Laptop menyala tanpa menunjukkan gambar apapun pada layar. Setelah beberapa detik laptop akan mati dengan sendirinya, kemudian menyala dan mati lagi. Ini terus terjadi sampai laptop kita matikan secara total.

Kemungkinan terbesar penyebab laptop yang menyala kemudian mati lagi terjadi karena beberapa jenis kegagalan motherboard.

Jadi yang perlu diperbaiki secara instensif pada motherboard. Yang perlu diperhatikan adalah dengan mengecek bagian-bagian yang sering kepanasan. Dalam beberapa kasus yang ditemui, prosesor yang kepanasan menjadi penyebab motherboard ikut rusak. Pendingin yang bekerja kurang maksimal, bisa juga karena pendingin almunium yang sangat berdebu.

Kemungkinan lainnya adalah pada driver dan software.

  • Bios. Jika laptop sering kehabisan daya dan mati dengan terpaksa, maka bios akan menjadi kacau. Overclock processor pada Bios untuk mendongkrak kinerja prosesor yang membabi buta bisa juga menjadi masalah ketika prosesor tak mampu lagi menangani permintaan tersebut. Jika penyebabnya karena ini, maka start up laptop hanya sampai pada post test lalu mati lagi ( tidak sampai pada loading windows ).
  • Sistem Operasi. Biasanya mengalami korup yang diakibatkan karena ketika mengupdate OS misalnya windows kurang sempurna. Bisa juga karena os tertalu tua dan jarang bahkan tidak pernah di defrag.
  • Driver. Driver yang tidak sesuai dengan OS bisa juga menjadi crash.
  • Virus, tak semua virus bisa menyerang seperti ini.

memperbaiki laptop

Solusi :

Jika hal ini terjadi karena masalah software, coba dahulu dengan menggunakan safe mode, atau gunakan mini PE / hiren boot cd atau virtual os lainnya.

Jika memang yang terjadi karena masalah hardware seperti Motherboard, maka perbaikan akan dibahas pada sesi lain. Dan apabila kemungkinan kecil untuk bisa diperbaiki, ganti motherboard baru.

 

One thought on “Memperbaiki Laptop : Menyala kemudian Mati Lagi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice