Meningkatkan Kecepatan Kipas CPU pada Laptop

Jika dalam pekerjaan Anda memaksa laptop atau notebook terus-terusan bekerja, Anda mungkin akan mendapati panas yang begitu cepat pada laptop Anda yang sering disebut juga dengan Overheating.

A D V E R T I S E M E N T

Temperature tinggi pada CPU bisa dikarenakan banyak hal, salah satunya karena daya putar kipas yang semakin melambat. Anda perlu untuk meningkatkan kecepatan putaran cpu fan speed untuk bekerja seperti pada kondisi ketika Anda baru membelinya. Penting, sebelum shut down memaksa laptop Anda.

Cara meningkatkan kecepatan kipas cpu pada laptop bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang perlu kita lakukan sebagai berikut :

meningkatkan kecepatan kipas cpu laptop

Langkah 1
Install the latest BIOS updatahe on your laptop if necessary. This update can be downloaded free from the Lenovo Support page (link in Resources).Pastikan untuk selalu memperhatikan BIOS selalu up to date. Link download bisa ditemukan di situs resmi laptop yang Anda pakai. Misalnya Asus Support Page, Lenovo Support Page, dan masih banyak laptop lainnya seperti Dell, MSI, Acer, Hp, Toshiba, Apple dll.

Kali ini sebagai contoh kami guanakan laptop merk Lenovo.

Langkah 2
Turn off computer setelah update terinstall. Hidupkan kembali dan masuk pada Bios setting. Caranya dengan memencet ‘delete’ ( ditahan atau berkali-kali) ketika boot screen muncul di bagian awal.
Langkah 3
Cari disitu tentang “System Monitor.” Tekan “Enter.” pilih “Fan Control” kemudian select “CPU Fan Speed Control.”
Langkah 4
Ganti control “Automatic” menjadi “Manual.” Perintah ini memungkinkan Anda untuk mengontrol secara manual kecepatan kipas (cpu fan) dengan menambah atau mengurangi persentase “speed”.
Langkah 5
Masukkan nilai “percentage” yang seharusnya dijalankan untuk kipas tersebut. Paling maksimal bisa disetting menjadi full speed, isikan dengan angka “100” untuk 100%. “You should only run fans at full speed for long enough to effectively cool the CPU”
Langkah 6
Tekan angka “F10” untuk menyimpan settingan tersebut. Atau pilih ‘save and exit’ yang akan membawa anda keluar dari setting bios dan kembali restart seperti biasa.Dengan mempercepat atau meningkatkan kecepatan kipas cpu pada laptop, maka akan terasa perbedaannya. Mulai dari ketika anda menghidupkan kembali laptop Anda, kemungkinan kipas akan terdengar lebih kencang. Pendinginan pun akan bekerja seperti awal pemakaian saat kondisi masih baru.

A D V E R T I S E M E N T

Selain itu masih ada lagi cara untuk meningkatkan performa kecepatan laptop Anda.

Akan kami ulas di kesempatan berikutnya. (hrz)

Meningkatkan Kecepatan Kipas CPU pada Laptop

A D V E R T I S E M E N T

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.