Jika Anda pengguna Laptop merk tertentu dan dengan driver yang ada misalnya ada pada notebook Lenovo. Disana akan dijumpai ketika sudah menginstal software “Energy Management” namun Anda masih bingung untuk memilih mana yang seharusnya digunakan (tentant baterai) antara pilihan pertama “Maximum Battery Life” dimana baterai biasanya konstan di 60 % saat ditancapkan namun tidak membebankan lebih tinggi dari itu . Ia mengatakan 60 % tersedia ( terpasang , tidak pengisian ) di task bar, walaupun posisi charger saat itu sedang di colokkan.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini. Pilihan yang terlihat ada 2, antara lain :

  1. Maximum Battery Life (Maksimalkan Kehidupan Baterai): Mode ini memaksimalkan hidup baterai Anda .
  2. Optimized Battery Health (Mengoptimalkan Kesehatan Baterai) : Mode ini memberikan umur baterai terpanjang .

Kedua mode tersebut terdengar hampir tidak ada bedanya. Lantas mode yang mana merupakan pilihan terbaik untuk Anda? Atau mungkin itu tergantung pada bagaimana Anda menggunakan laptop ?

Pilihan pertama Memaksimalkan Kehidupan Batterai secara umum berarti Manajemen Energi akan mencoba untuk memanfaatkan waktu sebanyak mungkin saat laptop sedang berjalan pada baterai. Jadi intinya ketika Anda ingin menggunakan laptop hanya bersumber dari baterai, gunakan mode ini sampai (sebelumnya charge sampai 100% ) kemudian lepas batterai dan memungkinkan anda menggunakan laptop dalam waktu lebih lama.

mode baterai : Maximum Battery Life

Sedangkan pilihan kedua : Optimize Battery Health berarti Manajemen Energi membatasi daya baterai sampai 60 % sehingga umur atau daya tahan baterai lebih awet dalam jangka waktu yang lama . Pada dasarnya antara baterai terisi 100 % untuk jangka waktu lama itu benar-benar dapat mempersingkat masa pakai baterai . Itu berarti jika baterai dapat bertahan 5 jam dalam pemakaian normal ketika baru , baterai akan menurun agak cepat dari waktu ke waktu jika baterai selalu dijaga pada 100 %. Kondisi seperti ini erat hubungannya dengan bahan kimia baterai lithium bekerja. Poin penting mode ini adalah ketika menggunakan laptop misal untuk bermain game, nonton film, atau kegiatan banyak lainnya dalam kondisi baterai sedang di charge, gunakan mode “Optimize Battery Health

 

2 thoughts on “Perbedaan Maximum Battery Life vs Optimize Battery Health”

  1. Salam Kenal min. Saya mau tanya nih.. saya pake Lenovo Y410P. Sering bgt d pake biat game2 berat. Pertanyaannya. Klo saya main pake adaptor baterai (kondisi charge) game performanya bagus. tapi klo tidak sambil di cas game jadi lag alias patah2 bahkan load nya lama. Sarannya donk ya

  2. salam kenal juga gan. Itu sih gak masalah gan, pada kondisi default, ketika melepas charge, power plan otomatis ke power saver. Sedangkan untuk ngegame berat dibutuhkan mobile / high performance. Jadi hanya tinggal ke Energy Management / indikator batterai untuk memilih high performance lagi.

    dan pastikan juga gan apakah dedicated vga nya juga aktif saat main game berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice