Baru-baru ini Mark Cuban ditanya apa yang akan ia lakukan jika ia kehilangan semuanya.

Apa yang akan ia lakukan pertama kali?

“Aku akan mendapatkan pekerjaan sebagai bartender di malam hari dan berjualan di siang hari,” kata Cuban pada podcast How I Build This, “dan saya akan mulai bekerja.

“Bisakah saya menjadi multijutawan lagi? Saya tidak ragu.”

Mengapa dia merasa seperti itu? Sukses hampir mustahil – dalam bidang apapun – tanpa keterampilan penjualan yang solid.

Berikut alasannya. Kebanyakan orang, penjualan menyiratkan kata memanipulasi, menekan, membujuk – semua stereotip yang digunakan salesman.

Tapi jika Anda berpikir tentang menjual sebagai menjelaskan logika dan manfaat dari keputusan, maka semua orang baik businessman atau tidak, perlu memiliki keterampilan penjualan: untuk meyakinkan orang lain bahwa ide masuk akal, untuk menunjukkan bos atau investor bagaimana proyek atau bisnis akan menghasilkan kembali, untuk membantu karyawan memahami manfaat dari proses baru, dll

Pada intinya, keterampilan penjualan adalah keterampilan komunikasi. Kemampuan komunikasi sangat penting dalam bisnis atau karir – dan Anda akan belajar lebih banyak tentang komunikasi dengan bekerja pada bidang penjualan daripada di tempat lain.

Memperoleh keterampilan penjualan akan membantu Anda mendatangkan investor, penawaran distribusi, pelanggan; pada tahap awal memulai sebuah perusahaan, semuanya melibatkan penjualan.

Memahami proses penjualan, dan bagaimana membangun hubungan pelanggan jangka panjang, adalah sangat penting terlepas dari industri atau karir yang Anda pilih. Menghabiskan waktu dalam peran penjualan langsung adalah investasi yang akan membayar dividen selamanya.

Berikut adalah beberapa manfaat:

1. Anda akan belajar untuk bernegosiasi.

Setiap pekerjaan melibatkan negosiasi: dengan pelanggan, dengan vendor dan pemasok, bahkan dengan karyawan. Wiraniaga belajar mendengarkan, mengevaluasi variabel, mengidentifikasi driver utama, mengatasi keberatan, dan menemukan cara untuk mencapai kesepakatan – tanpa memutus jembatan.

Anda akan belajar untuk closing.

Meminta apa yang Anda inginkan adalah sulit bagi banyak orang. Closing penjualan adalah bagian dari seni, bagian ilmu pengetahuan. Jika Anda ingin memimpin orang-orang, Anda harus mampu closing. Penjual besar tahu bagaimana closing. bos besar melakukan, juga.

2. Anda akan belajar ketekunan.

Wiraniaga mendengar kata “tidak” sepanjang waktu. Seiring waktu Anda akan mulai melihat ada sebagai tantangan, bukan penolakan. Dan Anda akan mencari tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

3. Anda akan belajar disiplin diri.

Ketika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan besar, Anda kadang-kadang dapat berjalan dalam tidur jalan Anda melalui hari dan masih dibayar. Ketika Anda bekerja pada komisi, kredo Anda, “Jika itu adalah untuk menjadi, itu terserah kepada saya.” Bekerja dalam penjualan adalah cara yang bagus untuk secara permanen menghubungkan titik-titik mental antara kinerja dan penghargaan.

4. Anda akan mendapatkan kepercayaan diri.

Bekerja dalam penjualan adalah obat sempurna untuk rasa malu. Anda akan belajar untuk melangkah maju dengan percaya diri, terutama di bawah tekanan atau dalam krisis.

Masih belum yakin? Pikirkan cara ini:

Semakin banyak intimidasi atau posisi menakutkan di penjualan, semakin Anda perlu mampu. Anda akan mendapatkan kepercayaan diri dan keyakinan diri, dan keterampilan yang Anda dapatkan akan melayani Anda dengan baik untuk sisa bisnis dan kehidupan Anda.

Jadi jika Anda seorang calon pengusaha, rencanakan bisnis Anda dan bekerja di penjualan untuk satu atau dua tahun. Jika Anda seorang pengusaha yang sedang berjuang, ambil pekerjaan paruh waktu untuk penjualan.

“Mengetahui seperti apa keterampilan penjualan saya dan produk yang mampu saya jual,” kata Kuba, “Saya pikir saya bisa menemukan pekerjaan menjual produk yang sudah cukup komisi atau imbalan bagi saya.”

Dan itu akan menghasilkan bibit uang yang cukup untuk memulai bisnis sendiri … dan biarkan dia menggunakan keterampilan penjualan untuk membuat uang untuk dirinya sendiri, bukan untuk majikan.

Pemilik bisnis yang sukses – orang sukses pada umumnya – menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk “menjual.”

Pelajari cara untuk menjual.

Ini investasi terbaik yang pernah Anda buat.

Mark Cuban (lahir 31 Juli 1958) adalah seorang pengusaha dan investor asal Amerika. Dia adalah pemilik salah satu klub basket NBA Dallas Mavericks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice