Kota Mana Saja Selain Pontianak Yang Dilalui Garis Katulistiwa

Posted on Posted in Daerah, Wawasan

Sebuah kuis dengan pertanyaan : Sebutkan kota yang ada di Indonesia yang dilalui garis katulistiwa?

Jawabannya : ???

Pasti serentak menjawab Pontianak.

Kenapa harus Pontianak, memangya selain Pontianak mana saja? jika sekilah melihat peta, masih banyak tempat yang dilalui garis tersebut. Kasihan juga kan kota-kota lain yang tidak pernah disebut.

Untuk itu ayo cari tahu disini kota mana saja yang dilalui garis katulistiwa. Mungkin selama ini yang kita dengar mulai dari pelajaran di sekolah dasar, sampai ke tahap orang dewasa Pontianak adalah kota yang identik dengan garis khatulistiwa.

Ooops, ternyata kami mengalami kesulitan untuk mencari tahu. zoonk…

Dan ternyata, memang benar apa kata mereka. Pontianak memiliki keistimewaan sebagai satu-satunya kota besar yang dilalui garis katulistiwa. Oleh karenanya dibangunlah sebuah monumen Tugu Khatulistiwa di Kota Pontianak.

tugu khatulistiwa kota pontianak
Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Lokasi Tugu Khatulistiwa berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah. Tugu Khatulistiwa ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak.

 

Sebenarnya memang banyak tempat yang dilalui garis khatulistiwa, namun tidak ada yang benar-benar berada di kota besar selain Pontianak. Hanya pada sebuah daerah kota kecil atau kepulauan. Meliputi :

Pulau Sumatera :

  • Bonjol adalah sebuah kota kecamatan yang terletak di kabupaten Pasaman (Pasaman Timur), Sumatera Barat. Bonjol menjadi salah satu kota yang dilewati garis khatulistiwa. Sebagai penanda bahwa kota ini berada di lintang nol derajat, dibangun Taman Wisata Equator, rumah khas minangkabau, lapangan beraspal bertuliskan ‘I crossed the equator‘, bangunan berbentuk bulat berwarna biru, dan gerbang dengan tulisan “Anda melintasi khatulistiwa”.
  • Kepulauan Batu merupakan kepulauan dengan sekitar 48 pulau kecil yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera, di antara pulau Nias dan Siberut. Kepulauan ini termasuk dalam wilayah kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Garis katulistiwa melewati sebelah utara pulau Tanahmasa dan terbesar di kepulauan Batu.
  • Pulau Lingga merupakan pulau terbesar pada gugusan kepulauan Lingga. Pulau seluas 889 km2 ini terdapat di timur pulau Sumatera dan termasuk dalam wilayah provinsi Kepulauan Riau. Equator melewati ujung utara pulau kecil ini.

Pulau Kalimantan :

  • Garis equator melintasi provinsi kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Pulau Sulawesi dan sekitarnya :

  • Di pulau Sulawesi melintasi provinsi Sulawesi Tengah.
  • Kepulauan Kayoa merupakan kepulauan yang terletak di barat pulau Halmahera, Maluku. Kepulauan ini termasuk dalam wilayah kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Garis katulistiwa melewati kepulauan ini.
  • Pulau Halmahera merupakan pulau terbesar di kepulauan Maluku dan termasuk dalam wilayah provinsi Maluku Utara.
  • Pulau Gebe terletak di timur pulau Halmahera dan termasuk dalam wilayah kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara. Pulau Gebe dilalui oleh equator (garis khatulistiwa).

Pulau Papua :

  • Pulau Waigeo atau dikenal juga sebagai pulau Amberi atau Waigiu, merupakan pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat yang terletak di sebelah utara provinsi Papua Barat.

Selain melewati kota dan pulau, di Indonesia garis khatulistiwa juga melewati daerah perairan yang meliputi selat Karimata, selat Makasar, teluk Tambu dan teluk Tomini (Sulawesi), laut Maluku, dan laut Halmahera. (shr)

Referensi : Map, Wikipedia.

7 thoughts on “Kota Mana Saja Selain Pontianak Yang Dilalui Garis Katulistiwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.