juga di Indonesia. Meskipun di Indonesia sendiri memiliki tim sepakbola, namun sebagian pecinta bola tanah air lebih banyak menonton siaran sepakbola internasional terutama di eropa.

Akan tetapi, kesenangan mengikuti siaran bola di setiap pertandingannya, juga harus mewaspadai efek buruk bagi kesehatan kita. Kita juga harus melakukan aktivitas rutin sehari-hari.

Dampak buruk kesehatan nonton dini hari salah satunya adalah kurang tidur. Jika pagi hari sampai sore harinya kita harus bekerja, maka waktu tidur akan berkurang. Itu otomatis.

nonton boal

Saat menonton pertandingan sepak bola, kita biasanya tidak hanya duduk tenang, kadang kala berteriak dan bergerak-gerak. ”Jika kondisi itu terus menerus terjadi setiap malam, maka bisa menyebabkan kelelahan,” kata Dokter Ari Fahrial Syam, praktisi klinis yang juga gila bola. Dilansir dari Detik.com

Dampak kelelahan bagi kesehatan adalah gangguan kesehatan secara umum, kambuhnya berbagai penyakit kronis dan menurunnya daya tahan tubuh seseorang.

Menurut Ari, kelelahan serta stres yang tinggi juga akan sangat mengganggu proses metabolisme dan hormonal di dalam tubuh. “Saat tim yang kita jagokan kalah, umumnya kita kecewa. Nah, rasa kecewa itu akan mengganggu tidur kita,” imbuh praktisi klinis yang menjagokan tim Spanyol ini.

Advertisement

Kelelahan terjadi karena fisik dan mental dipaksa untuk bekerja secara terus menerus tanpa istirahat cukup. Kondisi diperburuk oleh konsumsi rokok yang terus menerus disertai minum kopi yang berlebihan. Tak jarang juga minum suplemen dan minuman berenergi yang umumnya mengandung ginseng dan kafein dengan tujuan mata tetap terjaga.

Dokter Ari menambahkan, kelelahan berhubungan dengan berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan sistim pencernaan, gangguan sistem jantung dan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah otak serta penurunan daya tahan tubuh. “Menonton sepak bola setiap dini hari bisa mencetuskan terjadinya kelelahan. Kurang tidur bisa menimbulkan sakit kepala dan migrain (sakit kepala sebelah) maupun vertigo (sakit kepala yang parah),” lanjutnya.

Gangguan pencernaan timbul akibat nafsu makan berkurang. Hal itu akan memperparah kondisi fisik yang sedang mengalami kelelahan tersebut. Mereka yang mengalami kelelahan juga akan mengalami mual bahkan muntah serta nyeri di ulu hati.

Saat lelah umumnya kurang konsentrasi dalam bekerja. Selain itu emosi juga menjadi tinggi. “Kecelakaan lalu lintas sering terjadi pada pengendara yang sedang mengalami kelelahan tersebut,” lanjutnya.

Selain itu, berbagai penyakit kronis bisa kambuh jika seseorang mengalami kelelahan. Misalnya sakit maag, gangguan kejiwaan, asma bronkiale, kencing manis, hipertensi, stroke dan serangan jantung.

Kelelahan fisik dan psikis juga akan memperburuk daya tahan tubuh dan mudah terkena terserang virus seperti influenza. “Juga mudah terjadi infeksi usus berupa diare, infeksi virus hepatitis, deman thypoid dan virus demam berdarah,” ujar Dokter Ari.

Jadi, pikir ulang untuk menonton pertandingan sepak bola pada dini hari, terutama bagi Anda yang beraktivitas penuh di siang hari.

Advertisement

Info Terkait

Updated: April 8, 2015 — 6:13 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme