Pengen Jadi Desain Grafis, Software Mana yang Paling Sesuai

By | Februari 10, 2016

Dari latar belakang apa saja, siapapun berhak untuk bisa mengolah desain grafis. Bisa belajar mulai SD, bahkan sampai aki-aki pun nggak ada yang melarang. Sedangkan anak muda zaman sekarang, minimal menguasai dasar desain grafis.

Tentu saja untuk mengikuti perkembagan teknologi. Misalnya ingin membuat tampilan foto profil di sosial media seperti facebook, twitter, instagram atau lainnya yang sering menggunakan tampilan yang keren. Atau juga yang memiliki kepentingan lain untuk bisnis. Bagi yang ingin mengembangkan bakat menggambar, bisa diaplikasikan pada media digital.

Software yang digunakan sangat banyak sekali, dan semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

graphic desain ayomaju.info software

Menurut sebuah polling the Verdict, ada 10 program atau sofware popular untuk graphic design di dunia.

1. SHERIF DRAW PLUS X8

Kelebihan

Tidak hanya mudah untuk digunakan, akan tetapi software ini menyediakan banyak tool yang dibutuhkan untuk membuat logo, animasi, poster, dan lain-lain.

Kekurangan

Saat software digunakan untuk membuat gambar dengan ‘illustration tools’, kurang mampu memberikan effect features, seperti HDR imaging dan panorama merging.

Rating : 9.2/10

Serif DrawPlus X8 biasa digunakan untuk sebuah gambar illustration. Baik digunakan untuk tampilan di balik layar kaca maupun di print pada kertas / media. Penggunaannya pun cukup mudah dipelajari, banyak navigasi yang membantu pengguna, baik yang beginner maupun yang udah expert.

2. Corel Draw x7

Kelebihan

Banyak forum yang membahas tentang Corel Draw, tentunya memudahkan penguna baru untuk belajar. Di Indonesia sendiri program Corel Draw sudah menjadi yang terbaik untuk membuat grafis mulai dasar sampai yang lumayan kompleks. Telah banyak tools dan fitur didalamnya.

Kekurangan

Untuk membuat efek photo, corel bukanlah pilihan tepat. Color correction, HDR imaging dan panorama merging sangatlah kurang.

The Verdict: 9.18/10

Corel Draw telah memiliki berbagai versi, dari dulu corel sangat cocok untuk membuat ilustrasi dasar dan image editing features. Seperti membuat logo, gambar kartun, atau membuat denah dengan mudah.

3. COREL PAINTSHOP PRO X8

Kelebihan

Anda dapat mimilih 88 photo filter yang berbeda, seperti membuat HDR images dan Panorama.

Kekurangan

Software ini hanya berjalan pada os Windows. Kurang nyaman untuk membuat sket dari awal.

The Verdict: 9.03/10

Corel Paintshop Pro paling bagus untuk membuat gambar ilustrasi dengan warna yang lebih kaya dibanding corel draw. Penggunaanya pun cukup mudah.

4. Adobe Photoshop Elements 13

Kelebihan

Photoshop Elements 13 paling sesuai untuk mengedit photo. Banyak sekali mode dan tool untuk memberi efek, memperhalus, mempertajam, rekayasa foto dan masih banyak lagi.

Kekurangan

Program ini tidak bagus untuk membuat sebuah vector.

The Verdict: 8.3/10

Walaupun Photoshop sangat sulit untuk membuat illustration, akan tetapi bagi yang udah advance, hampir semuanya tak ada yang sulit.

5. Xara Photo & Graphic Designer 10

Kelebihan

Software ini memberikan banyak tool, baik untuk vector maupun raster images.

Kekurangan

Support feature masih kurang.

The Verdict: 8.25/10

 

6. Serif Photo Plus X7

Kelebihan

Software ini menyediakan berbagai variasi poto dan editing tools.

Kekurangan

Tidak menggunakan Pantone Swatches, hasil pada saat men-desain dan hasil akhir ketika di-print agak sulit untuk dikalibrasi.

The Verdict: 7.8/10

7. ACD Photo Editor

Kelebihan

Dengan tampilan antar muka yang mudah dipahami, ACD Photo Editor adalah sofware desain yang paling simple untuk digunakan.

Kekurangan

Sedikit illustration tool, hanya membuat sedikit perubahan ketika mengedit foto atau project.

The Verdict: 7.05/10

 

8. Corel PhotoImpact X3

Kelebihan

Jika Corel Draw kurang pada pewarnaan, Corel PhotoImpact memberikan kekurangan tersebut. Tersedia juga banyak templates yang bisa digunakan untuk pengguna awam.

Kekurangan

Selection tool untuk membuat ilustrasi sangat sedikit.

The Verdict: 7.03/10

9. CyberLink PhotoDirector 7 Ultra

 

Kelebihan

Software ini bagus untuk photo editing, tersedia variasi untuk berbagai visual yang diinginka.

Kekurangan

Hanya cocok untuk memoles sebuah foto, untuk desain seperti membuat garis, bentuk dll kurang memadai.

The Verdict: 6.9/10

10. PhotoStudio 6 (ArcSoft)

Kelebihan

Banyak photo effect, pengguna tinggal memilih mana yang sesuai. Sangat mudah. Tidak membutuhkan komputer atau pc dengan spek bagus seperti software lainnya diatas.

Kekurangan

Photo-editing tool yang terbatas. Hanya untuk basic.

The Verdict: 5/10

 

Sebenarnya masih banyak lagi software yang digunakan untuk desain grafis. Tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal pilih saja sesuai keinginan, apakah untuk membuat sebuah denah, vector, kartun, atau mengolah foto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.