Perbedaan Startup dan Korporat

Advertisement

Mana yang lebih menyenangkan dalam bekerja, apakah di startup atau korporat? Mungkin kebanyakan orang menginginkan bekerja pada sebuah startup, namun disisi lain, bekerja pada sebuah perusahaan korporat yang mempunyai regulasi Multinational Corporation (MNC) saat ini lebih umum kita temui.

Baca juga : 3 Langkah Dalam Meraih Tujuan StartUp

Nampaknya akan nampak perbedaan yang cukup signifikan antara startup dan korporat, dimana seperti yang sering kita lihat, sebuah kantor perusahaan konvensional / korporat mengharuskan untuk berpakaian seperti jas formal, sisir rambut dengan rapi, sepatu hitam yang berkilau, dan masih banyak lagi, sementara startup tidak mengharuskan aturan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, ayomaju.info memberikan sebuah gambaran ilustrasi tentang perbedaan startup dan korporat (MNC).

1. Meeting.

diskusi dan meeting

Meeting Ala Startup vs Meeting Perusahaan Formal

Dalam kegiatan meeting atau berdiskusi memiliki cara yang berbeda. Perusahaan startup lebih pada sebuah pendekatan secara verbal dan terkesan santai tapi serius. Sedangkan pada perusahaan formal / konvensional / korporat lebih cenderung memperhatikan tata cara yang sudah menjadi tradisi sebuah perusahaan besar.

 

2. Fasilitas

tempat duduk

Tempat Duduk Ala StartUp vs Kursi Boss atau Karyawan Firma

Karena startup adalah bisnis yang mempunyai unsur seni, maka semua hal yang kaku akan dibuat semenarik mungkin dan menghilangkan kesan “boring”.

 

3. Penampilan

 

gaya rambut penampilan

Penampilan sesuai keinginan vs penampilan dengan kesan intelek


Advertisement

Startup merupakan bisnis yang fokus pada sebuah tujuan utama perusahaan itu sendiri, bukan untuk mengatur harus memiliki gaya rambut sesuai ketertiban perusahaan formal. Sebagai contoh kita melihat Steve Job waktu masih muda, ia hanya mengenakan pakaian seadanya.

 

4. Human Resource

skill dan ijasah

Kemampuan vs Ijazah

Startup membutuhkan skill seseorang untuk mengembankan bisnisnya tanpa harus terikat dengan sebuah ijazah terlebih dahulu. Sedangkan korporat memprioritaskan calon karyawannya memiliki sebuah nilai yang tertulis.

 

5. Sepatu

sepatu

Sepatu kesukaan vs sepatu kebanggaan

Bekerja seperti bermain? ya itulah perbedaan startup dari korporat, tak harus dengan sepatu formal untuk segala aktifitas produksinya.

 

6. Jadwal

pola kerja

Colorful vs black and white (kaku)

Startup tak terikat oleh waktu, namun terkadang perlu jadwal khusus. Sementara untuk korporat sudah jelas tertera kapan waktunya berangkat kerja dan kapan waktunya pulang.

 

7. Pesta

pestaKesuksesan yang dicapai dirayakan dengan cara yang berbeda, startup bisa diadakan pada sebuah tempat hiburan, wisata, atau dimana saja. Sedangkan korporat lebih memilih untuk merayakannya pada sebuah tempat mewah seperti hotel berbintang atau restoran berkelas.

 

 

Advertisement

Info Terkait

Updated: Mei 24, 2015 — 4:19 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme