Membuka Hardisk Internal PC Lewat Laptop

Bagikan jika Anda suka

Ketika pc rusak, dan Anda memiliki data penting di dalam hardisk internal, maka ini akan menjadi masalah. Untuk mengatasinya ada 3 cara. Pertama, memperbaiki pc kembali normal seperti semula. Kedua, menggunakan pc lain untuk membuka data hardisk. Dan ketiga, membuka hardisk internal pc lewat laptop. Dua cara pertama tidak ada masalah, sedangkan cara terakhir, kita harus memiliki alat tambahan bernama IDE / Sata to USB Converter.

Satu unit ide / sata converter diatas saya dapatkan dengan harga 75 ribu. Beda merk atau jenis, beda juga harganya. Berkisar antara 50 ribu sampai 200 ribuan.

Beberapa diantaranya dengan adaptor untuk arus listrik AC. Ada juga tanpa adaptor, sumber dari 2 usb yang bisa diambil dari laptop. Namun menurut saya, walaupun kurang praktis, namun jenis yang pertama lebih stabil dan aman untuk hardisk dan laptop.

Cara pasangnya pun cukup mudah. (lihat gambar)

HDD USB Converter Tipe Sata

Untuk pemasangan hardisk tipe sata, semua alat digunakan. Sedangkan untuk hdd tipe ATA / IDE (keluaran lama), ada dua kabel yang tidak digunakan.

Colokan ke hardisk IDE

Perbedaanya seperti seperti gambar dibawah ini:

Converter IDE vs SATA

Dengan adanya converter hardisk to usb, sekarang Anda bisa mengakses data penting Anda. Bisa melakukan akses baik copy maupun paste ke laptop Anda.

Semoga bermanfaat. (hrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.