Penemuan Yang Mengubah Dunia dari Abad 20

Perkembangan teknologi elektronik berkembang pesat pada abad 20, mulai dari teknologi untuk komunikasi sampai dengan teknologi kesehatan. Dan sampai sekarang, teknologi ini merupakan penemuan yang mengubah dunia dari abad 20 yang sangat penting sampai sekarang.

penemuan

Berikut ini merupakan 10 teknologi yang paling penting pada abad 20. Antara lain :

1. Installasi Tenaga Nuklir

Tenaga Nuklir di abad ke-20 telah mengubah peran tenaga mesin uap yang dibuat pada abad ke-19. Tenaga nuklir bisa memiliki sumber daya tanpa polusi, tenaga nuklir juga sangat efisien, dan tak terbatas.

Tapi tenaga nuklir adalah pedang bermata dua, yang merupakan sumber energi tenaga nuklir dapat digunakan untuk membuat senjata yang paling merusak dalam sejarah, dan kehadiran bisa mengancam kelangsungan hidup umat manusia.

Selain itu, ketika pembangkit listrik tenaga nuklir tidak menghasilkan polusi di udara, tetapi ketika di tangan yang salah atau tidak mampu tenaga nuklir bisa mengarah pada wilayah yang terkena penyebaran radioaktif yang mengancam kelangsungan hidup manusia (seperti yang ditunjukkan di Chernobyl pada tahun 1986). Tapi kita tidak bisa melupakan semua efek positif yang memiliki tenaga nuklir

2. Komputer (Personal Computer)

Saat ini sulit untuk dibayangkan apa jadinya dunia tanpa adanya komputer. Tentu saja komputer sudah ada sejak perang dunia ke 2, saat itu nampak “kaku” dan merupakan barang yang begitu mahal.

Tetapi semua itu berubah sejak Steve Wozniak dan Steve Jobs memperkenalkan produk Apple pada tahun 1976. Dan saat ini, komputer telah dimiliki hampir banyak orang. Bahkan bagi beberapa orang, komputer adalah sesuatu yang sangat penting dalam mempertahankan hidup mereka: mereka menggunakan computer untuk menyimpan catatan keuangan, mengolah tugas dan masih banyak lagi.

3. Pesawat Terbang

Seperti lokomotif yang sudah membuat dunia menjadi lebih kecil pada abad ke 19, pesawat terbang telah melakukan hal yang sama pada kita di abad ke 20. Pesawat telah “menyusutkan” planet ini sampai ke titik dimana setiap orang bisa terbang ke semua tempat di dunia dalam waktu yang cukup singkat.

Pesawat tidak hanya membuat perjalanan lebih cepat, tetapi pesawat juga dapat menyediakan layanan lainnya seperti memadamkan kebakaran hutan, sebagai sarana pengiriman paket, dan juga digunakan sebagai mesin tempur.

4. Mobil

Meskipun sudah dikembangkan di Eropa selama abad ke 19, mobil saat itu tidak benar-benar menjadi praktis dan dapat baru diandalkan sebagai sumber transportasi pada abad ke 20. Sejak saat itu segalanya menjadi berubah, kuda dan kereta tidak diperlukan lagi.

Sejak saat itu banyak negara-negara yang mulai membuat jalan-jalan aspal sebagai trak laju mobil. Hal tersebut juga mengakibatkan revolusi pasar, sangat mudah untuk mengangkut barang-barang pasar dengan menggunakan truk, dimana sebelumnya sangat sulit untuk dilakukan.

Awalnya, mobil yang dirakit oleh Henry Ford menjadikan mobil menjadi terjangkau bagi semua orang. Automobil telah memberikan kepada setiap orang pada tingkat mobilitas dan kebebasan pribadi.

5. Roket

Roket ditemukan dan digunakan pertama kali oleh orang-orang China lebih dari 3 ribu tahun yang lalu dan terkadang digunakan oleh orang-orang Yunani dan Romawi. Dan roket benar-benar digunakan untuk peperangan pada abad ke 20, roket tidak lagi menjadi hiburan semata tetapi telah menjadi sebuah senjata yang mematikan.

Pada abad ke 20 roket menjadi lebih besar dan lebih bertenaga. Roket dapat dikendalikan, yang membuat roket bisa digunakan sebagai senjata perang dan juga dapat digunakan untuk menjelajahi luar angkasa.

Tanpa roket kita tidak bisa menjelajahi bulan atau tempat-tempat lain di sistem tata surya kita. Roket juga menempatkan satelit ke orbit sekitar planet kita, jadi tanpa roket kita tidak bisa menggunakan GPS, memprediksi prakiraan cuaca, dan tentu saja tidak bisa menggunakan telepon kita.

6. Kapal Selam

Kapal selam telah digunakan di masa lalu ( Kapal Selam Hunley CSS digunakan selama Perang Sipil) dan kapal selam pertama yang ditemukan di tahun 1880-an, tetapi kapal selam modern baru dikembangkan pada abad ke 20.

Saat ini dengan adanya tenaga nuklir, kapal selam menjadi mempunyai daya jangkau dan ketahanan yang tak terbatas, sehingga kapal selam telah menjadi kapal perang utama di setiap Negara. Seberapa efektif sebuah kapal selam? Cobalah tanyakan kepada orang yg pernah menggunakan kapal selam. Mereka akan mengatakan: hanya ada 2 tipe kapal di dunia ini, yaitu kapal selam dan targetnya!

7. Obat Antibiotik

Sampai Alexander Fleming menemukan penisilin pada tahun 1928, hampir setiap bakteri kecil yang terdapat dalam tubuh seseorang dapat mengakibatkan sesuatu yang fatal. Sejak ditemukan penicillin maka antibiotik-antibiotik lainnya mulai bermunculan.

Sejak saat itu kematian yang diakibatkan oleh bakteri menjadi berkurang , karena banyak penyakit yang dapat ditangani akibat adanya antibiotik, sehingga tingkat kematian jadi menurun dan harapan hidup menjadi meningkat.

8. Televisi

Semua pasti tau bahwa televisi dapat menghancurkan sel otak kita dan dapat menimbulkan kerusakan pada diri seseorang secara emosional dan psikologis, tetapi bagaimana jadinya bila kita tanpa televisi? Televisi merupakan sumber berita, guru, penghibur dan pencerita bagi kita semua. Bahkan jika berada di tangan yang ahli, televisi bisa menjadi sesuatu yang sangat berguna. Bahkan lebih buruk lagi banyak orang yang tidak mempunyai ide apa-apa bila tanpa kehadiran televisi. Televisi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup kita.

9. Internet

Pada masa lalu komputer tidaklah lebih dari sekedar alat yang digunakan untuk mengetik saja, tetapi berkat kehadiran internet, komputer telah berubah menjadi ‘monster’ pada saat ini. Ketika pesawat terbang telah meringkas bumi ini sampai di titik dimana kita dapat pergi dari New York ke London hanya dalam waktu 6 jam, internet dapat melakukan hal yang sama dalam waktu yang hanya beberapa detik saja.

Internet memungkinkan orang untuk membeli atau pun menjual sesuatu, menemukan teman lama, melihat video terbaru di youtube dan bahkan menemukan pasangan hidupnya. Dan tentu saja kita dapat menemukan berbagai informasi dari internet. Kita tidak bisa membayangkan jika tidak ada teknologi internet saat ini.

10. Radio

Saat ini hanya sedikit orang yang dapat menghargai keberadaan radio yangg muncul pada abad ke 20. Radio tidak hanya memungkinkan seseorang untuk mendengarkan suara yang jaraknya mencapai ratusan bahkan ribuan mil tanpa menggunakan kawat atau kabel, tetapi radio juga merupakan “pusat” keluarga pada masa setelah perang dunia ke 2.

Tetapi keberadaan radio mulai mengalami kemerosotan pada tahun 1950-an saat televisi mulai menggantikan peran radio. Saat ini salah satu kegunaan radio adalah ketika diletakkan di dalam mobil, yang berguna untuk menghindarkan pengemudi dari rasa kantuk yang menyerang.

Tetapi bagaimanapun juga, saat ini radio sama pentingnya dengan keberadaan televisi, komputer, microwave, dan telepon yang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita.

Ayomaju.info

Mari Terus Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post