Pelajar dan Mahasiswa, Ayo Belajar Berbisnis

Advertisement

Banyak mahasiswa dan pelajar yang berpendapat bahwa modal jadi faktor utama dalam memulai sebuah bisnis. Padahal sejatinya hanya dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar mereka, para mahasiswa dan pelajar sudah bisa memulai bisnis sampingan yang menjanjikan.

Bagi Anda yang masih bingung mempersiapkan peluang bisnis ala mahasiswa dan pelajar yang bisa diangkat dari potensi daerah sekitar, berikut ini adalah informasi yang berisi lima poin penting yang perlu kamu perhatikan mulai dari sekarang.

Persiapan Bisnis Mahasiswa dan Pelajar dengan modal seadanya atau modal kecil

  1. Pertama yang musti dilakukan  adalah dengan survey pasar guna mencari tahu potensi mengenai apa saja yang sekiranya bisa kamu angkat di pasar nasional. Dalam hal ini kamu dapat melakukan survey pasar, kira-kira produk seperti apa aja yang banyak dicari para turis domestik atau mancanegara yang berkunjung ke daerah kamu. Contohnya aja seperti akseroris atau souvenir, kaos, makanan khas, dan masih banyak lainnya.
  2. Prioritaskan untuk memilih produk yang tahan lama. Penting untuk diperhatikan, karena sebagai mahasiswa yang tentunya waktu luang kamu cukup terbatas, oleh karena itu sebaiknya pilihlah produk komoditas yang memiliki masa kadaluarsa cukup lama. Misal saja memilih makanan kering seperti cemilan, kopi, atau lebih memilih cinderamata yang tak memiliki masa kadaluarsa.
  3. Pilih produk yang sesuai dengan daya beli kalangan mahasiswa. Mengingat target pasar kamu adalah kalangan sesama mahasiswa atau pelajar, maka sebaiknya pilihlah produk yang harga jualnya cocok dengan kantong mahasiswa.
  4. Dalam penghematan modal, kamu bisa beli beberapa sample produk kemudian diambil fotonya untuk dijadikan katalog promosi. Melalui katalog tersebut, kamu bisa menjaring calon konsumen, nha baru kemudian melakukan pembelian di agen secara grosir (kulakan) sesuai dengan orderan yang diminta konsumen.
  5. Libatkan produk kamu pada acara-acara kampus atau sekolahan serta aktif juga dalam berpromosi di sosmed agar teman-teman kamu tahu peluang bisnis yang sedang kamu geluti. Sebagai contoh, seperti ikut serta menjadi salah satu sponsor acara seminar atau bazaar yang diadakan kampus, atau bisa juga memanfaatkan facebook, twitter, instagram, path, dan blackberry messenger untuk mempromosikan bisnis sampingan yang Anda jalankan.

bisnis mahasiswa DAN PELAJAR sampingan

Keuntungan apa saja yang bisa deperoleh?

Advertisement

Sebenarnya ada banyak ide bisnis yang bisa Anda angkat dari potensi-potensi di sekitar daerah kamu. Sebagai putra-putri daerah, tentunya kamu musti tahu betul komoditas apa saja yang sekiranya dicintai masyarakat lokal dan banyak dicari konsumen dari daerah lain.

Kejelian para mahasiswa dalam melihat peluang bisnis dan luasnya jaringan pertemanan yang mereka miliki baik di lingkungan kampus maupun pertemanan di dunia maya, cukup memudahkan mereka untuk bisa mengembangkan bisnisnya hingga masuk ke lingkup pasar yang lebih besar (menguasai pasar di luar kampus).

Kemampuan serta pengetahuan para mahasiswa dan pelajar dalam mengoperasikan gadget maupun menggunakan jaringan internet udah seperti makanan sehari-hari, hal tersebut turut memudahkan kalangan mahasiswa untuk mengembangkan bisnisnya di lingkungan kampus, sekolah, lingkungan sekitar maupun di pasar dunia maya (online marketing).

Melihat sekarang ini sudah serba terkoneksi internet menjadi media promosi yang sangat efektif, tidak sulit bagi kalangan terpelajar untuk bisa mempromosikan bisnis sampingan mahasiswa ini ke pangsa pasar yang lebih luas. So, tidak menutup kemungkinan bila bisnis sampingan mahasiswa ini bakal berhasil menembus pasar yang lebih luas. Ayomaju. (hrz / credit : BisnisUKM.com)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.