Naik Motor Ngebut tapi Selamat, ini Caranya

Advertisement

Buat yang mempunyai jiwa Marquez layaknya ngebut di circuit MotoGP, emang susah untuk dibilangin. Dusuruh pelan-pelan tidak mau, mau gimana lagi…

But it’s okay, yang paling penting adalah keselamatan diri pengendara motor. Untuk mengendari motor ngebut “cepet slamet” simak tips berikut ini.

Advertisement
  • Jangan melamun. Terkadang ketika berada di jalanan sering sekali pengendara motor pikiranya sedang melayang entah kemana. Dengan laju yang pelan pun bisa saja menimbulkan resiko kecelakaan, apalagi dengan kecepatan tinggi, bisa-bisa nyawa anda melayang.
  • Pastikan sudah terbiasa dengan motor ente. Kalau sudah hafal dan emang udah pegangan tiap hari sama motor yang dikendarai, mengendalikannya sangat mudah. Lain cerita lagi kalo motornya milik teman atau sodara, ngebut dikit bisa-bisa tergelincir akibat kurang adaptasi dengan motor.
  • Bensin cukup. Mengendarai motor dengan kecepatan tinggi akan lebih boros mengkonsumsi BBM, kalau persediaan bensin tidak mencukupi, bayangkan apa yang terjadi jika tiba-tiba motor mati ketika menyalip truck container dengan 10 ban.
  • Jangan terlalu sayang sama motor ente. Pengalaman saya naik motor di pantura Jakarta-Temanggung (6x) kalau tidak mengorbankan motor, mungkin saja sudah tidak ada yang posting artikel ini. Maksudnya disini adalah ketika di jalan raya yang kebanyakan kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, biasanya akan kaget ketika ada lubang. Sering saya temui kecelakaan motor akibat menghindari lubang dengan sedikit membelokkan motor, padalah banyak kendaraan lain yang ada di belakangnya yang melaju dengan cepat juga. Ceprrrollll….. parah sekali, nyawa juga tak tertolong. Jadi kamu mesti perhatikan dulu kondisi sekitar, jika saat kondisi cepat dan banyak kendaraan lain dengan rapat, maka terjanglah lobang. Ban dan velg baru tersedia di toko onderdil, sementara nyawa tidak ada yang jual.
  • ngebutPerhatikan jarak pandang. Memperhatikan jarak pandang ini adalah teknik yang paling penting, kondisi jalan sepi maupun ramai, tetap selalu waspada. Paling tidak antisipasi jarak 200 meter di depan. Lu musti bisa mengantisipasi apa aja yang bakal ada di depan. Entah ada kendaraan lain yang akan menyeberang, atau apapun yang bisa diprediksi untuk menghindari kecelakaan.

Itu saja tips cepet slamet buat yang suka ngebut-ngebutan di jalan. Selamat GASPOL gaissss

Advertisement

Info Terkait

Updated: Maret 15, 2015 — 5:13 am
Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme