Mitos vs Ilmiah: Tanda Tangan Mempengaruhi Kesuksesan?

Advertisement

Signature atau tanda tangan itu bersifat unik, artinya sebuah tanda tangan menjadi ciri khas seseorang. Menurut sebuah tulisan dari milirwae.blogspot.com, seperti halnya tulisan tangan, tanda tangan dipercaya berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang. Untuk itu, berhati-hatilah dalam membuat tanda tangan. Konon, orang-orang sukses mempunyai tanda tangan tertentu yang mendukung karir dan bisnisnya.

Benarkah begitu?

tanda tangan pengaruh

Grapho coach terkemuka, Yosandy LS mengatakan, tanda tangan berpengaruh besar terhadap karir seseorang. Setidaknya ada delapan hal yang perlu dihindari saat menorehkan tanda tangan. Jika Anda memiliki salah satu dari delapan hal tersebut sebaiknya ubah sejak dini bila ingin meningkatkan keuangan. “Semua pilihan tergantung Anda, kalau mau repot ganti tanda tangan di KTP, kartu kredit, dan sebagainya silakan. Kalau tidak mau repot juga terserah Anda, tapi jangan heran jika financial Anda nggak berkembang,” ujar Yosandy saat memberikan seminar di kantor Detikcom Juli lalu. Berikut ulasan soal tanda tangan yang saya kutip dari detik.com.

Yosandy menjelaskan, grafologi atau analisis tulisan tangan biasa digunakan untuk membaca kepribadian seseorang. Maka dari itu, ilmu ini umumnya dipakai oleh bagian Human Resources Development (HRD) dalam suatu perusahaan. Kemudian ilmu tersebut berkembang, tidak hanya bisa mengetahui kepribadian seseorang tapi juga dapat memperbaiki masalah hidup. “Saya ingin mengenalkan grafologi ini tidak hanya sebatas untuk keperluan HRD saja. Misalnya untuk kepentingan bisnis, marketing, sales, supaya penjualannya lebih bagus,” tutur Yosandy

Berikut beberapa hal dalam tanda tangan Anda yang harus segera diubah jika ingin sukses.

Ukuran terlalu besar atau kecil

Ukuran tanda tangan menunjukkan kepercayaan diri pemiliknya. Bila ukuran tanda tangan jauh lebih besar dari tulisannya berarti ia seorang yang egois, suka cari perhatian, manipulatif, dan terlalu percaya diri. Sebaliknya, ukuran tanda tangan yang terlalu kecil menunjukkan adanya krisis percaya diri dalam menampilkan dirinya di depan umum.

Coba ubah tanda tangan sedikit lebih besar dari tulisan untuk menujukkan bahwa Anda memiliki keyakinan yang baik.

Coretan melengkung ke bawah

Jika coretan akhir pada tanda tangan Anda melengkung ke bawah berarti penulisnya mempunyai ketakutan saat berusaha. Ia takut gagal ketika melakukan suatu pekerjaan. Coretan ini mudah terlihat bila tanda tangannya terbaca dan umumnya tampak pada huruf kecil seperti `g’, `j’ atau `y’. Justru ketakutan tersebut yang bisa menjadi pemicu utama mengapa Anda selalu gagal dalam usaha.

Maka dari itu, hindari membuat lengkungan ke bawah pada huruf-huruf tersebut untuk meningkatkan keyakinan.

Coretan mengarah ke atas dan terlalu panjang

Kebalikan dari nomor tiga, coretan yang mengarah ke atas atau terlalu panjang pada huruf ‘g’, ‘j’, atau ‘y’, menunjukkan bahwa Anda orang yang suka menolong dan berjiwa sosial. Kerugiannya adalah lebih senang mengorbankan diri sendiri demi kepentingan orang lain.

Jika terjadi dalam dunia bisnis, tentu saja sifat ini akan merugikan Anda dan menyesal di kemudian hari.

Titik di akhir tanda tangan

Seseorang yang memberi titik di akhir tanda tangan tapi bukan merupakan kependekan namanya merupakan pribadi yang mudah curiga kepada orang lain. Namun saat sudah percaya dengan seseorang, ia akan menaruh kepercayaannya sangat besar.


Advertisement

Hal ini menunjukkan Anda mudah ‘dimanfaatkan’ oleh orang lain sehingga dapat merugikan diri sendiri.

Mencoret sebagian atau seluruh tanda tangan

Perhatikan tanda tangan Anda, apakah ada bagian yang sengaja dicoret sebagai ciri khas? Jika ada coretan sengaja di bagian tengah tanda tangan berarti Anda tidak puas dengan diri sendiri.

Hal ini bisa membuat Anda kurang percaya diri saat melakukan pekerjaan. Coba hilangkan coretan itu agar lebih pede dengan apa yang Anda lakukan.

Lingkaran

Coretan melingkar di sebagian atau seluruh tanda tangan merupakan salah satu ciri seseorang yang posesif atau over-protective. Semakin banyak bagian yang melingkari tanda tangan maka semakin besar sifat posesifnya.

Ini tidak bagus untuk karir atau usaha Anda ke depannya. Coba latih tanda tangan untuk menghilangkan lingkaran tersebut.

Garis bawah yang pendek

Seperti yang dikutip dari situs resmi Yosandy, jika seseorang menorehkan garis bawah di tanda tangannya berarti ia memiliki jiwa pemimpin. Namun perlu diperhatikan, jika garis bawahnya pendek berarti dia merupakan sosok yang terlalu bossy atau senang memerintah. Tanda tangan dengan garis bawah pendek biasanya tidak disukai karyawannya.

Tulisan tangan disebut juga tulisan otak (brain writing). Masalah yang sedang dihadapi seseorang bisa diatasi dengan mengubah tulisan, termasuk tanda tangan. Untuk melakukan perubahan tulisan yang stabil biasa dilakukan selama 30 hari karena pembentukan sel di otak membutuhkan waktu 21 hari.

Hal itu akan mempengaruhi neuro-science atau susunan saraf di kanan dan kiri otak seseorang sehingga meningkatkan pola pikirnya. “Secara teori bisa sampai 90 hari bahkan lebih tapi sekian tahun saya menjadi grafolog hanya ketemu dua klien yang 60 hari baru terasa efeknya, selebihnya di bawah 30 hari,” Yosandy.

Pria yang pernah bekerja di bagian HRD selama 22 tahun itu menceritakan mengenai beberapa kliennya yang telah merasakan efek mengubah tulisan dari tanda tangan selama 30 hari. Lelita, seorang pengusaha mengatakan bahwa ia mendapat keuntungan berupa tambahan kantor serta tiga karyawan baru di perusahaannya usai mengubah tulisan sebelum 30 hari.

Tidak hanya Lelita, klien lainnya yang memberitahukan efek positif setelah 30 hari mengubah tulisan mengatakan bahwa ia berhasil mendapat pekerjaan yang lebih baik. “Sekarang nggak ngajar di PAUD lagi tapi jadi konsultan pengembangan di pusat pengembangan anak,” tulis wanita muda yang menjadi klien dari penulis buku ‘You Are The Real Personal Success’, ‘Rahasia Kaya Raya’, serta ‘Sehat itu Kaya’ itu.

Klien lainnya, Wulan, yang melakukan perubahan tulisan tangan atau grafoterapi dengan grafolog lulusan Psikolog universitas swasta Jakarta itu menuturkan bahwa ia berhasil naik jabatan di kantornya. “Kemarin saya menang sebagai presenter penyajian di kantor yang awalnya saya ragu karena lawannya manager-manager senior dan para dokter. Saya juga baru pindah divisi baru,” tulis Wulan mengirimkan testimoni kepada Yosandy.

Bahkan klien lainnya mengatakan bahwa ia mendapat rezeki yang berlimpah setelah mengubah tulisannya sebelum 30 hari. “Saya ubah huruf ‘g’, ‘j’, dan ‘y’, supaya memiliki kantong uang. Sejak Oktober atau November 2012 saya juga menulis dream book. Dan percaya atau tidak sejak saya tulis dream book tersebut (dengan huruf yang berkembang uang dan latihan lebih connecting), hampir sebulan hingga Januari kemarin saya mendapat kejutan rezeki. Luar biasa, saya ingin segera mencoba mengubah tanda tangan saya jadinya,” ujar Dian Nugraha kepada Yosandy.

Tidak hanya keempat orang itu, satu lagi klien dari pria yang sudah belajar grafologi sejak 1996 itu mengungkapkan bahwa ia mendapat tawaran pekerjaan yang menggiurkan setelah melakukan perubahan tersebut. “Ohiya, bung. Saya dapat tawaran suruh jualin rumah dan tanah harga ratusan juta sampai yang bernilai 17 miliar. Apa ini bagian luck saya setelah melakukan perubahan (tulisan) ya?” tulisnya.

Advertisement

Info Terkait

Updated: Agustus 19, 2016 — 2:34 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme