Monyet akan bicara hanya jika otak mereka bekerja dengan cara mereka, sebuah studi baru menunjukkan.

Ilustrasi tingkah lucu monyet sedang berbisik

Primata tersebut memiliki peralatan vokal untuk berbicara banyak seperti manusia, kata ahli biologi evolusioner dan ilmuwan kognitif W. Tecumseh Fitch dari Universitas Wina dan rekan-rekan. Tapi kera kurang mampu mengubah potensi vokal itu menjadi suara seperti manusia karena tak berakal. Sebagai akibatnya, monyet berkomunikasi dengan ‘grunts’, ‘coos’, dan suara serupa lainnya, para ilmuwan menyimpulkan di kemajuan ilmu pengetahuan.

“Kera memiliki vokal speech-ready tetapi tidak memiliki otak speech-ready untuk mengontrol itu,” kata Fitch.

—————————————-
Info selingan: Trailer sekuel ketiga Planet of the Apes.

—————————————-

Timnya mengambil X-ray video dari vokal monyet dewasa yang bermesraan, menggerutu, membuat suara mengancam, berbau bibir-, menguap dan makan berbagai makanan. Langkah-langkah pergeseran bentuk selama vokalisasi ini memungkinkan para peneliti untuk memperkirakan apakah jenis suara monyet bisa berpotensi untuk diucapkan.

Monyet, dan mungkin kera, memiliki mulut, pita dan elemen vokal lainnya mampu mengartikulasikan setidaknya lima suara vokal, para peneliti mengatakan. Ini terdiri dari vokal pengucapan dalam sedikit kata-kata.

suara konsonan dalam jangkauan monyet ‘termasuk yang sesuai dengan huruf p, b, k, g, h, m dan w, para ilmuwan menambahkan.

Hewan yang bisa menyuarakan mereka vokal dan konsonan mampu membuat pernyataan dimengerti dalam bahasa Inggris dan banyak bahasa lainnya, mereka menyimpulkan.

Temuan baru mengembangkan potensi gab monyet ‘di luar itu dijelaskan dalam 1969 studi perintis yang dipimpin oleh antropolog dan ilmuwan kognitif Philip Lieberman, Fitch klaim. Lieberman, sekarang di Brown University di Providence, R.I., merancang sebuah model komputer dari potensi bicara kera yang berdasarkan langkah-langkah dari saluran vokal bangkai monyet.

Lieberman menganggap studi baru sebagai replikasi laporannya pada 1969. Kedua investigasi menemukan bahwa monyet bisa memancarkan berbagai parsial suara vokal, Lieberman mengatakan. Setiap kertas juga menentukan bahwa dua vokal terutama khas suara, ditemukan dalam kata-kata bit dan boot’.

Mendengar suara-suara adalah masalah lain. sifat akustik dari suara vokal monyet dapat menghasilkan membuat mereka relatif sulit bagi orang untuk mengidentifikasi sambil mendengarkan seseorang berbicara, Lieberman menekankan.

“Jika monyet memiliki otak manusia, mereka bisa bicara, tapi bicara mereka akan terdengar tidak jelas,” katanya.

Dengarkan hasil komputerisasi ucapan monyet berikut ini.

dan ini

Fitch tidak setuju. Dengan mempelajari saluran vokal hidup monyet beraksi, studi baru menemukan bahwa hewan ini dapat membuat lebih luas suara terkait dengan masing-masing lima vokal utama daripada yang dilaporkan oleh Lieberman, ia berpendapat. Monyet berbicara “akan cukup berbeda untuk memahami, tidak lebih buruk daripada aksen asing,” kata Fitch. Sebuah versi yang dihasilkan komputer dari kalimat yang diucapkan “will you marry me?” (Maukah kau menikah denganku?) – Berdasarkan sifat baru dihitung dari saluran vokal kera ini – mudah ditangkap oleh pendengar, meskipun kurang jelas dari kalimat yang sama diucapkan oleh perempuan manusia, Fitch mengatakan.

Fitch dan rekan mengkonfirmasi bukti-bukti bahwa monyet memiliki sistem vokal speech-ready, kata antropolog biologi Adriano Lameira dari Durham University di Inggris. Studi terbaru dari kera, beberapa dilakukan oleh Lameira, menemukan bahwa kerabat dekat manusia melakukan kontrol besar atas sistem vokal mereka, yang memungkinkan mereka untuk belajar panggilan baru yang berisi suara yang mirip dengan huruf vokal dan konsonan. kontrol saraf dari berbagai bagian dari saluran vokal yang dibutuhkan untuk menguasai suara ini, Lameira kata. Sedikit yang diketahui tentang apakah monyet bisa melakukan hal yang sama.

Bakat untuk menggabungkan suara baru ke komunikasi vokal mungkin berasal primata kuno, meletakkan dasar evolusi untuk ucapan manusia, Lameira mengusulkan. [diterjemahkan bebas dari : https://www.sciencenews.org/article/monkeys-have-vocal-tools-not-brains-talk-humans]

(hrz)

Monyet Punya Alat Vokal Seperti Manusia, Tapi Tak Berakal
Ditag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.