Melihat Bisnis Sosial Viral Dunia Maya

Apakah Anda pernah memikirkan sebuah postingan yang terkesan biasa saja, namun memiliki banyak like? Itu bisa jadi adalah akal-akalan saja, seperti yang dilakukan oleh sebuah pabrik clickfarm ‘like’.

Penyedia like dan rating palsu ini dikabarkan berada di Rusia dan China. Sementara, klien mereka dari berbagai negara di dunia. Bisnis ‘klik penipuan’ ini ditaksir senilai $ 6000 per bulan.

Diketahui, dalangnya adalah Dong, Niu Bang dan Ni Wenjin di Thailand. Anda bisa melihat bisnis sosial viral, konten yang menyebar dengan bantuan like, sekitar 500 smartphone berjajar, terhubung ke komputer dan telah dipogram untuk melakukan semacam like.

Polisi juga menyita 350.000 kartu SIM, 21 pembaca kartu SIM dan sembilan komputer dari lokasi tersebut, yang diyakini merupakan basis operasi untuk call center di Asia Tenggara.

Beberapa akun yang dikendalikan oleh pengguna yang sama untuk tujuan forum internet game dan situs media sosial yang curang.

Menurut seorang petugas imigrasi Thailand, operasi khusus ini menggunakan peralatan untuk mengoperasikan bot untuk menghasilkan tampilan halaman palsu, suka dan berbagi di jaringan sosial terbesar China, WeChat.

 

 

 

Sumber: http://www.news.com.au/technology/gadgets/mobile-phones/a-rare-look-inside-a-click-fraud-business-worth-6000-per-month/news-story/266e08471da4205b3cbe1543b0ba1975

Bagikan jika Anda suka

Tinggalkan komentar