Pilih mana, LED Monitor atau LED TV?

Pada jaman dulu menggunakan televisi berlayar datar dari tv tabung (crt) aja sudah bagus, apalagi menggunakan LCD untuk menonton sebuah televisi. Namun sekarang hampir semua produk televisi atau monitor menawarkan produk mereka dengan bentuk layar tipis yang terkesan mewah dan harganyapun saat ini sudah mulai terjangkau.

LCD/LED TV jauh lebih baik daripada monitor/tv tabung, seperti pada resolusi yang disajikan, daya listrik yang lebih kecil yang membuat lcd/led jauh lebih hemat dalam penggunaan watt.

LCD ( liquid Crystal Display ) berbahan dasar kristal cair yang menjadi komponen utama pada layar tampilan. Ketika disentung menggunakan kuku maka akan terlihat pecahan pixel seperti gelombang air kecil. Tiap titik cahaya (piksel) adalah satu kristal, semakin banyak titik pada layar maka semakin baik tampilanya. Misalkan 2 buah lcd sama-sama berukuran 20 inch, lcd yang mempunyai 1600×900 piksel akan lebih mahal daripada yang berresolusi 1360 x 768 pixel.

LED TV adalah sebuah pengembangan dari LCD TV dimana letak perbedaannya pada cayaha yang digunakan. Jika LCD menggunakan cahaya neon untuk membiaskan pada kristal cair, maka LED TV menggunakan cahaya LED (Light Emitting Diode) yang lebih hemat energy daripada layar lcd.

Harga LED yang bagus harganya jauh daripada LCD. Kemampuan LED (full array) mempunyai sudut kemiringan pandangan yang lebih baik. Ketika akan membeli LED dengan harga murah bahkan hampir sama dengan harga LCD, bisa dipastikan bahwa produk tersebut adalah Edge-lit LED atau bahasa mudahnya semi LED. Jadi layar utamanya adalah LCD dengan cahaya LED ditaruh di bagian keliling layar. Ketika melihat dari sudut kemiringan samping, atas atau bawah akan sedikit terlihat berbeda. Lain halnya dengan LED TV (full array) yang menempatkan cahayanya dibelakang layar.

LED Monitor vs LED TV

Tergantung kebutuhan anda untuk memilih mana yang lebih cocok diantara kedua produk tersebut. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. LED Monitor (biasanya dipakai untuk pc). Bagi anda yang suka mengerjakan tugas misalnya mengetik, design, atau sekedar browsing lebih baik memilih LED monitor. Meskipun LED TV ada yang support vga untuk dicolokkan ke PC, namun LED Monitor lebih nyaman di mata ketika berada pada jarak dekat misalnya 50 cm apalagi dengan resolusi yang besar.

Berdasarkan merk terbaik :

  • Acer
  • Asus
  • Sony
  • Dell

2. LED TV. Bagi anda yang lebih mementingkan harga yang lebih murah dan simple karena tanpa menggunakan TV Tuner (200 ribuan) untuk menonton acara televisi lebih baik membeli LED TV.

Berdasarkan Merk terbaik

  • LG
  • Samsung
  • Sharp
  • Sony

Tinggal pilih mana yang lebih cocok, semoga membantu.

Ilustrasi LCD/LED
Ilustrasi LCD/LED
Bagikan jika Anda suka

Tinggalkan komentar