Montor Mabur Sekarang Beneran Mobil Terbang

Advertisement

Pernah kan anda mendengar seorang bocah yang berkata “Montor Mabur, Nyong Njaluk Duwite”. Dalam bahasa Indonesia : “Pesawat Terbang, Saya Minta Uangnya”.

Orang jawa memang aneh, kata ‘montor’ tuh beda-beda artinya. Kalau di bagian jawa tulen, montor artinya mobil. Sedangkan di bagian jawa banyumasan ( Cilacap, Purwokerto, Tegal, Brebes dan sekitarnya ) mereka menyebut montor sebagai motor.

Dan anehnya lagi, montor ditambah mabur (mabur=terbang), montor disini menjadi pesawat. Jadi apa arti sebenarnya montor? apakah sepeda motor? mobil? atau pesawat?

pikir dewe kono hahaha….

Akhirnya setelah dipikir matang-matang, montor lebih dominan ke arah pengertian pada mobil. Tapi masalahnya, apakah ada montor mobil, artinya mobil yang bisa terbang?

Sekarang montor mabur sudah benar-benar ada, ya… mobil terbang sudah ada. Gak percaya? ini dia :

Mobil Terbang AeroMobil via Reuters

Mobil Terbang AeroMobil via Reuters

Sebuah fantasi di film kartun Hanna-Barbera kini menjadi kenyataan, mobil terbang dengan keindahannya mengudara diĀ  Slovakia, Negara di Benua Eropa. Stevan Klein dan Juraj Vasculik dari perusahaan Aero Mobil, telah menguji coba lebih dari 40 kali terbang.

Konsep

Advertisement

Tidak seperti yang dibayangkan mobil yang bisa terbang, tapi lebih pada pesawat yang dikemudikan layaknya mobil. Dengan rancangan atau design dengan body yang ringan, sayapnya juga bisa dilipat.

Keamanan

Avionic dan Garmin dilengkapi dengan auto pilot untuk mengontrol pitch and roll. Dalam keadaan darurat, mobil terbang ini akan mengeluarkan parasut..

Performa

Berbahan dasar dari material ringan dari rangka baja yang dilapisi campuran karbon, AeroMobil ini menggukan mesin Rotax 912, 4 silinder bertenaga 100 hours power. Sementara bahan bakar minyak yang digunakan adalah bensin.

AeroMobil 3.0 mampu terbang setinggi 800 feet dengan kecepatan 720 km/jam. Sementara ketika mobil ini dijalankan di darat bisa mencapai kecepatan tertinggi 240 km/jam.

Harga

AeroMobil akan mulai dijual pada tahun 2017. Rencananya mobil terbang ini akan banderol dengan harga 290 ribu US Dollar.

 

Nampaknya teknologi berkembang sangat cepat di dunia. Jika mobil terbang sudah dibuat, maka montor mabur ala banyumas masih dalam tahap visualisasi :

montor mabur

Gokil : Montor Mabur ( motor terbang ) karena gak sabar

Advertisement

Info Terkait

Updated: Mei 8, 2015 — 1:49 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme