Ketika penulis sedang asyik nongkrong di konter milik teman, tiba-tiba saja datang kendaraan roda 4 yang berwarna hijau kombinasi putih dan kuning. Terlihat dari jauh warna tersebut tak asing lagi bagi pengguna internet. Ya, warna khas google.

Mobil Google masuk kampung, itulah berita yang mungkin biasa saja bagi pembaca. Namun bagi kita yang sedang nongkrong di salah satu counter hp di sebuah desa di Temanggung, katrok dan ndeso nya keluar, penasaran, mau ngapain nih mobil google masuk desa?

Wah, kae dab… ono montore mbah google liwat… jane kae arep ngopo to….

Google map streetview’s car berbeda dengan kendaraan lainnya, meskipun dengan menggunakan salah satu jenis minibus yang ada di Indonesia, kendaraan tersebut dibekali dengan peralatan canggih yang diletakkan diatas mobil fungsinya sebagai penghubung satelit yang mereka buat.

Kami nggak sempat mengfoto mobil tersebut, kita memang terbiasa nongkrong tanpa mainin gadget. Untuk gambar mobil google saya dapatkan dari pencarian google :

google map kendaraan mobil

Setelah kami pelajari lebih lanjut, ayomaju.info mendapatkan 7 fakta tentang google map street view :

  1. Saat ini, dengan menggabungkan antara data satelit, data pemandangan udara dan pemandangan jalanan, Google Maps memiliki data hingga 20 petabytes. Data tersebut setara dengan 21 juta gigabytes atau sekitar 20.500 terabytes.
  2. Bergantung dari keberadaan data, Google akan mengunggah update gambar setiap dua minggu. Untuk Street View, Google akan melakukan update secepat mungkin, tidak ada jadwal pasti.
  3. Google memiliki teknologi yang akan secara otomatis mengaburkan wajah seseorang untuk melindungi privasi dalam Street View. Selain itu, user juga bisa meminta hal ini kepada Google.
  4. Satelit yang digunakan dalam aplikasi Google Maps merupakan aplikasi dari provider pihak ketiga.
  5. Google menyediakan beberapa pemandangan di dalam gedung. Layanan ini tersedia di negara Amerika Serikat, Australia, Inggris, Selandia Baru, Perancis, Kanada, Irlandia dan Belanda. Selain itu, ANda juga bisa berjalan-jalan secara virtual ke beberapa landmark terkenal dunia.
  6. Saat ini, Google menggunakan kamera yang dilengkapi dengan 15 lensa dan mampu menghasilkan foto dengan resolusi 65 megapiksel untuk Street View. Saat dalam masa eksperimen, Google menggunakan beberapa komputer di belakang van, kamera, laser serta GPS yang ditempatkan pada bagian atas mobil.
  7. Untuk wilayah yang tak bisa dijangkau dengan mobil, Google menggunakan beberapa kendaraan alternatif. Di antaranya adalah kendaraan salju, trolley dan lain-lain.

Akhirnya kita dapatkan informasi tugas kendaraan mobil google map streetview pada poin ke 6 diatas tadi. Yo wes nek ngono, wes marem? wes… wong ndeso…. wong ndesoo…

Hasil kerja mobil google map street view.

Kita bisa mengakses jalan melalui situs map.google.com atau lewat aplikasi android google maps.

Misalnya, kita mencari monas. Nah disitu kita akan┬ámelihat jembatan Ancol, tapi kok ketemunya Jembatan Kota Intan, biarlah, kita tarik gambar ‘manusia orange’ pada peta, maka akan terlihat jalan yang berwarna biru, dan jatuhkan ke jalan tersebut.

Dan hasilnya,

kita bisa melihat jalan, klik pada tanda petunjuk untuk menjelajah di posisi yang berbeda.

Sementara untuk di smartphone android atau ios, cari dulu lokasi, kemudian gulir kebawah dan Anda akan menemukan street view (see outside).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice