Perbanyak Makan Ikan Bisa Menambah Tinggi Badan

Advertisement

Dalam sebuah analisa hasil dari Asean DNA yang dirilis tahun 2014 kemarin, Indonesia memiliki tinggi badan rata-rata yang lebih pendek dibandingkan negara tetangga Asean lainnya.

tinggi badan orang asia

Tinggi badan pemuda saat ini di Indonesia kalah dengan dengan vietnam yang mempunyai kebudayaan hampir sama dengan Indonesia. Rata-rata untuk laki-laki Indonesia tingginya hanya 158 cm, sementara untuk perempuan 147 cm.

Kalah jauh dibanding dengan dengan negara tetangga Malaysia yang mempunyai rata-rata 165 cm pria dan 153 cm wanita.

Untuk wilayah seluruh dunia, Belanda mempunyai rata-rata postur tubuh yang paling tinggi di dunia yaitu 184 cm laki-laki dan 170 cm untuk wanita. Apa mungkin jaman dulu Belanda dengan kejinya menjajah bangsa Indonesia sampai mereka bisa subur kekar makmur sementara warga Indonesia pendek dan banyak yang ceking. nevermind 😀

Menurut Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan ( singkatanya apa ya? mungkin DirJenPenPemHasPerKemKelPer.. klepek-klepek.. pisss ) Saut Hutagalung menjelaskan : “Dari 10 negara Asia Tenggara, selama enam tahun terakhir masyarakat Indonesia masih kurang mengkonsumsi ikan. Akibatnya generasi muda kita posturnya lebih pendek dari rumpun dan suku bangsa di Asia Tenggara lainnya,”

Saut menjelaskan kepada tribunnews pada tahun 2012, setiap orang Indonesia rata mengonsumi 33 kg ikan setiap tahunnya. Jumlah ini lebih tinggi dari pola pangan harapan yang mencapai 31,4 kg per kapita/ tahun.
Meski demikian, kata Saut, target konsumsi ikan pada tahun 2013 ini ditingkatkan menjadi 35 kg per kapita/ tahun.

Apakah benar dengan perbanyak makan ikan bisa menambah tinggi badan?

Berikut penjelasannya, sumber dari magelangkota.go.id

Ikan atau jenis makanan seafood lainnya sangat kaya akan protein dan vitamin. Ikan terutama jenis salmon dan tuna juga kaya akan vitamin D dan protein yang bisa membantu Anda menambah tinggi badan.

Advertisement

IKAN terdiri dari ikan air tawar dan ikan laut. Keduanya adalah makanan sumber protein yangsangat penting untuk pertumbuhan tubuh. Ikan mengandung 18 % protein terdiri dariasam-asam amino esensial yang tidak rusak pada waktu pemasakan. Kandungan lemaknya 1-20 % lemak yang mudah dicerna serta langsung dapat digunakan oleh jaringan tubuh. Kandungan lemaknya sebagian besar adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan dapat menurunkan kolesterol darah.

Macam-macam ikan mengandung jumlah lemak yang bervariasi, ada yang lebih berlemak dan ada yang kurang berlemak. Lemak merupakan salah satu unsur besar dalam ikan, unsur lainnya adalah protein, vitamin, dan mineral. Orang telah menyadari makan ikan dari laut dan air tawar lebih baik nilai gizinya, namun hanya orang di pesisir yang gemar makan ikan laut. Orang di daerah pedalaman jarang mengkonsumsi ikan laut, mungkin karena kesegarannya kurang terjamin sehingga bisa mengubah rasa ikan tersebut. Di daerah pedalaman yang ada sungai, empang, dan danau tentu banyak ikan air tawar yang tidak kalah nilai proteinnya dan juga bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan, ikan mengandung protein yang berkualitas tinggi. Protein dalamikan tersusun dari asam-asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan. Selain ituprotein ikan amat mudah dicerna dan diabsorpsi. Selain ikan memang daging unggas, telur,susu, merupakan bahan makanan sumber protein yang berkualitas tinggi. Asam-asam aminoyang dikandungnya cukup banyak dan bervariasi sesuai yang dibutuhkan tubuh.Para ahli menemukan, komposisi asam-asam amino dalam bahan makanan hewani sesuaidengan komposisi jaringan di dalam tubuh manusia. Oleh karena ada kesamaan ini makaprotein dari ikan, daging, susu, unggas, dan telur mempunyai nilai gizi yang tinggi.

 

Untuk itu, mari kita perbanyak makan ikan, tapi kalau sudah terlanjur tua, ya sudahlah…

Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan menyarankan anak-anak disekitar kita untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan.

Advertisement

Info Terkait

Updated: April 10, 2015 — 9:00 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme