Mencairkan Dana Bpjs Ketenagakerjaan Gampang Tapi Sabar

Advertisement

Ayomaju.info – Mencairkan dana jamsostek atau yang sekarang telah menjadi BPJS ketenagakerjaan bukanlah hal yang sulit atau ribet. Malahan pencairan uang bisa dilakukan dengan cara online atau mendatangi langsung kantor bpjs terdekat di kota anda. Namun ada satu hal lagi yang pasti, yaitu sabar.

image

Sebelumnya, kita harus melengkapi semua persyaratan agar klaim yang diajukan segera diproses oleh petugas.

Pertanyaannya, apa saja syarat untuk mencairkan dana bpjs ketenagakerjaan atau Jaminan Hari Tua (JHT) 100%, berikut rinciannya :
1. Foto copy KTP jumlah 2 lembar
2. Foto copy Kartu Keluarga (kk) 1 lembar
3. Foto copy Kartu Peserta Jamsostek (kpj) / BPJS TK 1 lembar
4. Foto copy surat keterangan telah berhenti bekerja / paklaring 1 lembar
5. Fotocopy buku tabungan 1 lembar

Syarat lainya :
A. Surat domisili / surat keterangan tempat tinggal jika ingin mengambil uang di kantor cabang bpjs di kota lain ( alamat berbeda dengan KTP bisa )

B. Surat keterangan dari Disnaker bagi peserta yang baru berhenti bekerja.

Semua persyaratan 1-5 tersebut akan digunakan untuk kelengkapan formulir pengajuan. Nantinya anda akan disuruh untuk mengisi form tersebut. Jadi sediakan juga kelengkapan alat tulis, dan satu lagi yang diperlukan yakni materai Rp 6.000.

Jika semuanya sudah, petugas akan melakukan follow up atau mencocokan data kepesertaan anda di jamsostek atau bpjs ketenagakerjaan. Siapkan dokumen asli semua persyaratan yang dibutuhkan yang sudah difotocopy diatas.

Selanjutnya hanya menunggu waktu sampai proses selesai dan uang akan di transfer ke nomor rekening sesuai buku tabungan diatas.

Tapi, membahas soal waktu, inilah permasalahan utama para peserta yang mengajukan klaim. Perlu sebuah kesabaran ekstra.

Dari pantauan ayomaju.info kebanyakan kantor bpjs tk rata-rata hanya melayani 80-100 antrian dalam sehari. Padahal peserta yang datang mencapai ratusan orang. Tiap kantor pun berbeda-beda cara mengatur antrean. Sebagian besar, satpam menyuruh peserta yang baru datang untuk mengambil nomor antrean, lalu datang lagi di lain hari untuk pengajuan. Perlu waktu sekitar 2-5 bulan dana cair ke rekening.


Advertisement

Kami mendapatkan informasi juga pada beberapa kantor bpjs ketenagakerjaan yang dapat melakukan sekali proses di hari yang sama saat pendaftaran. Namun di kantor tersebut antriannya lebih parah, bahkan ada yang rela sampai menginap.

image

BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang II Cimone

“Saya sejak hari minggu siang disini, tepatnya jam 11. Kita udah kayak gembel juga tidur disini. Yah, mau gimana lagi… saya lagi butuh duit, dan itu duit saya juga” Kata salah satu pengantre di halaman depan kantor BPJS di Kota Tangerang.

antri bpjs tk jht.jpg

image

Antrean sudah penuh walaupun waktu masih menunjukkan pukul 06.00 WIB Senin, 23 November 2015

 

Sejak kebijakan peraturan baru pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan per 1 September 2015, berbondong-bondong peserta mengajukan klaim. Disamping itu jumlah kantor cabang dan petugas yang masih terbatas tidak sanggup melayani peserta yang semakin menumpuk.

Perlu diketahui bahwa aturan baru ini sedikit berbeda dengan peraturan yang lama. Jika di tahun sebelumnya pencairan jamsostek baru bisa dicairkan setelah 5 tahun kepesertaan, kini sebulan setelah berhenti kerja, resign / phk bisa mengajukan pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan.
(Hrz/AM)

Update 25/11 :

Petugas kantor Bpjs tidak mengizinkan para peserta pencairan dana JHT untuk mengantri dari malam hari.

Advertisement

Info Terkait

Updated: November 27, 2015 — 10:48 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme