Kelebihan CRM Dibandingkan Microsoft Excel

Advertisement

Hampir sebuah kewajiban sebuah komputer atau laptop dipasang Microsoft Office, terutama MS Word dan MS Excel. Tapi untuk mendukung pekerjaan ksebuah perusahaan, ada sebuah software alternatif yang sangat efektif, yakni Customer Relation Manager (CMR) solution.

Di sisi lain, ada banyak pembicaraan tentang memanfaatkan CMR, terdengar seperti alat mewah yang digunakan oleh ahli komputer dan bukan sesuatu yang cocok untuk bisnis non-IT.

Pertanyaannya : Mengapa mereka perlu mengganti Excel mereka yang digunakan selama bertahun-tahun dengan solusi CRM yang tampaknya menjadi begitu rumit?

Dalam postingan ini, saya akan menjelaskan secara sederhana untuk menjawab pertanyaan diatas.

Apa itu CRM?

excel vs crm

Sederhananya, CRM adalah sebuah aplikasi online yang memungkinkan beberapa pengguna mengakses, berbagi, update, dan memproses data yang entah bagaimana berhubungan dengan penanganan pelanggan dan klien. CRM melakukan lebih banyak menyediakan komunikasi dan alur kerja otomatis yang telah ditetapkan dan fine-tuned untuk setiap bisnis yang spesifik.

6 Alasan untuk Mengganti File Excel Anda dengan CRM

Berikut adalah 6 alasan sederhana mengapa Anda perlu mengganti file Excel Anda dengan CRM:

Berbagi satu sumber informasi diperbarui

Meskipun Anda juga dapat berbagi file Excel dengan tim, ada tantangan yang jelas dalam menjaga file update – selalu ada tantangan seperti “yang memiliki versi update terbaru dari file” dan “bagaimana menggabungkan info ketika dua anggota tim membuat perubahan pada salinan mereka sendiri “! Menggunakan CRM akan mengakhiri ini dan banyak masalah lain dengan menyediakan satu sumber informasi yang selalu up-to-date.

Melacak semua interaksi pelanggan

Ini akan menjadi sangat rumit dan tidak nyaman untuk memiliki sejarah melacak semua interaksi dengan setiap pelanggan disimpan dalam file Excel. Anda perlu membuat sheet per klien atau untuk sekadar menambahkan rincian dalam comment cell di depan setiap klien. Namun CRM memungkinkan Anda untuk menjaga track record lengkap dari semua interaksi pelanggan seperti pertemuan, email, kutipan, panggilan telepon, dan dengan mudah mengakses track record ini


Advertisement

Integrasi dengan Email

Salah satu metode utama berkomunikasi dengan klien adalah melalui email. Dalam solusi non-CRM, sebagian besar informasi yang paling penting akan tidak dalam file Excel tetapi dalam email individu berinteraksi dengan setiap pelanggan. Anggota tim lainnya biasanya tidak memiliki wawasan tentang informasi ini, ketika seorang karyawan meninggalkan, informasi berharga juga biasanya hilang atau akan sangat sulit untuk diambil. Dengan setup CRM yang benar, komunikasi email dengan setiap klien dilakukan melalui CRM dan disimpan sebagai bagian dari pelacakan pelanggan itu. Oleh karenanya akan sangat mudah bagi orang lain dalam perusahaan untuk memiliki akses ke semua informasi yang sangat berharga.

Fitur Pelaporan

Meskipun Microsoft Excel juga memiliki banyak pelaporan kuat dan data merangkum fitur, CRM sangat kuat dalam hal ini. Beberapa tabular, diringkas, atau laporan grafik dapat otomatis dibuat dan bahkan berbagi dengan manajemen perusahaan melalui email otomatis. CRM juga banyak menyediakan laporan analisis data yang akan memberikan alat yang sangat berguna bagi kesuksesan perusahaan.

Beberapa tingkat mengakses data

Hal ini sangat umum bahwa Anda akan ingin memberikan berbagai tingkat informasi tentang masing-masing klien untuk setiap tingkat dalam organisasi Anda. Dalam non-CRM, itu berarti menciptakan beberapa salinan dari info yang sama di file Excel yang berbeda yang akan sangat tidak efisien dan memakan waktu. Konfigurasi tersebut dapat dengan mudah dilakukan dalam CRM.

Otomasi

Dengan mengotomatisasi alur kerja dan tugas yang paling umum dalam CRM, Anda dapat menghemat waktu dan uang. Ini mungkin adalah manfaat paling penting ketika menggunakan solusi CRM. Anda akan lebih menyadari ketika Anda mulai menggunakannya.

Tantangan Menyiapkan CRM

Menyiapkan CRM bisa cukup menantang jika Anda mencoba untuk melakukannya sendiri. Ini akan membutuhkan kombinasi keahlian teknis dan bisnis serta perusahaan yang mencoba untuk melakukannya sendiri biasanya gagal karena tergantung pada seseorang yang hanya tidak memenuhi syarat.

Untuk memiliki solusi CRM yang sukses, sangat disarankan agar Anda melakukan ini melalui konsultan perusahaan yang dapat :

  • Menganalisis kebutuhan bisnis Anda
  • Mengusulkan solusi CRM terbaik di antara ratusan solusi yang berbeda yang tersedia
  • Menyesuaikan CRM dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda
  • Mentransfer data lama untuk CRM
  • Paling penting, mentor staf Anda untuk secara efektif menggunakan CRM dalam pekerjaan sehari-hari mereka
Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme