Komputer Jadi Lelet Karena Disk Usage 100 Persen

Advertisement

Jika tiba-tiba komputer menjadi lelet, banyak penyebab timbulnya masalah itu. Salah satunya adalah kerena disk usage 100 persen.

disk-usage-100-persen-menunggu

Penggunaan disk 100 persen tidak baik untuk komputer Anda. Jika ini terjadi pada komputer atau laptop Anda, itu akan membuat frustasi, komputer yang lambat menurunkan produktifitas kerja dan bahkan, Anda tidak dapat lagi menggunakan komputer karena dampak terburuknya adalah kerusakan hardware!

Jadi, bagaimana memecahkan masalah ini? ok, mari kita mulai!

Cek Disk Usage di Task Manager

Pertama terkait masalah kinerja, sebagian besar terjadi karena Search (Windows + Q) untuk mencari file dan program, atau apa pun yang pada drive Anda.

Untuk menentukan apakah masalah dari sini, Anda dapat mengetahui dengan menekan Ctrl + Alt + Del dan pilih Task Manager.

Kita perlu mempertimbangkan, perlu sedikit waktu untuk membuka Task Manager karena kinerja komputer yang lambat.

Malware

Jika cara pertama belum manjur, mungkin ini terjadi seperti kebanyakan masalah komputer lelet. Yakni Malware. Dan yang harus dilakukan pertama kali adalah memastikan bahwa komputer Anda tidak terinfeksi oleh malware.

Perangkat lunak antivirus harus mampu menangani masalah ini, itu lebih baik software berbayar.

Jika Anda tidak memiliki antivirus berbayar, setidaknya antivirus dari Windows; Windows Defender telah mampu menangani masalah ini jika sering diperbarui.

Jika ancaman ditemukan, kemudian segera menghapusnya dan restart komputer sebelum proses scanning terus berjalan. Mudah-mudahan dengan cara ini masalah dapat diselesaikan.

Tapi, jika tidak diselesaikan belum, cobalah cara berikut

Matikan Windows Search

Kemungkinan masalah yang terjadi berikutnya adalah Windows Search. Ada bug pada Windows 10 dan Windows 8 dan Windows 8.1 disebut “search loop”. Hal ini meningkatkan beban pada sistem drive.

Advertisement

Untuk menghentikan sementara sampai Windows reboot, buka Command Prompt (Admin) dengan mengklik kiri pada Start Menu dan ketik perintah seperti ini:

net.exe stop “windows search”

Untuk mematikan Cari Windows atau Indexing permanen, tekan Win + R dan ketik service.msc, tekan Enter.

Pada jendela Service, cari dan buka Windows Search sehingga akan membuka Windows Search Properties. Di bawah Startup type, pilih Disabled.

Di sini Anda juga bisa klik Stop untuk menghentikan layanan. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Setelah beberapa saat mematikan Windows Search, kinerja Windows 8.1 atau Windows 10 akan meningkat. Jika tidak, Anda dapat melanjutkan dengan cara di bawah ini.

Nonaktifkan XX Service

xx service terkadang menjadi masalah kinerja pada disk yang membuat komputer lambat di Windows 8.1 dan Windows 10. Untuk mengatasi masalah ini, buka Command Prompt dan ketik perintah:

net.exe stop superfetch

Sekali lagi, butuh beberapa saat untuk meningkatkan kinerja komputer Anda. Anda juga harus menjalankan Check Disk di Command Prompt:

chkdsk.exe / f / r

Anda akan diberitahu jika komputer harus reboot untuk menyelesaikan Check Disk, pastikan untuk menutup semua aplikasi dan data toko pertama.

Jika cara di atas masih tidak memecahkan masalah komputer Anda, ada kemungkinan bahwa sesuatu yang lain sebagai penyebab masalah ini.

FLASH

Kita sudah jarang melihat flash, ini disebabkan karena flash disebut-sebut menjadi salah satu aspek yang paling rentan, ada banyak serangan malware berasal dari Flash. Tampaknya menjadi salah satu penyebab paling umum untuk penggunaan hard disk 100% pada Windows 10 dan versi awal Windows; 8.1, 8, dan 7.

Jika Anda menggunakan browser Chrome, tulis pada url browser:

 

chrome://plugins

Anda akan melihat plugin flash player.

 

Klik tombol Nonaktifkan pada Adobe Flash Player sampai berwarna abu-abu. Tunggu beberapa saat dan memeriksa Task Manager. Masalah kinerja pada sistem drive akan terselesaikan.

Bagaimana jika Disk Usage selalu 100%?!

Saya berharap hal ini tidak terjadi pada Anda.

Jika komputer Anda selalu menampilkan penggunaan disk 100% bahkan ketika Anda sudah menggunakan semua cara di atas, mungkin penyebab utama pada hardware Anda; Hardisk. Sudah waktunya untuk menggantinya, atau membeli SSD baru di toko online atau outlet komputer di kota terdekat.

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme