Saya masih agak bingung kalau mau menentukan mana yang lebih oke antara notebook / laptop merek acer atau toshiba. Soalnya saya sendiri belum pernah saya pakai secara pribadi. Namun berdasarkan pengalaman sudah memegang dan mengamati beberapa tahun dari kedua laptop tersebut ketika tim kami saling pinjem meminjam laptop, setidaknya ada beberapa poin plus dan minus pada produk buatan Taiwan dan buatan Jepang.

Acer :

Keunggulan ( kelebihan ):

1. Murah, dari berbagai vendor ternama produk notebook termurah adalah Acer. Misalnya untuk membeli laptop bertenaga processor intel core i3, Acer bisa didapatkan dengan harga 4 jutaan, bahkan ada yang beberapa seri sekitar kurang dari 4 juta. Berbeda dengan merk lainnya seperti Dell, Hp, Sony, Samsung, Toshiba, Fujitsu, Apple, dll yang berkisar diantara 4,5 – 5 jutaan.

2. Layar LCD / LED Acer terbilang bagus di kelasnya. Nyaman di mata dan beberapa sample ( kami gunakan sekitar lebih dari 5 tahun ) kondisi layarnya belum terlihat perbedaan yang signifikan dari kondisi barunya.

3. Soal persedian pembelian / penjualan barang, after-sales, dan service centernya Acer menempati nomor 1 di Indonesia.

 

Kelemahan ( Kekurangan ) :

1. Fitur multimedia yang apa adanya, seperti speaker misalnya. Kualitas masih kalah daripada merk pesaingnya.

2. Bahan body / casingĀ  dan keyboard kurang nyaman.

3. Performa dari waktu ke waktu cepat menurun. Misalnya saja pada saat pembelian, proses untuk aplikasi, multimedia, game, dll bisa dilakukan dengan cepat. Namun setelah sekitar 1 tahun 2 tahun akan tampak jelas perbedaannya yang telihat sangat lambat. Hal ini juga tergantung pada perawatan pengguna.

4. Baterai. Borosnya minta ampun, terkadang baru setahun saja sudah minta ganti.

acer toshiba

Toshiba.

Dengan nama besar produk buatan Jepang, produk ini sudah dipercaya oleh masyarakat setelah menggunakan produk elektonik lainnya seperti televisi, tape, flashdisk, hardisk, dll.

Kelebihan / keunggulan :

1. nyaman buat kegiatan mengetik

2. Pada beberapa seri premium, mempunyai body kokoh tahan banting

3. Dalam pemakaian wajar, kondisi batterai lebih baik daripada acer

 

Kelemahan / kekurangan :

Buatan Jepang. Pasti sudah sangat yakin orang menganggap barang buatan jepang adalah yang terbaik. Namun berbeda dengan pendapat kami. Sekali lagi ini hanya berupa opini bukan untuk maksud dan tujuan tertentu. Dari beberapa teman kami menggunakan toshiba, rata-rata mereka tidak puas dengan dana yang dikeluarkan. Faktornya antara lain

1. Biarpun sama-sama menggunakan processor, ram, hdd, dan vga yang sama dengan merk acer, namun kinerja toshiba agak lelet.

2. Harganya yang terlalu mahal.

3. Body dan Design yang sepertinya kurang stylist.

Dibanderol dengan harga yang lumayan mahal tak menyurutkan minat pembeli untuk mendapatkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice