Cara merawat body motor agar cat awet dan menghindari warna yang pudar bisa diperhatikan ketika sedang mencuci motor tersebut.

Selain itu kondisi linkungan ternyata juga mempengaruhi keindahan baik body maupun semua komponen. Warna-warni motor seperti hitam, merah, biru, kuning, hijau, krom dan masih banyak lagi, perlu diperhatikan berikut ini :

1. Jangan terlalu sering terkena sinar matahari. Sebisa mungkin mencari tempat parkir yang teduh. Debu dan sinar ultraviolet matahari terus-menerus berpotensi merusak partikel cat.

2. Hindari mencuci dengan deterjen atau bahkan sabun colek. Kandungannya diciptakan untuk menghilangkan noda pada kain, bukan bodi sepeda motor. Usahakan memakai sampo khusus untuk menjaga kelembaban bodi dan cat.

3. Air hujan dan garam adalah musuh cat. Air hujan mengandung asam, terutama hujan yang turun pertama kali. Jika terkena, segera basuh dengan air bersih. Begitu juga dengan air garam alias air asin. Kandungan garam membuat warna cepat pudar, dan komponen besi cepat berkarat.

4. Segera keringkan jika bodi sepeda motor terkena air apa pun. Bintik-bintik air yang menempel dan terkena sinar matahari bercampur debu akan meninggalkan jamur dan noda yang sulit dihilangkan. Kilau cat pun berkurang.

5. Menggunakan cairan pengilap boleh, namun tidak disarankan terlalu sering. Warna bodi sepeda motor akan terkikis dan keindahannya pun lambat laun hilang.

6. Khusus untuk lapisan krom, hati-hati jika membersihkan air yang menempel. Gunakan kain dengan tekstur lembut agar tidak baret. Usahakan tidak memakai bahan kimia apa pun untuk komponen krom, karena warna akan berangsur menjadi kekuningan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice