Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Laptop

Sumber : Prof. Njeblug di Blognjeblug.blogspot.com  Membeli laptop atau notebook adalah tinggal memilih merk dan spek saja bagi yang udah paham tentang dunia komputer. Tapi kalo memang belum paham betul laptop seperti apa yang akan dibeli agar tidak menyesal di kemudian hari.

Pertanyaan yang umum,
1. Budget
Berapa duit yang sampeyan punya? 3 juta? 10 juta? 50 juta? ini sangat penting dan paling menentukan. Soalnya kalo udah punya uang banyak mending beli yang top markotop alias good marsogut semisal Dell Alienware atau Asus ROG ( Republic Of Gamers ) harga kisaran 20 – 30 jutaan. Buat apa aja jadi seperti bermain game kelas berat, video studio, graphic, dan semuanya ok.

2. Kegunaan
Siapa Anda anda dan untuk apa laptop anda gunakan?
– Kuliah dan perkantoran membutuhkan notebook untuk membantu pekerjaan atau tugas yang mempunyai mobilitas tinggi, tidak diperlukan spesifikasi seperti proccesor i7 atau vga Nvidia Geforce GTX. Yang dibutuhkan adalah daya tahan baterai, ram, dan bobot yang tidak begitu berat. Jadi dengan budget sekitar 3 jutaan saja sampeyan bisa punya laptop untuk mendukung pekerjaan anda. Selain notebook atau laptop yang lumayan berat sekitar 2 kiloan, anda bisa memilih Slimbook atau Slim Notebook ( Pengganti netbook yang saat ini sudah di discontinue ).

Slimbook ini sangat efektif dengan berat sekitar 1 kiloan ( tanpa ada DVD drive / room ). Untuk sekedar Microsoft Office, winamp, multimedia, dan Photoshop atau Corel Draw juga sudah bisa dengan lancar. Pengalaman ini saya sendiri yang nyoba setelah membelikan adik saya untuk kuliah yaitu Asus X201 dengan processor Intel Celeron terbaru degan RAM sudah 4 GB, vga intel yang saat itu ketika dollar masih murah saya beli dengan harga terbilang murah tidak sampai 3 juta yakni Rp 2.890.000, sampai sekarang adik saya nggak pernah komplain mengenai performa justru temen – temennya malah pengen ganti slimbook karena desaignnya tipis dengan layar 11″, stylist, dan ringan.

-Kuliah, kerja dan suka multimedia, mungkin membutuhkan spek yang agak lumayan tinggi. Kalau punya duit banyak ya ikutin poin 1, tapi kalau memilih secara bijak pilihlah saja yang sekiranya yang anda butuhkan saat ini dan dimasa mendatang. Misalkan anda beli saat ini untuk belajar Photoshop, Corel, dan mulai memikirkan untuk Autocad, Solidwork, 3DsMax, dan aplikasi lain yang cukup memadai, siapkan dana sekitar 5 – 7 jutaan syukur bisa sampai 12 juta untuk membeli Aple Macbook.

Intel dan AMD, kedua vendor ini bersaing. Jika anda menginkan spek lumayan tinggi dan harga terjangkau maka pilihlah AMD, jika ragu Intel adalah favoritnya. Usahakan Spek minimal seperti ini:
Processor : Intel core i5
Ram : 4GB
VGA : Nvidia Geforce 610 ( ini yang bikin lapton jadi mahal banget tapi fungsinya anda akan tahu setelah anda memakainya )

Vga sendiri ada Geforce ada juga AMD, untuk lihat lebih detailnya di notebookchek.net
Harga untuk spek diatas sekitar 8 jutaan untuk merk Sony, Toshiba. Untuk merk Dell, Asus sekitar 7 jutaan, sedangkan Acer, Hp dan Lenovo sekitar 6 jutaan.

Tak masalah membeli yang paling murah, soalnya brand diatas udah tak diragukan lagi kualitasnya. Saya tidak menyarankan anda untuk membeli spek diatas yang lebih murah lagi seperti Axioo, Force, Advan dlsb.

Saya sendiri telah mencoba dengan membeli Lenovo G480 core i5, 4GB ram, Vga Nvidia GeForce 610 1GB, udah lumayan mantab kondisi masih ok banget. Saat itu saya beli bulan Januari 2012 sampai saat ini saya gunakan untuk nulis artikel ini ga ada masalah sama sekali. Autocad OK, 3DsMax ok, Photoshop n Corel sangat ok. Dan bukannya kadang lagi, tapi sering saya gunakan untuk nge game seperti Call Of Duty dengan kualitas ok dan game favorit saya PES sangat lancar dan saya makai sampai 7 jam juga nggak masalah.

Dari situ temen – temen ane juga pada ngikutin beli Lenovo, padahal nyong dudu sales tapi wes ono wong 3 sing kon ngeter tukakke lenovo dengan budget 4 juta pas (i3, 2GB ram, vga intel), 5 juta (i5, 4GB ram, Vga GeForce 610 1 GB), 6 juta (i5, 4GB ram, Vga AMD serinya lupa 2GB). Dan Prof. Njeblug bilang kalau Lenovo Spek tinggi, harga miring, kualitas ok. Meskipun kita tahu Lenovo Made in China, tapi sebenarnya Lenovo adalah vendor legendaris yang dulunya IBM perusahaan komputer yang sangat terkenal tahun 90an.

Tapi kalau anda masih ragu, selagi duit ada ga jadi masalah untuk memilih merk dan spek yang lain.
Dan kalau belum yakin dengan prof. njeblu, silakan nyari lagi di google untuk mencari referensi cara memilih lapton yang bagus.

Bagikan jika Anda suka

6 pemikiran pada “Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Laptop

  1. Mas Admin,

    Saya mau tanya untuk LENOVO IdeaPad S20-30 786 – Black dan ASUS Notebook X200MA-BING-KX575B – Pink. Kelebihan dan kekurangan masing2 laptop apa ya? Lalu untuk windows, saya baca ada win 8.1 atau win 8.1 BING, bedanya apa ya? Sori saya sudah gk lama update ^^a. Serta apa sudah include dengan office?
    Thanks

    • Saya sudah tes seri notebook slim x series, performa cukup untuk sekedar menjalankan office, namum kurang baik dalam grafis, misalnya dalam menjalankan flash (contoh game poker/billiard di facebook). terkadang kalau lagi browsing, musti agak bersabar dan jangan kebanyakan multitasking.
      Sementara Lenovo saya belum merasakan secara langsung.
      Soal masalah windows dan office diatas, maaf saya belum mengikuti perkembangan infonya.

  2. gan mau nanya. Saya ada dana 4jt pas. Refrensinya dong yang cocok buat kebutuhan kuliah desainer saya yg selalu pake autocad 3d dan sejenisnya. Trima kasih

  3. Menurut agan, hp an002ax dg vga 2Gb tsb apakah oke kalau utk desain grafis, animator 3D dan software diaz3D pembuat game 3D? Walau niat cari lebih murah spt an004au atau af118au. Suka HP prosesor AMD, hp banyak service center juga cpt responnya dan amd lbh mudah utk cari upgradenya.. menurut agan?
    Makasih

Tinggalkan komentar