Hari ini saya akan bagikan pengalaman saya setelah mengubah kartu (sim card) Telkomsel yang tadinya hanya bisa 3G sampai sekarang menjadi 4G LTE di Grapari Telkomsel.

Saya punya sim card yang terbilang ‘beruntung’, karena tidak semua kartu bisa membeli paket yang relatif murah. PAKET PROMO Rame Internet: Super kuota. Tanpa membeli perdana yang biasanya dipakai habis langsung buang, saya bisa mendaftarkan Telkomsel (Simpati) dengan harga Rp 60.000 dapat 8 GB (semua jaringan termasuk 3G dan 4G) ditambah 5 GB (khusus 4G).

Karena saya beli sim card ini sejak tahun 2011, kalau nggak salah SimPATI Extra hanya mendukung jaringan sampai HSDPA. Sedangkan melihat bonus 5 giga tadi membuat inisiatif saya untuk upgrade jaringan 4G LTE Telkomsel.

Dari beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni:

1. Datang langsung ke Grapari terdekat.
2. Membeli Kartu Upgrade 4G Telkomsel yang dilakukan secara manual
3. ….. maaf lupa.

Saya putuskan untuk memilih nomor pertama. Alasanya, mendatangi sebuah tempat begitu menyenangkan, sekaligus bisa berbagi kepada para pembaca yang budiman di Ayomaju.info ini, hehe.

Memasuki Grapari

Ilustrasi sebagai pemanis 🙂

Ketika masuk, salah satu customer service langsung menyambut saya dengan ramah dan menanyakan apa yang mereka bisa bantu. Yup, upgrade ke 4G, dan dia langsung memberikan kartu antri dan menunggu sampai dipanggil.

Seperti biasa, setelah nomor antrian dipanggil, Anda akan segera langsung menuju ke salah satu bagian customer service.

Pelayanan CS

Jangan dikantongin ya kartu antrinya…

Selain meminta kartu antri, CS juga akan meminta Anda untuk menujukkan KTP dan sim card yang ingin Anda upgrade.

Juga, ada beberapa pertanyaan untuk konfirmasi kebenaran data Anda apakah sesuai dengan kartu milik Anda. Diantaranya:

  • Siapa nama ibu?
  • Siapa saja atau beberapa nomor yang sering dihubungi?
  • Apakah digunakan untuk m-banking / sms-banking atau tidak?

Jika semuanya valid, Anda dapat memilih pengganti sim card 4G dalam bentuk standar, micro (kecil), atau nano (kecil bingit).

Jadi, sesuaikan saja dengan apa yang Anda butuhkan.

Pertanyaan lain

Sebelum sim card ditangan saya, saya menanyakan: “Boleh nanya Bu? selain jaringan yang berubah ke 4G, apakah ada perubahan lain di kartu saya? kartu yang lama memiliki promo paketan khusus, apakah nantinya bakal hangus atau bagaimana?

dan berikut pernyataan dari pihak CS:

“Tidak ada perubahan apapun selain mendapatkan jaringan 4G. Sementara untuk paket promo masih dapat digunakan selama promo masih ada. Dan data terakhir yang telah dipaketkan tetap utuh, bahkan Bapak akan mendapatkan bonus kuota 4G sebesar 10 GB dan bonus lain”

Terdengar menyenangkan.

Biaya

Untuk melakukan upgrade 3G ke 4G LTE di Grapari kota saya sebesar Rp 20.000 (dengan bonus yang telah saya sebutkan diatas). Murah, mudah dan nggak perlu pusing jika harus manual menggunakan Kartu Upgrage 4G Telkomsel yang susah di cari di konter.

Selesai.

Semoga bermanfaat.

(mmd)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice