Pertama Kali Pemain Bola Pakai Kacamata adalah Indonesia

Advertisement

Ayomaju.info – Kacamata sangat berguna bagi mereka yang mengalami minus atau plus pada matanya. Bagi para pemain sepakbola saat ini, mereka lebih memilih untuk memakai softlens. Tapi tahukah Anda, dalam sejarah pemakai kacamata pertama kalinya dalam sepak bola adalah pemain timnas Indonesia bernama Achmad Nawir?

Achmad Nawir (Almarhum;) lahir tahun 1911, meninggal 1995, merupakan kapten Tim Nasional Indonesia (saat itu disebut Hindia Belanda) ketika bermain di Piala Dunia 1938. Nawir terpaksa memakai kacamata untuk membantu penglihatannya yang kurang jelas. Maklum saja, selain menjadi pesebakbola, beliau seorang berpendidikan yang memiliki gelar doktor. Serta profesinya adalah sebagai dokter.

Saat itu Nawir bermain untuk klub Houdt Braaf Stand Soerabaja (Surabaya). Fifa sebagai federasi sepakbola dunia akhirnya mengizinkan Nawir untuk memakai kacamata, dikarenakan beliau memberikan argumen yang bisa diterima.

Mengenai pemain sepak bola berkacamata, apakah Anda juga ingat pemain bola yang sangat terkenal dari Belanda bermain di Juventus di era 2000-an ? Ya, Edgar Davids juga memakai kacamata untuk bermain bola. Namun kacamata yang ia pakai sudah didesain sedemikian rupa dan tampak sporty. Sedangkan di era Nawir, tentu saja desain masih standar.

Advertisement
achmad nawir sepakbola pertama kacamata

Achmad Nawir pemain sepak bola pertama memakai kacamata – via BBC

Dalam turnamen Piala Dunia tersebut, Timnas Hindia Belanda yang dikapteni Nawir tersingkir setelah kandas 6-0 dari Hongaria. Dan uniknya lagi, kapten di Timnas Hongaria, György Sarosi, juga memiliki gelar doktor, sama seperti Nawir. Jadi hanya Nawir yang menjadi pemain satu-satunya yang pernah memakai kacamata di Piala Dunia kala itu.

Hindia Belanda ikut Piala Dunia secara otomatis karena lawan mereka; Jepang, mengundurkan diri dari babak kualifikasi.

Nawir dkk hanya bermain di dua pertandingan internasional, satu melawan Hungaria di Piala Dunia dan melawan Belanda pada partai persahabatan. Belanda membantai 9-2. Pertandingan ini merupakan pertandingan internasional terakhir untuk Hindia Belanda, dan akhirnya menjadi bangsa Indonesia merdeka pada tahun 1945.

(mamad/ayomaju.info/ref:bbc/wiki)

 

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme