Nama dan Jenis Ikan yang Terdampar di Sungai Ciliwung Bogor

Advertisement

Beberapa hari yang lalu warga Bogor dikejutkan dengan fenomena penemuan ikan besar yang terdampar di Sungai Ciliwung Bogor 29/11. Setelah diintefikasi, ternyata nama / species ikan raksasa tersebut adalah Arapaima Gigas yang banyak ditemukan di Sungai Amazon Brazil.

Penemuan ikan langka yang terdampar ini pertama kalinya ditemukan oleh warga di aliran kali Ciliwung, kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Bogor. Antusias warga berbondong-bondong ingin menyaksikan ikan raksasa meskipun harus menyeberangi sungai di sore hari pukul 17.00 WIB.

Arapaima Gigas yang ditemukan di Bogor memilki ukuran panjang lebih dari 2 meter. Meski terlihat sudah lemas, ikan raksasa tersebut sangat sulit untuk diangkat oleh satu orang disebabkan karena bobot tubuhnya seberat 200 kg.

ikan raksasa terdampar di kali ciliwung bogor


Advertisement

Seorang warga mencoba mengangkat ikan raksasa yang terdampar

 

ARAPAIMA

Ikan Arapaima Gigas merupakan ikan terbesar yang hidup di air tawar. Ikan ini juga disebut juga dengan Piracucu atau Paice. Sebenarnya jumlah ikan ini sangat banyak di Indonesia, orang biasa menyebutnya dengan ikan Brazilia karena memang Arapaima berasal dari negara Brazil.

Arapaima Gigas maksimal dapat mencapai panjang 3 meter dengan berat 200an kg. Sayang sekali, Ikan dengan bentuk kepala lancip dan dengan tubuhnya yang memanjang ini mulai langka. Hal ini disebabkan karena perburuan secara besar-besaran dan hasilnya di eksport ke negara lain.

LOKASI WISATA

Di Indonesia sendiri, ikan Arapaima bisa dikunjungi di wahana-wahana aquarium seperti di Sea World Jakarta, River World Purbalingga, Elephant Safari Park Bali, Gembira Loka Yogyakarta, Eco Green Park Malang, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme