Pendapatan Bisa Menjadi Kekayaan Riil

Advertisement

Dr Thomas J. Stanley dari Georgia State University pada tahun 1998 menerbitkan bukunya dengan judul The Millionaire Next Door, yang mengungkap karakter dari orang kaya di Amerika. Bukan karena pasar saham, namun karakter-karakter tersebut yang menjadikan mereka sukses.

the-millionaire-next-door

Dia menjelaskan, orang kaya Amerika tidak seperti selebriti yang memamerkan kekayaannya di depan publik. Mereka justru bersikap layaknya pekerja biasa, bahkan bisa jadi mereka tinggal di permukiman biasa.

Menurutnya, orang dengan karakteristik tersebut justru tidak hanya memikirkan untuk memperoleh uang yang banyak, melainkan juga memikirkan bagaimana pendapatan bisa menjadi kekayaan riil. Karakteristik ini lah yang dipertahankan secara turun temurun dalam suatu keluarga.

Berikut 5 strategi yang bisa Anda gunakan untuk menjadi orang kaya, seperti dilansir CNBC.

Mengasah keterampilan

Orang-orang sukses sering menghabiskan lebih banyak waktu untuk memperbaiki diri, untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi. Mereka menyadari dengan banyaknya potensi yang dimiliki, jenjang karir yang dimiliki akan lebih cerah.

Menurut mereka, menimba ilmu di bangku kuliah saja tidak cukup untuk mengasah keterampilan. Orang kaya di Amerika biasanya akan mencari pengetahuan di tempat lain, agar ilmu yang dimiliki bisa beragam dan sesuai dengan situasi terkini.

Dengan banyaknya keterampilan yang dimiliki, maka penghasilan yang didapat akan lebih besar. Bahkan, mereka tidak akan cepat puas dengan apa yang didapat, dan terus memaksimalkan potensi yang mereka miliki.


Advertisement

Menyisihkan sebagian penghasilan untuk masa depan

Setiap orang pasti memikirkan untuk menghemat uang yang dimiliki agar bisa mencukupi kebutuhan hingga akhir bulan. Anda dituntut untuk membuka rekening tabungan sejak usia muda untuk memaksimalkan uang yang dimiliki.

Dengan cara ini, Anda bisa mandiri dalam mengelola keuangan tanpa harus bergantung kepada orang lain. Bahkan, Anda justru bisa membantu keluarga, saudara, atau teman yang sedang kesulitan uang.

Orang yang sukses akan menyadari dengan adanya komitmen dalam melakukan suatu hal, maka apa yang menjadi tujuan mereka akan tercapai.

Memanfaatkan jaminan dari perusahaan

Suatu perusahaan akan memberikan berbagai jaminan bagi karyawannya, seperti asuransi, pajak, hingga pembelian saham. Orang sukses di Amerika biasanya memanfaatkan hal ini untuk meminimalisir pengeluaran mereka.

Dengan minimnya pengeluaran, maka Anda bisa melakukan hal lain untuk menambah penghasilan. Seperti kesempatan untuk memiliki saham atau membuka deposito.

Menghindari gaya hidup hedonisme

Amerika merupakan salah satu negara dengan gaya hidup hedonisme yang tinggi. Setiap orang dituntut untuk memaksimalkan penampilan hingga pergaulan mereka yang justru akan menghabiskan banyak uang.

Orang sukses biasanya akan menghindari jenis gaya hidup ini karena menjaga keseimbangan keuangan merupakan hal yang terpenting. Sebab, jika mereka hanya mengikuti keinginan mereka, maka semakin lama mereka akan terbiasa dengan hal tersebut.

Tentunya, hal ini akan membuat Anda sulit untuk menabung, dan terus terbelenggu dengan kehidupan dengan pengeluaran yang tidak bisa dikendalikan.

Berkonsultasi dengan penasehat keuangan.

Orang sukses di Amerika terkadang terlalu fokus untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki tanpa memperhatikan keadaan sekitar. Meski bisa menangani segalanya sendiri, namun langkah yang diambil terkadang tidak membuahkan hasil yang baik.

Dengan demikian, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan penasehat keuangan agar strategi yang diambil bisa berhasil. Tentunya, Anda harus mencari penasehat keuangan yang bersertifikat agar saran yang didapat bisa membawa keuntungan. [credit:merdeka.com]

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme