Compress dan Convert, terdengar hampir sama, namun memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Apa perbedaan antara compress dan convert? Simak berikut ini :

Compress merupakan istilah bahasa inggris yang berasal dari dari bahasa latin kuno compremerecom” yang artinya bersama-sama dan “premere” yang artinya menekan.

Compress dalam bahasa komputer disini adalah kondisi dimana satu atau banyak file yang dijadikan satu pack yang dipress atau ditekan untuk menurunkan ukuran file tersebut.

compress

Compress multiple file ke .zip atau .rar, contohnya ketika ada 100 file dokumen word yang akan disalin ke flashdisk, sizenya sekitar 120 MB dan proses transfer ke flash drive memakan waktu 10 menit. Sedangkan dengan cara mengompress  100 file tersebut kedalam .zip atau .rar, file nya akan menjadi 100 MB tanpa mengubah sedikitpun isi dari dokumen tersebut. Dan ketika akan mentranfer file tersebut hanya butuh waktu 5 menit saja. Selain itu file didalamnya lebih aman dari ancaman virus.

Convert adalah mengubah format file tertentu menjadi format yang baru. Misalnya dari mp4 menjadi mp3, word menjadi pdf, dan masih banyak contoh lainnya. Convert sendiri bertujuan untuk menyesuaikan file sekaligus juga mengubah ukuran file, baik mengurangi maupun menambah tergantung output yang dihasilkan.

Contoh : file video dari mp4 diconvert menjadi 3gp agar bisa diputar di handphone tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice