Langkah Terakhir Memperbaiki Motherboard Rusak

Setelah diutak-utik sana-sini tidak menemukan perbaikan yang berarti, kerusakan motherboard mungkin saja bisa kembali normal dengan cara yang sedikit ekstrim.

Salah satu langkah terakhir memperbaiki motherboard rusak bisa dengan cara mencuci bersih mobo tersebut. Kemudian menyikat bagian yang mungkin sangat kotor akibat debu yang menempel pada komponen-komponed motherboard.

Dengan menggunakan ember dan terisi air secukupnya, masukkan motherboard kedalamnya. Namun perlu diperhatikan sebelumnya, baterai cmos harus dilepas dahulu agar tidak menimbulkan short-circuit (konslet).

memperbaiki motherboard
Photo by : TKI (Teknisi Komputer Indonesia)

 

Cara ini sebenarnya tidak begitu ekstrem, para teknisi komputer sudah biasa melakukan hal ini.

Waktu rendam motherboard sebaiknya sekitar 15 menit saja. Setelah itu tinggal menyikat dengan kuas atau sikat gigi dalam kondisi motherboard masih di dalam air. Goyangkan dan dibolak-balik supaya kotoran yang menempel tadi hilang.

Angkat motherboard tadi, selanjutnya ambil air lagi dan beri sabun colek. Anggap aja lagi bikin kopi, sabun tersebut diaduk sampai jadi air sabun. Nha masukkan lagi motherboard sambil mengelap dan menyikat.

Sekiranya sudah cukup bersih sampai ke sela-sela, bilas dengan air bersih lagi. Lap dengan kain pengering seperti ‘kanebo’.

Tahap finishing dilakukan dengan cara pengeringan, bisa menggunakan hair dryer atau dengan memberikan angin dari kipas. Tidak disarankan untuk dijemur langsung terkena matahari.

Pastikan sebelum dirakit lagi, tidak ada sisa air yang menempel pada kaki-kaki komponen, misalnya elco, resistor, ic, dan banyak lagi.

Jika sudah melakukan langkah-langkah memperbaiki motherboard tadi, saatnya untuk memulai mengetes apakah sudah bisa hidup kembali atau terpaksa harus dipindahkan ke tempat pengepul barang bekas 😀

Bismillah…. turn on!

Ayomaju.info

Mari Terus Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post