Perbedaan Web Designer dan Developer

Advertisement

Resiko menjadi orang yang tiap hari berkutik di depan komputer, orang mengira semua hal bisa dilakukan. Padahal dunia it itu begitu banyak cabang, mulai dari basic sampai advance. Dan yang sering salah memahami tentang perbedaan web designer dan developer.

Kadang seorang web designer dimintai seseorang untuk membuat plugin, cms, atau aplikasi web, harusnya ke web developer. Meskipun terkadang ada yang bisa, tapi itu bukan bidangnya.

Lha, trus, apa perbedaan web design dengan web development?

Secara umum, bisa kita artikan web designer adalah orang yang bekerja menggunakan unsur visual dari basis yang sudah ada. Sementara web developer adalah orang yang bekerja membuat basis web itu sendiri. Keduaya saling membutuhkan untuk mengkombinasikan sebuah web interface.

web designer vs web developer

Web Designer vs Web Developer

Siapa yang lebih hebat designer atau developer?

Advertisement

Bisa dibilang seorangĀ web developer atau pengembang situs lebih hebat karena memiliki andil lebih besar. Pengembang bisa menjadi web developer sekaligus menjadi web designer, akan tetapi seorang web designer harus belajar lebih banyak lagi untuk menjadi seorang web developer.

Seorang pengembang harus menguasai bahasa pemrograman mulai dari yang paling dasar sampai yang paling rumit. Mulai dari clint-scripting, manipulasi object, server-scipting, mysql database, dan masih banyak lagi. Sedangkan web designer yang dibutuhkan hanya beberapa bahasa pemrograman ditambah dengan penerapan tampilan dan memastikan fungsi web bekerja semestinya. Namun yang pasti, web designer juga harus memiliki skill untuk mengaplikasikan seperti kode html, css, php, javascript ditambah dengan kemampuan menggunakan aplikasi graphic design seperti Photoshop, Corel, Lightroom, dll.

Poin nya adalah developer mengandalkan logic dan desingner mengandalkan kreatifitas. Kedua profesi tersebut akan menjadi lebih bernilai jika memiliki imajinasi tinggi untuk perkembangan website. Pernah ada pepatah dari orang yang tentu kita mengenalnya :

Imagination is more important than knowledge – Albert Einstein

(Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan)

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme