Melawan Gaya Gravitasi

Posted on Posted in edukasi

Gaya gravitasi adalah gaya yang menarik semua benda, baik benda hiidup maupun benda tak hidup ke arah pusat bumi. Gaya gravitasi bumi disebut juga gaya tarik bumi. Gaya gravitasi dapat dipelajari pada benda yang mengalami gerak jatuh. Daun yang lepas dari tangkainya selalu jatuh ke tanah. Begitu pula para penerjun payung juga jatuh ke bawah setelah melompat dari pesawat. Peristiwa tersebut terjadi karena daun dan penerjunn ditarih oleh gaya gravitasi bumi.

Apa yang terjadi jika tidak ada gaya gravitasi?

Jika tidak ada gaya grabvitasi, semua benda dipermukaan bumi akan melayang-layang. Hal itu terjadi diluat angkasa.

Pengaruh gaya gravitasi terhadap benda

  • Permukaan air selalu datar
    Pengaruh gaya gravitasi dapat kita lihat dari sifat air, yaitu permukaannya yang selalu datar meskipun dimiringkan.
  • Benda memiliki berat
  • Adanya gaya gravitasi menyebabkan benda mempunyai berat. Perbedaan besar gaya gravitasi menyebabkan perbedaan berat benda. Gaya gravitasi di bumi kira-kira 6 kali lebih besar daripada di bulan. Oleh karena itu, berat kamu di bumi akan 6 kali lebih besar dari berat kamu di bulan.

Benda jatuh ke bawah

Gaya gravitasi bumi menyebabkan semua benda jatuh ke bawah. Semakin ke bawah, gerak jatuh benda semakin cepat. Kecepatan gerak jatuh benda tidak tergantung pada berat badannya Benda berat, kecuali jika diperlambat oleh udara.
Dalam gampa udaram jika sebuah koin logam dan segelai bulu angsa dijatuhkan, maka koin dan bulu akan jatuh dengan kecepatan yang sama dan tiba di tanah pada waktu yang bersamaan. Jika koin dan bulu angsa dijatuhkan dalam ruangan berisi udara, maka koin akan jatuh lebih cepat daripada bullu karena bulu mendapat hambatan udara yang lebih besar. Koin lebih berat, bentuknya lebih padat, dan ukurannya lebih kecil dibandingkan bulu. Akibatnya, hambatan udara yang dialami koin ebih kecil sehingga lebih cepat sampai ke tanah.

Bagaimana cara melawan gaya gravitasi?

Setiap benda akan jatuh kebawah, begitulah hukum gaya gravitasi. Akan tetapi, ada beberapa mahkluk hidup dan benda yang dibuat oleh manusia mampu melawan gaya gravitasi. Makhluk hidup dan benda-benda tersebut dapat melayang di udara, kemudian turun ke bawah ketika mereka menginginkan untuk turun. Burung, pesawat terbang, dan balon udara termasuk makhluk hidup dan benda yang dapat melawan gaya gravitasi. Bagaimana caranya?

  • Pesawat terbang mengasilkan gaya angkat ketika bergerak melalui udara. Untuk menghasilkan gaya angkat yang besar haru berpacu di landasan sebelum lepas landa.
  • Burung menggunakan ototnya untuk mengepalkan sayapnya agar menghasilkan gaya angkat yang cukup untuk terbang.
  • Balon udara mendapatkan gaya angkat dari udara panas yang ada di dalamnya. Udara panas pada balon udara dihasilkan dari alat pembakaran yang ada di balon udara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.