Ayomaju.info Kebanyakan orang telah mendengar bahwa menggunakan High-Definition Multimedia Interface (HDMI cable) lebih baik daripada menggunakan kabel Array Video Graphics ( VGA Cable), bahkan jika mereka tidak tahu apa perbedaannya secara persis. VGA telah hadir selama puluhan tahun dan sangat cocok untuk transmisi video hingga dpi yang membutuhkan definisi tinggi.

Jika gambar atau video yang sedang dikirim tidak dalam resolusi definisi tinggi, ada sedikit perbedaan dalam kualitas gambar menggunakan VGA.

Membandingkan HDMI ke VGA

HDMI adalah standar terkemuka saat ini saat menghubungkan peralatan high-definition. Hal ini tidak hanya terbatas pada TV dan komputer. HDMI digunakan dalam kamera dan camcorder, tablet, konsol game, smartphone dan elektronik sejenis lainnya. Pada tahun 2012, lebih dari 1.200 produsen elektronik terkemuka mengirim lebih dari 1 miliar perangkat HDMI yang tersedia. Teknologi HDMI mampu mengirim sinyal digital dengan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga gambar hampir sempurna. VGA jauh lebih tua dan telah menjadi standar industri dalam industri komputer sejak tahun 1990-an. Menggunakan teknologi analog antara tiga set kabel – merah, hijau dan biru – untuk menentukan apa yang muncul di monitor.
Mengapa Digital Lebih Baik

Perbedaan mendasar antara VGA dan HDMI teknologi, adalah bahwa VGA adalah teknologi analog dan sedangkan konektor HDMI adalah teknologi digital. Sinyal analog seperti serangkaian gelombang, sementara sinyal digital pada dasarnya serangkaian nol dan satu yang membuat kualitas tampilan menjadi sangat baik. Ketika komputer mengirimkan video yang melalui kabel VGA ke monitor LCD, mengkonversi bahasa digital komputer ke bahasa analog dan kemudian monitor mengubahnya kembali ke digital lagi. Bahwa ada beberapa degradasi ketika sinyal sedang diterjemahkan dua kali. Selain itu, kabel analog dapat menambahkan distorsi sinyal, jika ia terlalu lama atau tidak benar terlindungi.

Kualitas Perbedaan VGA Analog dan HDMI
Kualitas Perbedaan VGA Analog dan HDMI

Jangan Lupakan Audio

Gambar definisi tinggi dan video tidak hanya manfaat teknologi HDMI. Tidak seperti VGA, HDMI dapat mengirimkan audio berkualitas tinggi melalui port HDMI. Jika Anda menghubungkan komputer atau perangkat lain untuk streaming film ke TV dengan kabel VGA, Anda harus menghubungkan kabel tambahan dari kartu suara komputer ke jack audio di TV. Tanpa kabel tersebut, Anda dibatasi untuk menggunakan speaker komputer untuk audio. Ini adalah alasan utama mengapa semakin banyak produsen elektronik yang menggabungkan HDMI ke perangkat multimedia daripada hanya menggunakan Digital Video Interface, yang juga tidak mengirimkan audio.
VGA ke HDMI Converter

Jika Anda memiliki HDTV tanpa port VGA, Anda masih dapat menghubungkan peralatan VGA seperti komputer untuk menggunakan konverter VGA ke HDMI. VGA-to-HDMI converter seperti yang dibuat oleh dukungan atas Startech 1080p video high-definition dan memiliki manfaat tambahan termasuk konektor audio, yang berarti Anda dapat melakukan streaming suara video atau permainan langsung ke HDTV Anda juga. Kabel murah diakui dapat mengkonversi VGA ke HDMI tapi harus dilihat dengan skeptis. TV Anda membutuhkan sesuatu untuk mengubah sinyal analog VGA sebelum port HDMI digital dapat menggunakannya.

Referensi

MIT: VGA Video Output
HDMI.org: Pertanyaan yang Sering Diajukan
TheSmallest.com: DVI dan VGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice