Kita semua akan sepakat bahwa laptop lebih mobile daripada Desktop PC dengan unit tower, keyboard, dan monitor yang terpisah. Tapi mengapa masih banyak pengguna pc, baik itu digunakan untuk personal (di rumah), kantor, toko, workshop, atau untuk front office. Nah, jika Anda sedang membuka usaha dan memerlukan sebuah komputer – pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda apakah desktop pc atau laptop? ayo kita bahas selengkapnya.

Desktop PC

PC nggak ada matinya!

Walaupun data menunjukkan penurunan penjualan PC built atau rakitan, bukan berarti unit ini akan kehilangan pasarnya. Sebab, walaupun terkesan ‘ribet’ namun banyak keunggulan yang tidak dimiliki laptop, diantaranya:

  1. Performance – dengan harga yang sama dengan laptop, taruhlah 5 juta – Anda akan mendapatkan spesifikasi yang lebih mumpuni untuk merakit sebuah pc atau yang sudah sepaket dari merk tertentu. Dengan harga diatas, Anda akan mendapatkan laptop dengan spek: intel Core i3, ram 4 GB, dan VGA 2 GB yang semuanya adalah versi mobile. Sedangkan PC, Anda bisa mendapatkan Core i5, ram 8GB, vga 2 GB dan performanya jauh diatas laptop tadi. Seandainya spek desktop pun Core i3, ram 4 GB, dan VGA 2 GB sama dengan laptop tadi, tetap saja desktop lebih bertenaga, dan spek ini bisa didapat dengan budget 4 juta.
  2. Durabilitas – ketahanan kedua unit komputer ini pun berbeda. Okelah banyak pemilik laptop yang mengklaim telah menggunakan laptopnya selama bertahun-tahun, namun setiap tahunnya, sadar atau tidak sadar, performanya telah turun sangat drastis. Berbeda dengan PC desktop, sama menurun juga, tapi tidak jauh berbeda dengan awal perakitan.
  3. Upgrade, PC lebih leluasa mengganti komponen seperti mengganti processor, hdd, ram, vga, dll. Sedangkan laptop lebih terbatas, paling-paling menambah ram yang dua slot, atau menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar. Jadi ketika Anda membeli pc dan merasa lemot, Anda bisa mengupgrade nya dengan mudah.
  4. ….. masih ada lagi, expert (bisa ditanyakan lewat kolom komentar)
kelebihan pc desktop daripada laptop untuk usaha
Cuman monitornya aja yang kelihatan di meja

Laptop

Solusi untuk pekerjaan kesana-kemari!

Sama dengan dekstop pc, permintaan laptop juga menurun terkait banyaknya inovasi baru seperti tablet yang lebih ringkas daripada notebook dan all in one pc yang lebih minimalist ketimbang desktop tower pc. Tapi kalau untuk usaha, kayaknya laptop tetap masih bisa diandalkan. Berikut ini adalah pertimbangan memilih laptop daripada pc desktop:

  1. Tarif Dasar Listrik (TDL) yang terus-terusan naik makin mencekik rakyat jelata sampai harus banting tulang dan tak ada waktu berjemur santai layaknya hewan melata seperti “kadal karing”, laptop adalah pilihan yang tepat ketimbang desktop. Bayangkan saja, kalau kita memiliki pc dengan spek gaming atau design, rata-rata mengkonsumsi 300-500 watt. Udah pada tahu kan, sejak tahun 2017 listrik golongan R-1 900 watt sudah nggak disubsidi lagi karena telah dianggap rumah tangga mampu. Dalam satu bulan, biaya listrik untuk desktop pc kira-kira segini: anggap sehari pakai 10 jam=>
    500w x 10h : 1000 x 1.352Rp/kwh = Rp 6.760 dalam sehari, dalam satu bulan dikalikan 25 (hari minggu piknik), maka= Rp 169.000
    Sedangkan laptop, paling-paling cuman habis segini:
    80w x 10h : 1000 x 1.352Rp/kwh = Rp 1.082 dalam sehari, dalam satu bulan dikalikan 25 (hari minggu nongkron di cafe, listrik nebeng, and wifi gratisan), maka= Rp 27.050
    Selisih konsumsi listrik dalam sebulan: 169-27= Rp 142ribu, lumayan tuh buat beli kopi di warung sebelah dapat banyak gelas, kecuali di starbuck baru dapet 3 gelas, hee.
    Jadi soal urusan hemat menghemat listrik, laptop jauh lebih efisien daripada desktop.
  2. Sudah disebutkan diawal tadi, simple, mobile, mudah dibawa kemana-mana.
  3. ….. masih ada lagi (bisa ditanyakan lewat kolom komentar)
kelebihan laptop dibanding komputer pc desktop
Bahkan bisa dibawa saat boker

Kesimpulan, Desktop PC vs Laptop

Karena ini untuk keperluan usaha,

  • Untuk front office toko atau reception desk sebuah hotel, Desktop PC adalah pilihan tepat karena selalu on dan performa tetap powerful, urusan listrik nomor sekian.
  • Untuk usaha kecil-kecilan, jasa atau produk baik toko offline atau online, gunakan Laptop sebagai fasilitas pendukung dengan berbagai kelebihannya.
  • Jika usaha Anda berkembang, milikilah keduanya. All right!

Note: belajar dari pengalaman team kami – hati-hati jika Anda memiliki toko dan meletakkan laptop di meja depan, lengah dikit raib karena ulah oknum yang menyamar jadi pembeli, atau semua itu karena ada kesempatan. Waspadalah. Waspadalah!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice