Minum Kopi Mengurangi Risiko Tertular Penyakit

Lagi-lagi membahas kopi, yang kemarin barusaja bikin artikel tentang peranan kopi dalam lingkup sosial Banyak Ngopi, Banyak Inspirasi, Dan Banyak “sedulur” , sekarang adalah saatnya peranan kopu untuk melawan penyakit.

Minum kopi mengurangi risiko tertular penyakit seperti multiple sclerosis (MS), penyakit yang menyerang sistem saraf pusat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Jumat.

Seperti dilansir situs Jaringan Lingkungan Baru, penemuan akan dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan ke-67 dari American Academy of Neurology, Washington, DC, 18-25 April 2015.

“Konsumsi kafein dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer, dan penelitian kami menunjukkan bahwa konsumsi kopi juga dapat mengurangi risiko MS, mendukung gagasan bahwa obat mungkin memiliki efek perlindungan pada otak, “kata penulis studi Ellen Mowry, MD, MCR, dengan Johns Hopkins University School of Medicine di Baltimore dan anggota American Academy of Neurology.

Untuk studi ini, peneliti memeriksa studi Swedia dengan 1.629 pasien MS dan 2.807 orang sehat, serta studi AS 1.159 orang dengan MS dan 1.172 orang sehat.

Penelitian melaporkan konsumsi kopi pada orang dengan MS dan lima tahun sebelum gejala MS mulai (serta 10 tahun sebelum gejala MS dimulai dalam studi Swedia) dan membandingkannya dengan cangkir orang kopi yang tidak memiliki MS pada periode yang sama.

Penelitian ini juga memperhitungkan faktor-faktor lain seperti usia, jenis kelamin, merokok, indeks massa tubuh, dan paparan sinar matahari.

Penelitian di Swedia menemukan bahwa dibandingkan dengan mereka yang minum setidaknya enam cangkir kopi sehari selama bertahun-tahun sebelum gejala muncul, mereka yang tidak minum kopi memiliki sekitar satu setengah kali lebih berisiko terhadap MS.

Minum dalam jumlah besar kopi lima atau 10 tahun sebelum gejala mulai sebagai perlindungan.

Bagikan jika Anda suka