Perbedaan Seri Laptop Dell Vostro dan Inspiron

Seri mana yang terbaik diantara laptop Dell? jawabannya adalah Dell Alienware series. Ini adalah gaming laptop tandingan jajaran Acer Predator, ASUS ROG, atau MSI Gaming. Tidak diragukan lagi. Sementara untuk jajaran laptop merk Dell yang paling sering kita temui adalah seri Vostro dan Inspiron. Apa perbedaan seri Laptop Dell Vostro dan Inspiron, simak ulasan kami.

Tentang DELL Inc.

Dell Inc. (dinamakan DELL) adalah perusahaan teknologi komputer multinasional yang berbasis di Round Rock, Texas, Amerika Serikat, dan bersama Dell EMC, merupakan anak perusahaan Dell Technologies, salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dengan 138.000 karyawan.

Dell memproduksi, menjual, memperbaiki, dan mendukung komputer pribadi (PC), server, perangkat penyimpanan data, switch jaringan, perangkat lunak komputer, periferal komputer, televisi definisi tinggi, kamera, printer, dan elektronik yang dibuat oleh produsen lain. Perusahaan ini terkenal akan inovasi dalam manajemen rantai pasokan dan e-commerce, terutama model penjualan langsung dan pendekatan “build-to-order” atau “configure to order” untuk pembuatan – memberikan PC individual yang dikonfigurasi sesuai spesifikasi pelanggan.

Dell diberi nama secara tidak sengaja setelah pendirinya, Michael Dell.

Dengan pangsa pasar 15,9%, Dell merupakan vendor PC terbesar ketiga di dunia pada kuartal pertama 2017, setelah Lenovo dan HP Inc. Pada kuartal pertama 2016, Dell merupakan produsen monitor komputer terbesar di dunia, dengan pangsa pasar 16,8%.

Beberapa Seri dari Dell

Dell memiliki segmentasi pasar yang berbeda-beda dan memberi nama produk mereka dengan nama yang berbeda pula. Diantaranya untuk kelas Bisnis (Business/corporate) dan Personal (Home Office/Consumer).

Seri business / corporate fokus pada life-cycles, reliability, dan serviceability termasuk:

  • OptiPlex (office desktop computer systems)
  • Dimension (home desktop computer systems)
  • Vostro (office/small business desktop and notebook systems)
  • n Series (desktop and notebook computers shipped with Linux or FreeDOS installed)
  • Latitude (business-focused notebooks)
  • Precision (workstation systems and high-performance notebooks),
  • PowerEdge (business servers)
  • PowerVault (direct-attach and network-attached storage)
  • Force10 (network switches)
  • PowerConnect (network switches)
  • Dell Compellent (storage area networks)
  • EqualLogic (enterprise class iSCSI SANs)
  • Dell Electronic Medical Records Solutions (EMR)

Sedangkan untuk home office / consumer fokus pada value (harga yang lebih murah) dengan performa maksimal, meliputi:

  • Inspiron (budget desktop and notebook computers)
  • XPS (high-end desktop and notebook computers)
  • Alienware (high-performance gaming systems)
  • Venue (Tablets Android / Windows)

Nah, fokus pada diskusi kita kali ini adalah pada laptop seri Vostro dan Inspiron. Kedua seri ini jelas berada pada kelas yang berbeda.

Vostro vs Inspiron

Perbedaan utama antara keduanya adalah segmen pasar mana yang ingin mereka layani. Vostro ditujukan untuk pasar usaha kecil sebagai platform komputasi yang terjangkau namun andal. Sebagai perbandingan, komputer Inspiron dipasarkan ke pengguna rumahan yang memiliki kebutuhan sangat berbeda.

Meski kedua lini memiliki banyak model untuk dipilih yang memberikan berbagai kemampuan pada berbagai titik harga, tetap saja ada kecenderungan umum.

Dell Vostro:

Seri Dell Vostro memberikan budget Laptop yang bagus dengan harga berkisar antara 8 sampai 20 juta. Laptop seri Dell Vostro hadir dengan Prosesor Intel dan biasanya memiliki versi Windows Home, Professional, atau Ultimate. Pilihan warna vostro adalah standar hitam, burgundy dan silver.

Dell Inspiron:

Dell meluncurkan seri ini pada tanggal 26 Juni 2007. Dell mengatakan bahwa seri ini ditujukan untuk pelajar dan pengguna rata-rata. Seri ini menyediakan Laptop yang memberikan performa dan juga terjangkau. Sebagian besar laptop seri ini berjalan pada prosesor berbasis AMD. Seri ini bagus untuk multimedia dan game. Perangkat high end dari seri ini memberikan performa seperti seri Dell XPS. Ada Laptop, Ultrabook dan desktop yang termasuk dalam kategori ini. Dell Inspiron memanfaatkan perkembangan teknologi laptop terbaru untuk memberikan kinerja luar biasa di semua komponen. Inspiron Series hadir dengan tambahan warna seperti pink, biru dan merah.

Detail:

  • Kebanyakan seri Inspiron hanya memiliki 1 slot RAM sedangkan Vostro memiliki 2 slot, ini artinya pengguna vostro akan lebih leluasa untuk upgrade performa laptop.
  • Seri Inspiron memiliki layar glossy sementara Vostro memiliki layar matte.

Nah, mana yang lebih baik?

Semuanya tergantung pada jenis penggunaan untuk laptop. Untuk menonton film selancar internet dan bermain normal sehari-hari, Anda bisa memilih Inspiron dan jika Anda perlu mengoperasikan aplikasi berat dan multitasking, Vostro adalah pilihan tepat.

Perlu diketahui, seiring perkembangan teknologi, perbedaan antara kedua seri nyaris mulai tak terlihat. Hal ini karena Dell telah berupaya mengoptimalkan setiap seri laptop atau PC milik mereka untuk bersaing dengan jajaran vendor lainnya.

 

Ayomaju.info

Mari Terus Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post