Perbedaan Kabel Tembaga dan Fiber Optic Telkom Speedy

Advertisement

Kemarin sore saya mendatangi kantor Telkom, dengan tujuan untuk mendaftar sebagai pelanggan internet Telkom Speedy. Namun sayangnya saya gagal mendaftar, padahal telephon duduk / telpon rumah sudah terpasang sejak dulu.

Salah seorang petugas memberitahukan kepada saya bahwa saat ini Telkom tidak menerima pelanggan baru speedy untuk pengguna kabel tembaga. Ia menjelaskan saat ini telkom sedang dalam proses mengganti koneksi internet untuk pelanggan speedy menggunakan fiber optic.

Si Mbak petugas tadi menjelaskan beberapa keunggulan fiber optic (serat optik), diantaranya adalah koneksi yang lebih cepat. Soal harga, dari yang saya dengar Rp 350.000 per bulan pada saat promosi. Sedangkan untuk tarif normalnya 450 ribu rupiah. Paket tersebut selain koneksi internet dengan kecepatan 10 Mb, unlimited, dan beberapa hiburan tambahan seperti channel tv berbayar.

Lha terus apa perbedaan kabel tembaga dan fiber optic?

perbedaan kabel tembaga dan fiber optic telkom speedy

Referensi : http://ikhapandha.blogspot.com/2013/01/perbandingan-kabel-tembanga-vs-fiber.html

Fiber optic merupakan salah satu teknologi baru, ya nggak baru-baru amat sih, emang sudah ada sejak lama. Kabel serat optic terbuat dari kaca atau plastik yang mentransmisikan sinyal cahaya. Ukurannya pun sangat tipis, hanya sehelai rambut.

Terdapat beberapa bagian diantaranya :

Bagian Inti sebagai tempat merambatnya gelombang cahaya.

Lapisan selimut yang mengelilingi bagian inti dengan indeks bias yang lebih kecil

Advertisement

Lapisan Jake, melindungi bagian inti dan selimut dengan plastik elastis.

Komponen utama terdiri dari transmitter (laser Diode dan Laser Emmiting Diode), channel information berupa serat optik dan receiver.

Secara umum, kabel memiliki fungsi sebagai media transimisi yang berperan untuk mempercepat penyampaian pesan. Setiap kabel memiliki spesialisasi fungsi yang berbeda-beda.  Kabel tembaga seringkali digunakan sebagai penghubung ke jaringan telepon dan Ethernet. Kabel koaksial sering kita gunakan pada televisi dan radio. Sedangkan, kabel fiber optik sering kita gunakan sebagai jalinan penghubung bawah laut (underwater lines) merupakan media transmisi antar samudera, qube, dan video pay per view.

Kelebihan Fiber Optic dibanding Kabel Tembaga

Beberapa kelebihan dari kabel serat optik adalah berukuran tipis dan berdiameter sehelai rambut manusia, dapat mentransmisikan sinyal cahaya, kapasitas bandwidth dan kecepatan transmisi yang sangat besar, mencapai terabyte, mudah untuk dibawa, serta tidak rentan terhadap gangguan frekuensi listrik.

Sedangkan beberapa kelemahan dari kabel tembaga adalah rentan terhadap gangguan frekuensi listrik dan radio, tidak dapat mentransmisikan sinyal cahaya, dan kapasitas bandwithnya yang kecil.
Kekurangan Fiber Optic dibanding Kabel Tembaga

Beberapa kelemahan dari kabel serat optik adalah harganya yang mahal termasuk peralatan khusus untuk penyambungannya, serta konstruksinya yang lemah sehingga memerlukan lapisan penguat untuk proteksi.

berbeda dengan kabel tembaga, antara lain adalah harganya murah, instalasinya mudah, mudah didapat, dan fleksibel, menggunakan satu medium untuk semua.

 

Nampaknya saya musti sabar, kapan akan mulai digarap di tempat saya pun belum pasti. Orangnya bilang kalau akan mulai di kerjakan abis lebaran. Ntah lebaran Idul Fitri atau Idul Adha, atau lebaran yang belum jelas alias ‘badha kucing’.

Advertisement

Info Terkait

Updated: Juni 3, 2015 — 8:49 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme