Penyebab DVD RW Tidak Bisa Burning CD dan Cara Mengatasi

DVD RW yang seharusnya bisa digunakan untuk membuat isi DVD / CD blank sering mengalami kegagalan (burning failed). Hal tersebut terdapat banyak faktor penyebab DVD RW Drive tidak bisa burning, diantaranya :

  • Driver yang digunakan. Terkadang ketika menginstall sebuah sistem operasi yang berbeda, drivernya pun harus disesuaikan. Sebagai contoh ketika menginstall ulang windows dari windows xp, vista, 7, 8 ke 8.1, selain itu perbedaan antara 32bit / x86 dan 64bit juga berpengaruh.
  • Software. Sekilan driver dan software mirip, namun dalam hal ini software mengacu pada aplikasi yang digunakan untuk burning cd ( wong ndeso : mbakar kaset ).
  • Kualitas DVD / CD blank yang kurang baik, atau mungkin juga kurang merawat dengan baik misalnya ketika di tempatkan pada sebuah tempat yang riskan akan tergoresnya cakram bagian penting dalam kepingan tersebut.
  • Kerusakan / malfungsi pada DVD RW Room. Biasanya terjadi pada optik, selain itu karena kondisi lama tidak dipakai dan debu masuk di sela-sela.

Cara Mengatasi / memperbaiki :

  • Ganti Driver sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Atau bisa juga melakukan update dengan mencari driver yang sesuai dengan spesifikasi komputer atau laptop.
  • Gunakan software lain, misalnya ketika memburning secara langsung di windows 8.1 tidak bisa, maka gunakan alternatif software lainnya seperti Nero Burning, Ultra Iso, dan masih banyak lainnya.
  • Ganti dengan cd / dvd yang berkualitas dan pastikan selalu bagian utama kepingan tidak tergores dengan memberikan alas halus atau kertas, jangan ditumpuk banyak dvd blank / yang sudah terisi menggunakan wadah all in one. Sebaiknya tempat ini gunakan untuk keperluan lain, misalnya untuk tempat tisu 😀

bekas wadah dvd cd

  • Usahakan gunakan paling tidak sebulan sekali baik untuk sekedar memutar atau membakar cd / dvd. Selain itu jaga selalu kebersihan agar terhindar dari debu yang masuk. Sementara jika yang bermasalah ada pada optik, ya… apa boleh buat. Ganti.

Ayomaju.info

Mari Terus Berkarya

Satu tanggapan untuk “Penyebab DVD RW Tidak Bisa Burning CD dan Cara Mengatasi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.