Media Promosi Paling Efektif Untuk Bisnis Anda

Advertisement

Ayomaju.info. Mengenalkan produk yang Anda jual bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, diantaranya melalui televisi, o-o-h advertising, iklan di internet dan lain-lain. Sebelum Anda mulai mengenalkan bisnis Anda kepada masyarakat, ada baiknya untuk menyimak, manakah ruang iklan yang paling efektif?

promosi bisnis beriklanb

Berikut ini adalah gambaran popularitas media iklan paling efektif

media iklan paling efektif ayomaju.info bisnis

Survey oleh : The Customer Journey 2012

 

Efektif atau tidaknya, tergantung dari target konsumen yang Anda inginkan. Apakah produk Anda untuk seluruh masyarakat Indonesia (bahkan dunia) atau hanya untuk local business saja.

1. Televisi

Televisi merupakan media penyampaian iklan paling efektif. Hampir seluruh warga kini telah memiliki televisi di rumah, baik tv gratis maupun berbayar. Akan tetapi perlu diperhatikan lagi kapan harus beriklan.

 

Misalnya produk bisnis Anda adalah jajanan anak-anak, maka waktu paling tepat adalah di sore hari atau hari minggu mulai pagi hari.

Dan pastinya, Anda harus menganggarkan dana yang jumlahnya sangat banya iklan di tv k, bukan jutaan, melainkan miliaran rupiah. Kebanyakan pengiklan di televisi adalah perusahaan-perusahaan besar yang menjangkau customer dengan skala nasional maupun internasional.

Anda bisa menghubungi bagian marketing / Public Relations seperti Net TV, Trans TV / 7, Indosiar, RCTI, SCTV, dan masih banyak stasiun televisi lainnya di Indonesia.

2. Out Of Home ( iklan luar ruang / outdoor )

Dengan besarnya biaya yang dikeluarkan untuk beriklan di televisi, memasang iklan luar ruang adalah solusi yang sangat tepat. Berbagai bentuk mulai dari pemasangan billboard, baliho, umbul-umbul, balon udara dan papan iklan lainnya.

billboard iklan

Advertisement

Target konsumen pun bisa disesuaikan dengan anggaran. Tempat sangat menentukan, semakin strategis  semakin besar jangkauan untuk memasarkan produk Anda.

Sebagai contoh Anda memiliki produk otomotif, Anda bisa memasang iklan di berbagai titik lokasi di kota-kota besar. Baik itu hanya untuk satu kawasan lokal maupun menyebar ke berbagai daerah.

Dengan demikian, anggaran dana yang berkisar mulai puluhan juta sampai 2 miliar rupiah bisa disesuaikan dengan pengiklanan yang efektif. Tentu saja Anda harus selektif untuk memilih jasa pemasangan billboard, tanyakan dulu apakah mereka sudah memiliki izin pajak.

Anda bisa mendapatkan harga deal pemasangan dengan harga jauh lebih murah, akan tetapi perusahaan advertising yang tidak kompeten bisa merugikan pengiklan. Kasus yang sering ditemui adalah tidak memiliki izin. Kesepakatan awal 1 tahun pemasangan, akan tetapi baru 1 bulan sudah dicopot oleh satpol pp, jangan sampai itu terjadi.

Rekomendasi untuk pembuatan, pemasangan dan perijinan Billboard : yonasbillboard.com

3. Internet (Online)

Perkembangan teknologi yang begitu pesat, internet merupakan peluang besar dalam beriklan. Bisa dilakukan secara all-in, yakni pengiklan membayar ke jaringan periklanan, diantaranya Google Adword, Facebook Ads, Twitter Ads dan masih banyak lagi. Target pemirsa juga bisa disesuaikan dengan produk yang Anda jual.

Sebagai contoh Anda memiliki produk gitar, maka Anda bisa menentukan sendiri dengan kata kunci yang relevan pada website atau blog yang mengusung tema musik.

Cara lainnya adalah dengan merekrut karyawan dengan kemampuan online marketing untuk memasarkan produk. Banyak sekali trik yang dilakukan para internet marketer dengan banyaknya peluang yang ada. Pastinya dengan selektif juga mencari online marketer yang memiliki kapabilitas.

4. Koran

Keberadaan internet semakin lama akan semakin mematikan media seperti koran, majalah dan radio.

Sudah banyak perusahaan koran media yang terpaksa harus gulung tikar. Kecuali media besar yang sudah berpengalaman. Mereka tidak hanya membuat edisi cetak saja, melainkan dipublikasi melalui edisi online.

5. Majalah

Majalah masih dianggap efisien dan bertahan lama. Majalah memiliki relevansi cukup kuat dan bisa dibaca berulang-ulang.

6. Radio

Radio mungkin sangat cocok bagi bisnis lokal Anda. Walaupun sudah banyak media hiburan seperti televisi dan internet, radio masih memiliki banyak penggemar.

7. Telepon

sms telepon

Periklanan melalui telepon juga bisa dilakukan. Dengan bekerja sama dengan operator seluler, Anda bisa beriklan dengan cara broadcast sms.

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme