Kelebihan dan Kekurangan Mobil Murah Agya

Advertisement

Sejak kemunculanya di tahun 2013, Toyota Astra Moto (TAM) meluncurkan mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) miliknya, Agya.

Mereka mengklaim setelah tiga jam resmi diluncurkan, Agya langsung terpesan 1.570 unit. Mobil 1.000cc ini dibanderol mulai Rp 99,9-121,93 juta On the Road di Jakarta.

Dilansir dari Vivanews, sebelum mobil itu dikirim langsung ke konsumen, Toyota memberikan kesempatan media untuk menjajal memampuan Agya di Bandung, Jawa Barat.

agya mobil murah ayomaju.info mesin ok

Rute yang ditempuh memang bukan dari Jakarta ke Bandung, tapi hanya berkeliling kota Kembang. Mungkin sesuai dengan tipe Agya, yaitu city car alias mobil perkotaan. Kesempatan menjajal lebih dulu Agya TRD S transmisi matik. Perjalanan pun dimulai dari daerah Pasteur, Bandung.

Nah, sebelum membawa Agya berkeliling. Ada baiknya untuk membedah tampilan eksterior dan interiornya. Mobil ini memiliki dimensi panjang 3.580, lebar 1.600, dan tinggi 1.530, wheelbase 2.730 mm dan radius putar 4,4 meter.

Test drive Agya

Tongkrongan Agya memang tidak dibuat mirip dengan kembarannya, Daihatsu Ayla. Meski diproduksi di tempat yang sama yaitu di PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kawasan industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.

Agya TRD S (tipe termahal) terlihat lebih sporty. Fender dan grill depan didesain cukup ciamik hingga membentuk X. Makin terlihat “ganteng” dengan penambahan spoiler, aerokit depan, belakang, samping, emblem, dan sticker TRD-S.

Adapun bodi sampingnya mengadopsi desain garis tegas hingga ke belakang. Menaiknya, kaca samping belakang (penumpang) juga dibuat lebih besar.

Namun sayang, kaca belakang tidak dilengkapi wiper dan tak ada tuas pembuka di bagasi belakang. Artinya untuk membuka bagasi tidak bisa dari luar, tapi dibuka dari dalam mobil.

“Kita memang tidak menyediakan tuas pembuka di bagasi belakang. Pertimbangannya karena fungsinya tidak akan hilang juga, bisa dibuka dari dalam mobil (tombol di kanan bawah pengemudi),” kata General Manager Technical Service TAM, Dadi Herdiyandi di sela-sela test drive Agya.

Advertisement

 

Agya juga dilengkapi desain chrome door outside handle, side protective moulding, 6 spoke alloy wheel 175/65 R14, headlamp dan foglamp dengan aksesoris chrome. Dashboard dibuat menyatu dengan 2 Din Audio CD/MP3/USB/Aux berwarna silver.

stir agya ayomaju.info mobil

Untuk memberikan kesan mewah meski mobil murah, Agya diberi sentuhan chrome A/C register, chrome list combination meter, chrome parking brake knob dan chrome shift lever knob.

Interior Agya

Tampilan speedometer didesain cukup menarik dan mudah untuk dibaca. Menariknya, sudah ada Multi Information Display (MID) sebagai indikasi untuk mengetahui konsumsi BBM, jarak tempuh, indikator bensin dalam bentuk bar, dan alarm.

interior mobil murah agya ayomaju.info

Ada beberapa fitur keamanan dan keselamatan yang disematkan, seperti Dual SRS Airbag, sambuk pengaman, central lock meski belum auto lock–dalam kecepatan di atas 20 km/jam mobil akan terkunci otomotis. Terdapat juga fitur pengaturan kaca spion eletrik yang berada di samping kanan setir.

Tempat menaruh botol minuman ada setiap pintu depan-belakang dan di baris tengah depan yang persis di atas tuas transmisi.

Kursi berbahan fabric namun tidak begitu tebal. Ada juga headrest (sandaran kepala) dan sabuk pengaman di kedua baris kursinya. Bagasi belakang cukup muat untuk menaruh satu koper berukuran besar dan dua koper kecil.

Rasa penasaran makin besar untuk menjajal performa Agya, mulai dari sebagai pengemudi maupun penumpang.

Advertisement

Info Terkait

Updated: Oktober 14, 2015 — 12:23 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme