Pilih Kamera Dslr atau Mirrorless Mana yang Lebih Bagus

Advertisement

Langsung ke jawaban :

Sama-sama bagus, hanya tergantung si pemaikainya saja.

Ulasan :

fotografer menantang tentara fotografer cantik

DSLR merupakan kamera yang punya body bongsor, awalnya kamera ini dikenal sebagai kamera untuk seorang fotografer professional, akan tetapi seiring perkembangan zaman, kamera DSLR sudah dipakai oleh siapa saja. Fitur cukup lengkap, karena kamera Digital Single Lens Reflector memiliki beberapa seri yang disesuaikan untuk pengguna mulai dari entry level ( pengguna yang masih awam ), medium ( amatir ), semi-pro, dan pofesional. Design DSLR sama dengan kamera Film 35mm SLR.

Single Lens Reflector adalah bekerja dengan cermin atau mirror hanya sebatas untuk memantulkan cahaya yang masuk melalui lensa sehingga bisa dilihat melalui viewfinder kamera.

Mirrorless (tanpa cermin) hadir sebagai pengembangan  DSLR. Fungsi Prisma dan Cermin untuk membidik objek ditiadakan dan digantikan dengan adanya LCD Viewfinder pada beberapa jenis kamera mirrorless. Gambar yang masuk melalui lensa akan langsung ditangakap oleh sensor dan ditampilkan di Viewfinder Electronic (EVF) atau LCD panel yang ada di belakang lensa. Dengan teknologi seperti ini Body kamera bisa dibuat jauh lebih kecil dibanding DSLR.

 

Kelebihan Kamera DSLR dibanding Kamera Mirrorless

Previewing Images

DSLR menampilkan view yang sama dengan hasil capture dan tidak ada delay pada saat kita melihat melalui Viewfinder. untuk Foto Lowlight Viewfinder DSLR lebih akurat dibanding dengan Mirrorless yang menggunakan EVF(Electronic ViewFinder).

Ketahanan Baterai (DLSR Win)

DSLR unggul dalam hal ketahanan baterai mengingat DSLR bisa mengambil gambar tanpa LCD dinyalakan. Nikon D5300 bisa tahan 600 jepretan sedang A6000 sekitar 360 jepretan.

 

Kekurangan Kamera DSLR dibandingkan dengan Mirrorless

Ukuran dan Berat

Secara umum DSLR lebih berat dan lebih besar dibanding dengan Mirrroless. ukuran DSLR yang lebih besar 5-7cm dibanding Mirrorless, cukup mengganggu jika dibawa untuk Traveling. SLR juga lebih tebal 4-6cm dibanding Mirrorless. sebagai contoh Sony A6000 ketebalannya hanya 4.75cm dan beratnya tidak sampai 500gram (sudah berikut lensa). Bagi pengguna kamera yang sering bepergian Mirrorless merupakan pilihan terbaik saat ini.

Advertisement

Kualitas Video

Saat ini video menjadi trand, dimana untuk mendapatkan focus yang cepat, teknologi Phase detection adalah jawabannya. Namun ketika merekam Video. Mirro DSLR akan bergerak naik dan DSLR tidak bisa menggunakan Phase Detection untuk autofocusnya. disinilah keunggulan kamera-kamera Mirrorless (kecuali DSLR Canon 70D yang memiliki teknologi mirip Mirrorless).

 

Persamaan DSLR dan Mirrorless

Autofocus Speed

Sebelumnya DSLR memiliki keunggulan dari sisi Autofocus yang lebih cepat karena memiliki teknologi Phase Detection sedangkan pada Mirrorless hanya Contrast Detection. Namun saat ini Mirrorless memiliki teknologi yang sama dengan DSLR. Jadi dilihat dari sisi Kecepatan Autofocus secara umum DSLR sama dengan Mirrorless.

Image Stabilization

Tangan yang bergetar saat pegang kamera bisa membuat hasil foto Blur dan blur akan diperparah jika menggunakan Lensa Tele yang lebih jauh. Terutama jika menggunkan kamera di Kondisi Kurang cahaya dan harus memperlambat shutter speed. Baik DSLR maupun Mirrorless memiliki Teknologi ini untuk mengurangi Getaran sehingga hasil gambar tidak blur.

Kwalitas Gambar

jika dibandingkan dengan Kamera satu Class baik di DLSR maupun di Mirrorless, semua memiliki kwalitas yang baik. Hal ini disebabkan kamera mirrorless dan DSLR menggunakan ukuran sensor yang sama besar. pada prinsipnya jika Sensor kamera kecil maka kemampuan menangkap cahaya lebih sedikit sehingga kwalitas gambar akan turun, noise akan lebih tinggi, dan kemampuan kamera di keadaan kurang cahaya tidak akan baik. Meski demikian kamera seperti Fujifilm dianggap memiliki kemampuan lowlight yang jauh lebih baik dibanding dengan DSLR sekelas nya.

 

Speed

Kemampuan Continuous Shot baik di DSLR maupun di Mirrorless sudah cukup mumpuni. Namun karena ada hambatan mekanik untuk membuka Mirror makan bagaimanapun juga Continuous Shot Mirrorless bisa jauh lebih cepat. Nikon D5300 hanya mampu capture 5fps sedangkan A6000 bisa 11FPS.

 

Kesimpulan

Kamera Mirrorless memiliki keunggulan ukurannya yang compact, ringan, cepat dan lebih unggul untuk Video. Namun lebih mahal dan dukungan lensa dan assesori yang masih minim. DSLR memiliki keunggulan dari ragam lensa yang bisa dipilih, optical viewfinder, baterai lebih tahan lama, namun bentuknya yang besar, lebih berat dan komplek membuat orang berfikir ulang untuk memiliki DSLR saat ini.

Mirrorless lebih cocok untuk penggunaan Casual sampai ke fotografer semi-serious yang membutuhkan kamera yang simple dan bisa dibawa setiap saat. Sementara bagi yang ingin terlihat lebih ‘greget’ (itu hak pengguna), kamera DSLR merupakan aksesoris yang sangat digemari ketika mengambil foto di manapun juga walaupun sedikit kerepotan.

(hrz/adt/ref:megacamera)

Advertisement

Info Terkait

Updated: September 8, 2015 — 2:14 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme