Membuat AC Alami dari Botol Plastik

Advertisement

Ada-ada saja, inovasi sederhana muncul dari desa kecil di Bangladesh, ancaman banjir yang melanda mengharuskan warganya sekitar 70 persen tinggal di gubuk dengan dinding seng bergelombang, sebagian besar warga sudah tidak bisa menikmati pasokan listrik. Di musim panas, hal ini mengubah rumah tersebut menjadi oven. Untuk itu ide membuat ac alami menjadi terealisasi, dan hasilnya? lumayan bagus.

Proyek yang disebut Eco-Cooler menggunakan metode yang murah, yakni memanfaatkan botol plastik minuman kemasan dan tanpa harus menggunakan listrik untuk mendinginkan rumah di seluruh Bangladesh. Keindahan dari proyek ini hanya dibutuhkan beberapa botol plastik sedikit dan papan seperti pada gambar dibawah ini.

ide membuat ac alami dari botol plastik

Kolaborasi antara biro iklan Grey Dhaka dan Grameen Intel Social Business Ltd.

 

Berikut adalah cara kerjanya:

bagian botol leher

Advertisement
  • Botol plastik dipotong setengah dan kemudian dipasang ke grid melalui lubang atas botol. Grid ini kemudian dapat ditempatkan di atas jendela, dengan ujung atas sempit botol menghadap ke dalam rumah. Seperti angin bertiup melalui botol, udara dingin disalurkan ke dalam gubuk. Pembuat Eco-Cooler mengklaim teknik ini dapat mengurangi suhu di dalam rumah hingga 5° C – meskipun angka ini bervariasi berdasarkan kondisi suhu udara luar.

Tanpa listrik dan juga membuat kepedulian lingkungan tentang penggunaan botol plastik bekas. Proyek ini telah juga dipublikasikan secara online dan gratis.

sosialisasi ac alami

Inisiatif mereka telah diaplikasikan hampirr 25.000 rumah tangga di desa-desa di seluruh Nilphamari, Daulatdia, Paturia, Modonhati, dan Khaleya.

prototipe ac cooler

Eco Cooler, zero electricity

“Setelah tes awal, blue-print dari Eco-Cooler bisa didownload semua orang untuk men-download secara gratis,” kata Syed Gousul Alam Shaon, kepala kreatif di Grey Dhaka, mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Bahan baku yang mudah tersedia, oleh karena itu, membuat Eco-Cooler solusi ramah lingkungan yang hemat biaya. “

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba membuat ac alami. Selamat berkarya.

(Adt/ayomaju.info)

Advertisement

Info Terkait

Updated: Juni 18, 2016 — 7:46 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme