Bus merupakan salah satu transportasi jarak jauh yang paling murah meskipun masih ada lagi yang murah yaitu kereta ekonomi. Akan tetapi bus lah yang paling banyak peminatnya terutama bus AKAP.

Sebagian bus Antar Kota Antar Provinsi ini menawarkan kecepatan dan fasilitas didalamnya seperti ac dan toilet. Tergantung selera saja dan budget kita, lebih memilih fasilitas lebih atau ingin biaya yang minimal mungkin.Tapi kalau masalah kecepatan sih sebenarnya hampir semua cepat paling cuman selisih beberapa menit atau beberapa jam saja dan tergantung kondisi jalan.

Mengenai kecepatan tadi, kadang supir yang ugal ugalan membuat para penumpangnya panik dan khawatir jika terjadi kecelakaan. Kecelakan memang bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja yang bisa menyebabkan luka luka bahkan sampai kematian. Untuk itu beberapa tips yang lumayan aneh tapi masuk akal, jadi begini :

Pernah liat kan di berita – berita mengenai kecelakaan bus, ada yang sampai meninggal sebagian penumpangnya akan tetapi supirnya selamat terus dia kabur? Sering terjadi hal seperti itu, taukan anda jika penumpang yang mengalami kecelakaan terparah di dalam bus adalah di sisi sebelah kiri bagian depan. Mengapa itu bisa terjadi?

Kronologinya ketika supir mengantuk atau sesuatu hal yang membuat kecelakaan tak bisa terelakan otomatis secara reflek sopir akan menyelamatkan dirinya sendiri terlebih dahulu. Jika ada rumah atau pohon atau apapun yang bisa untuk menghentikan laju bus intinya dia harus selamat, maka pilihan terakhir adalah dengan menabrakkan sisi kiri bus tsb. Jadi sudah dapat diketahui cara yang paling aman ketika membeli tiket naik bus adalah dengan memesan kursi tepat di belakang sopir atau bagian depan sebelah kanan sisi bus.

kecelakaan bus

Kalau kursi tersebut sudah penuh, pilihlah kursi yang dibelakang saja dan berdoa semoga tidak terjadi apa-apa di jalan.

Have a nice trip.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice