Perbedaan Akselerasi dan Top Speed

Advertisement

Hampir sama antara akselerasi / percepatan (accelerate) dan kecepatan (speed) yang sering kita dengar pada sebuah kendaraan motor atau mobil. Akan tetapi kedua istilah tersebut jelas beda.

top speed

Dalam hukum fisika, akselerasi atau percepatan memiliki satuan meter/secondkuadrat, hal tersebut mengubah kecepatan dalam waktu tertentu. Sedangkan kecepatan merupakan jarak yang ditempuh dalam waktu tertentu, dan satuan kecepatan menggunakan meter/second, atau seperti yang telah akrab kita lihat di kendaraan yakni km/jam.

Untuk memudahkan pemahaman, ada sebuah contoh perbedaan antara akselerasi dan top speed.

Advertisement

Akselerasi

Mobil Sport akan menempuh jarak 100 m (100 meter sebagai pedoman yang biasanya digunakan pada dunia otomotif) dalam jangka waktu tertentu ( biasanya dipakai satuan detik ). Mobil berhasil mencapai jarak 100 meter dengan waktu 10 detik dari star dengan posisi diam.
Akselerasi mobil yang dipakai adalah “0 – 100 m : 10 detik”, sedangkan nilai percepatannya adalah 1 m/s2

Top Speed

Sebuah bus melaju dengan kecepatan yang berubah ubah, kadang 60 km/jam, kadang naik dan kadang turun, tergantung kondisi jalan. Dan pada suatu ketika jalan lengang, bus tersebut melaju dengan kecepatan paling tinggi sampai 150 km/jam. Nah, 150 km/jam tersebut tercatat sebagai Top Speed.

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme