Manfaat Website untuk Bisnis di Masa Depan

Bagikan jika Anda suka

Seberapa penting sebuah situs untuk usaha Anda? mungkin Anda mengira tak sepenting yang Anda kira jika saat ini bisnis yang Anda jalankan masih aman-aman saja. Tapi bagaimana untuk masa depan?

Sebelum banyaknya smartphone, pengendara mobil atau motor banyak bertanya kepada orang di jalan. Berbeda dengan sekarang, mereka cukup mengaktifkan GPS dan telah diarahkan sampai tujuan.

Begitu juga orang yang sedang melakukan wisata. Walaupun orang tersebut belum pernah berkunjung, dengan bantuan google map, segera wisatawan sampai ke lokasi.

Terkait dengan bisnis. Misalnya Anda memiliki toko yang unik, hanya dengan pemasaran mulut-ke-mulut saja Anda akan didatangi calon pembeli.

Namun untuk masa depan. Sebelum orang bertanya ke orang lain, mereka mencoba untuk searching di google.

Jika dulu toko atau jasa milik Anda terus ramai, namun tahun demi tahun mulai stagnan, bahkan turun. Bisa jadi karena pesaing Anda lebih cepat memanfaatkan peluang secara online. Mereka telah membuat website dan memasang Local Business di google map.

Disinilah kita bisa mengatakan peranan website sangat penting untuk kemajuan bisnis Anda.

Kutipan popular dari orang terkaya dunia Bill Gates (pendiri Microsoft), ia mengatakan:

Kutipan kata-kata mutiara orang kaya Bill Gates internet bisnis

Artinya: “Jika bisnis Anda tidak ada di internet, maka bisnis Anda akan hilang dari [dunia] bisnis.”

Belanja online, mencari alamat bisnis atau nomor telepon, orang saat ini sering beralih online terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi tentang bisnis dan produk. Hal ini menjadikan kehadiran internet sebagai salah satu aset paling berharga untuk bisnis apa pun. Tidak hanya untuk berbagi informasi, tapi juga untuk membangun kredibilitas.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Weebly: 56% konsumen yang disurvei mengatakan bahwa mereka tidak mempercayai bisnis tanpa sebuah situs web.

Pelanggan lebih banyak terhubung dengan perusahaan secara digital saat ini daripada sebelumnya, sehingga membangun kehadiran online melalui website, blog, atau jejaring sosial memberikan cara terbaik bagi merek untuk melakukannya.

Dengan kehadiran digital, merek dapat menjangkau khalayak yang lebih luas daripada melalui bentuk komunikasi tradisional, dan mereka dapat terus mempertahankan loyalitas pelanggan dengan tetap terhubung terus menerus.

Lantas, website seperti apa untuk bisnis supaya dapat menjangkau pelanggan?

Diantaranya terbatas pada pilihan berikut:

  • Membayar seseorang sejumlah uang, terima bersih.
  • Belajar melakukannya sendiri, dari nol sampai jadi.
  • Memesan pembuatan, selanjutnya kelolas sendiri.

Masalah yang sering terjadi.

Social Media Examiner mengungkapkan bahwa 44% usaha kecil tidak memiliki situs web! Selain itu, hanya 68% dari bisnis tersebut yang memperbarui situs web mereka, paling tidak satu kali per bulan. Jadi, apa masalahnya?

Pertama, memiliki situs web terlalu sulit dan memakan waktu.

Membuat website tidak semudah mendaftar pada jejaring sosial seperti facebook, instagram, atau twitter. Sebagai perbandingan, membangung website yang “cukup baik” terlalu sulit, memakan waktu dan biaya relatif mahal. Akhirnya jadi terbengkalai.

Kedua, desain untuk smartphone juga perlu

Meskipun situs yang dioptimalkan untuk seluler adalah sebuah keharusan, sekitar 70% situs web tidak siap untuk seluler.

Selain itu, meski ada banyak jasa pembuatan website di pasaran, mereka kadang tidak memikirkan untuk membuat situs web yang ramah selular.

Padahal ini cukup berpengaruh terhadap kinerja sebuah website, mengingat lebih banyak orang mengakses internet dari perangkat mobile mereka daripada PC desktop, laptop atau tablet.

Plus, sekarang mesin pencari bergeser untuk menciptakan pengalaman yang lebih mobile-friendly, fakta bahwa hanya 21% dari mereka yang disurvei memiliki versi mobile dari situs web perusahaan mereka, menunjukkan ada peluang besar bagi usaha kecil untuk meningkatkan pengalaman digital pada pelanggan mereka.

Bahkan di China, negara tersebut memiliki salah satu tingkat penelusuran seluler tertinggi di dunia, hanya 45% responden yang melaporkan memiliki situs web seluler.

Pengotimalan.

Desain web sudah bagus, lengkap, dan cepat. Namun jika semua itu tidak dioptimasi untuk pencarian lewat search engine, misalnya google dan bing, sayang sekali – artinya anda kehilangan posisi pada pencarian dan orang telah menemukan pesaing bisnis Anda dengan kata kunci yang sama.

Hal ini perlu dipelajari lebih lanjut, atau berkonsultasi pada web developer atau web designer yang telah berpengalaman.

Rekomendasi

Sebuah situs web adalah satu domain yang terdiri dari halaman web yang berbeda. Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu tahu di mana konsumen Anda berada dengan memanfaatkan sebuah website untuk bisnis.

Biaya Efektif

Untuk membuat website, pada dasarnya tidaklah mahal. Dengan biaya kurang dari 500 ribu, website standar Anda akan online dalam setahun kedepan.

Mahalnya website adalah seperti apa kontennya dan optimasi. Jika Anda memiliki website hanya sebagai company profile, cukup hanya dengan beberapa halaman web dan berikan beberapa galeri produk Anda. Namun untuk meraih puluhan, ratusan, bahkan ribuan pengunjung setiap hari, ada cost tersendiri.

Sebuah situs web yang dikembangkan secara strategis dan solusi kehadiran online memberikan manfaat dan penetapan biaya yang luar biasa.

Kemudahan

Dapat diakses kapan saja, akun situs web dan media sosial Anda dapat diakses 24 jam, 7 hari, 12 bulan. Sebuah toko kadang hanya buka dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam. Ini adalah perwakilan untuk bisnis nyata Anda.

Kredibilitas

Dengan membangun sebuah situs web, Anda memberi kesempatan pada bisnis Anda untuk memberi tahu konsumen mengapa mereka harus mempercayai Anda dan testimonial dan fakta untuk mendukung peluang tersebut. Percaya atau tidak, kebanyakan orang akan mencari di internet untuk suatu produk atau jasa sebelum melakukan pembelian untuk mengecek kredibilitasnya terlebih dahulu. Bila Anda memberikan pelayanan atau produk yang baik, kabar baik dari mulut ke mulut tentang bisnis Anda kemungkinan akan menyebar. Yang pada gilirannya, memberikan lebih banyak mengulang dan bisnis baru.

Orang cenderung mempercayai bisnis setelah mereka berbisnis dengannya. Dengan menggunakan situs web Anda, Anda dapat terus melayani konsumen secara online dan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pemilik bisnis.

Singkatnya, terlihat di seluruh dunia berarti Anda sangat mungkin mendapatkan lebih banyak pelanggan. Semakin banyak pelanggan dan pengunjung yang Anda miliki, semakin banyak penjualan yang akan Anda hasilkan. Semakin banyak penjualan yang Anda hasilkan semakin dekat dengan puncak kesuksesan.

*Tips: tambahkan lokasi bisnis di google map, konfirmasikan situs web Anda. Ini sangat efektif ketika orang mencari produk atau jasa, plus mintalah review atau testimoni pelanggan.

Semoga bermanfaat (mmd/ayomaju.info)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.