Pilih Mana Smartphone Xiaomi atau Asus Zenfone?

Merk yang mungkin tergolong baru dibandingkan dengan beberapa brand seperti Nokia, Samsung, dan Sony. Akan tetapi keberadaan kedua smartphone ini sanggup menyita perhatian pasar dengan kemampuan ekstra dan harga yang murah. Soal kualitas hape terbaik, pilih mana smartphone Xiaomi atau Asus Zenfone?

Berikut ini saya jabarkan tentang pengalaman kami di setelah bolak-balik nge-cek dan menggunakan beberapa type smartphone Android Xiaomi Redmi dan Asus Zenfone.

Baca juga:ย Kualitas Hp Android Merk Samsung vs Sony, bagus mana?

1. Body

Ditinjau dari segi fisik, Xiaomi nampaknya lebih elegan. Baik Xiaomi Redmi1, Xiaomi Redmi2, Xiaomi Redmi Note terkesan seperti handphone 3 juta keatas ( sekilas mirip Sony Xperia ). Sementara untuk Asus Zenfone 4, Zenfone 4s, Zenfone C, Zenfone 5, Zenfone 6 dan Zenfone 2 terbilang biasa saja.

Asus Zenfone 2 vs Xiaomi Mi Note
Asus Zenfone 2 vs Xiaomi Mi Note

Meskipun begitu, body hanya sesuai selera saja. Tak masalah mengenai poin ini, karena tiap orang mempunyai penilaian masing-masing.

2. Layar

Agak susah untuk membedakannya, kedua layar smartphone ini semuanya sudah menggunakan lcd terbaru. Namun perbedaan akan terlihat ketika di luar ruangan siang hari, disinilah kelebihan xiaomi yang dapat dengan mudah dilihat dibanding asus zenfone yang mempunyai kecerahan layar terbatas.

Sementara keluhan lainnya tidak ada, bahkan salah satu ponsel Asus Zenfone kita coba dengan menggoreskan benda tajam tanpa memakai pelindung layar, kondisinya tetap halus dan tidak meninggalkan bekas goresan. Untuk Xiaomi, kita belum coba.

3. Kamera

Xiaomi dan Asus mempunyai keunggulan dan kelemahan masing masing :

Kelebihan kamera Xiaomi dibanding Asus Zenfone

-Hasil kamera lebih tajam, sebagai contoh kamera dengan 8MP xiaomi mempunyai detil yang lebih baik daripada Asus Zenfone 8MP dengan Pixelmasternya. Kamera Asus Zenfone masih saja susah untuk mengambil foto tanpa adanya noise yang lumayan mengganggu, terutama ketika mengambil foto kurang cahaya.

Sample fot Xiaomi Redmi
Sample foto Xiaomi Redmi

Kekurangan kamera Xiaomi dibanding Asus Zenfone

-Dalam beberapa kasus, saya temukan sebuah distorsi foto. Sekilas hasil kamera tidak ada yang aneh pada Xiaomi yang saya coba, akan tetapi jika diperhatikan lebih teliti, gambar terlihat miring disebelah sisi kanan/ kiri. Ntah ini ada di satu dari beberapa banyak unit, atau mungkinkah ini kelemahan dari vendor China tersebut. Sementara Asus asal Taiwan ini memiliki hasil jepretan yang standar.

sample foto asus zenfone 4s
sample foto asus zenfone 4s

Dari semua keunggulan dan kelemahan masing-masing, semuanya tergantung pada pengguna. Ingat kata pepatah photographer, hasil foto ditentukan oleh fotografer itu sendiri. “The Man Behind The Gun”.

4. Performa

Tergantung seri mana, Xiaomi Redmi, Redmi 2, Redmi 3, Redmi 4i, Redmi Note, semua nya punya perbedaan signifikan dalam kecepatan processor, gpu, ram dan sebagainya. Sementara Asus Zenfone dengan Intel Processor disokong dengan komponen lainnya membuat persaingan keduanya sangat ketat.

Jadi soal performa, harus dilakukan perbandingan secara one by one dengan kisaran harga yang sama.

5. Sensor

Sensor nampaknya Xiaomi tidak lebih baik daripada Zenfone. Akurasi smartphone buatan Asus ini sangat baik, sementara Xiaomi ada beberapa sedikit ketika digunakan misalnya untuk gps, test sensor dan signal strength.

6. Value for Money

Xiaomi menjual dengan harga yang murah, akan tetapi spesifikasinya tidak murahan. Sama halnya dengan Asus Zenfone harga miring tapi performa bisa lebih baik dengan smartphone bermerk lainnya yang dibanderol dengan harga tinggi.

Saya katakan kedua merk ini memang worth atau bisa dibilang dengan harga pas-pasan dapet smartphone spek ok. So, sekarang Anda sendiri yang menentukan pilih mana Smartphone Xiaomi atau Asus Zenfone?

Update: Februari 2017

Dalam catatan: saya tidak dibayar oleh kedua vendor, tapi inilah yang saya dapatkan dari beberapa ponsel yang telah saya gunakan sendiri dan sharing bareng temen (pemilik konter)

*Lha iyo, nek dibayar jenenge promosi, dudu review dab!

Zenfone Go 5.5 vs Xiaomi redmi 3

Sejak zenfone 4 sampai zenfone 2 – laser – go – dan zenfone 3, sangat cocok untuk kebutuhan multitasking. Sangat mendukung untuk pekerjaan kantor, atau seperti saya ini yang sering mengumpulkan banyak bahan postingan untuk website. Bahkan, untuk tethering tidak mengalami masalah 24 jam nonstop di jaringan 4G Telkomsel sampai kecepatan 25 mbps. Namun sayangnya, untuk memainkan game, sekali hang, sering banget tidak bisa diapa-apakan. Hh harus dimatikan dan dihidupkan lagi. Dan satu lagi, pengaturan layar zenfone menurut saya terlalu terang untuk dibaca di tempat gelap walaupun sudah diset paling gelap.

Sedangkan Xiaomi mulai dari awal sampai yang baru dirilis, rasanya lebih cocok untuk kegiatan sosial media dan bermain game, serta untuk fotografi yang lebih bagus. Namun sayangnya, saya melihat sendiri tidak hanya satu atau dua unit smartphone Xiaomi mengalami kerusakan hardware dalam waktu 6 bulan sampai 2 tahun, seperti charger mulai nggak masuk, pembaruan yang banyak error, touch screen mulai tidak responsif dan mudah pecah jika terjatuh.

Anda punya pengalaman sendiri? bagikan di kolom komentar ๐Ÿ™‚

98 Comments

        • Co Review

          ASUS mudah panas karena disokong oleh cpu buatan Intel. Namun, ASUS sudah memberikan beberapa solusi diantaranya mengeluarkan produknya yang non-INTEL. Soal overheat juga bisa dipengaruhi hardware yang terlampau berat, artinya bisa saja hp tsb sedang mengerjakan tugas yg terus menerus dengan intensitas yang tinggi, umumnya karena RAM juga tidak memadai. Selain itu dpt disebabkan karena adanya kesalahan penggunaan sperti digunakan untuk bermain saat di charge atapun arus daya charge yang tidak sesuai. Atau ada masalah dengan hardware smartphone tsb. ASUS menyokong smartphonenya dengan Intel terkait inovasinya sendiri. Entah apa itu inovasinya. Namun, produk Intel cenderung tidak mudah dipalsukan. Cek saja deretan smartphone ASUS yang dipalsukan, mayoritas tidak menggunakan Intel terkait harga dan sulitnya meniru produk tsb.

    • Co Review

      Menguning saat tahap apa? Apabila menguning saat proses pengambilan, saya rasa pengaruh mode/settingan bisa saja iso. Apabila menguning saat hasilnya/hasil foto menguning bisa saja karena pencahayaan yang kurang baik.

  • nurhasanah

    haduh aku lagi nyari hp nih pengen asus laser 2 tapi pas liat hasil kamera nya bagusan xiaomi. tapi aku kurang suka sama produk cina. gimana ya ?

    • Ayomaju.info

      Kedua produk punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Teman-teman kami pemakai asus atau xiaomi, sama-sama puas, asal pemakaian wajar, awet sampai sekarang ๐Ÿ™‚

  • aries bandung

    waduh, xiaomi sama asus lebih awet mana n gampang rusak mana ya kalau pemakaian wajar,,,
    merk china kan dah terkenal gampang rusak.

    • Ayomaju.info

      Sampai saat ini, berjalan dua tahun beberapa produk smartphone dari xiaomi cukup memuaskan. Jauh lebih baik dari beberapa hp china dan lokal lainnya.

    • Co Review

      Kalo awet mana menurut saya tergantung penggunaan. Secara spesifik, Asus lebih meungguli Xiaomi terkait karena mereka sudah cukup lama berada dalam pasar IT. Dikenal tidak main main soal QC di banyak produknya. Xiaomi unggul dalam hal budget, terbilang cukup untuk spesifikasi tinggi namun harga murah. Namun pepatah tak salah, Ada Harga Ada Barang – Ada Harga Ada Kualitas. Yang artinya harga dapat berpengaruh pada kualitas suatu produk. Banyak kasus layar lcd pecah karena di gores/jatuh, itu wajar karena namanya juga lcd, bukan oled/amoled. Rata rata juga lcd pecah karena kesalahan diri sendiri yang tidak menjaga device tsb.

    • Co Review

      Tergantung pada anda mencari after servicenya atau spesifikasinya. After service artinya pelayanan service center. Saya sarankan untuk memilih ASUS karena jangkauannya hampir di seluruh Indonesia. Soal spesifikasi tinggi harga murah, saya sarankan Xiaomi, namun jangan kaget karena distributor Xiaomi hanya ada 1 yang resmi di Indonesia (bisa di check di internet), selain itu sisanya hanyalah distributor non-resminya Xiaomi, persebaran service centernya pun tidak merata, hanya di kota besar (beberapa kota saja). Soal mobilitas, saya sarankan ASUS, bentuknya yg melonjong membuat lebih nyaman digenggam, selain itu cukup ringan. Ketimbang Xiaomi yang terasa berat dan lebih tebal. Soal sparepart, saya rasa cukup prefer ke ASUS lagi, mengapa? Harga beli hpnya memang sedikit lebih mahal, namun menunjang pembelian sparepart yg jauh lebih murah dikemudian hari, selain itu servicenya pun cukup cepat karena barangnya sudah ada d gudang. Ketimbang Xiaomi yg dirasa cukup menggigit jari harga sparepartnya untuk hp yg cukup murah di awal, apalagi kalau sparepartnya indent, bisa 3-30hari nunggunya.
      Prefer: ASUS (primary), Xiaomi (secondary)

    • Ayomaju.info

      Hasil kamera dan touchscreen Redmi Note 3 sedikit lebih baik. Kalau kemampuan buat nge-game dan multi-tasking, keduanya nyaris sama. Design, cuman selera saja. Hmmm… apa lagi ya… overal, redmi note 3 sedikit diatas ze550kl, tapi nano-sim card kurang disukai.

  • Ria Devita Pinem

    Gan, maaf nanya gan, saat ini saya memakai Asus Zenfone 2 ZE551ML dimana RAM 4GB dan Internal 64GB, masalahnya sering panas dan touchscreennya suka ga konek, padahal baru 10 bulan saya beli gan. Nah.. sekarang saya mau ganti ke Xiaomi, menurut agan Xiaomi tipe mana yang spek nya sama ataupun diatas hp saya saat ini.. Mohon infonya ya gan..Thx.

    • Ayomaju.info

      Coba firmware zenfone-nya diupdate, siapa tahu masalahnya jadi ilang.

      Sementara kalau pengen ganti Xiaomi, saya belum mencoba secara langsung untuk yang ram 4GB keatas.

    • Co Review

      Kebetulan saya juga pernah menggunakan yang 4GB, saya sarankan anda hapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan sama sekali, selain itu mengaktifkan power saving bawaan asus. Untuk touchscreennya coba gunakan aplikasi untuk mengecek apakah ada bad sector, kalau ada coba bawa ke service center, kurang dari 14 hari sudah selesai. Atau biasanya karena digunakan untuk aplikasi yang terlampau berat. Usahakan untuk clean ram sebelum membuka aplikasi supaya lebih fokus ke app tsb. Dan bisa saja karena faktor penggunaan yang dilewat batas atau pernah jatuh dan mengenai titik fital.

    • rury

      kalau menurut saya yang mana aja bisa. baik asus atau xiaomi masing masing punya kelebihan atau ke unggulan. saya sendiri juga bingung kalau memilih antara keduannya. jadi saya tanya ke salah satu saudara yang mengerti tentang mesin hp dan kebetulan teknisi hp.

      xiaomi belum sering menemukan keluhan rusak karena xiaomi termasuk belum lama di luncurkan tidak selerti asus yg jauh lebih lama ketimbang xiaomi.

      sperpart xiaomi di kabarkan jauh lebih mahal di bandingkan asus. dan banyak yg beranggapan ketika xiaomi mendapat keluhan rusak ya sulit di kembalikan seperti awal.
      jadi saya dapat saran untuk memilih asus karena asus sudah teruji dan di ketahui keluhan saat rusak dan bisa di tangani dengan lancar. sedangkan xiaomi belum terlalu di ketahui keluhan rusaknya dan penanganannya.

      jadi sekarang saya memilih asus katika xiaomi sudah benar benar di ketahui apakah penanganannya ketika rusak itu sulit atau mudah baru ambil keputusan untuk ganti ke xiaomi atau tetap di asus.

      intinya coba satu satu hahahahahaha

    • Co Review

      Kalau terkait hal ini, ada beberapa faktor yang mempengaruhi.
      1. Kondisi penggunaan
      2. Kondisi cuaca (kelembapan, suhu, dsb)
      3. Usia device
      4. Perawatan
      5. Built Quality

      Sesuai dengan beberapa comment yang sertakan dalam artikel ini, bahwa brand quality/built quality/QC itu berpangaruh terhadap produk setelah masa konsumsinya atau nilai gunanya dihabiskan. Banyak orang yang tertarik dengan spesifikasi tinggi, namun juga mencari yang harganya relatif murah. Harga dapat mempengaruhi sparepart yang digunakan. Bisa saja smartphone rusak karena adanya pemalsuan di beberapa sparepart karena pembelian bukan melalui distributor resmi yang dipercayakan brand untuk share atau melakukan distribusi ke negara yang dituju. Apalagi kini banyak beredar barang rekondisi/refurbish, parahnya ada juga yang copy/palsu. Sekedar mengingatkan soal barang BM, BM itu ada beberapa kategori. Pertama BM-Original Manufactur atau barang original dari pabrik resmi/distributor resmi dari suatu negara namun dibawa ke ke negara tujuan tanpa ada biaya cukai dan tanpa surat resmi (biasanya disertakan garansi distributor tertentu yg bukan distributor resmi brand tsb). Kedua BM-RefurbishManufactur, seperti kondisi pertama hanya saja barang tsb adalah barang rekondisi dari negara lain atau dari negara tempat pembeli berada, tindakan refurbish ada 2, resmi dan non-resmi, resmi dilakukan oleh pihak distributor terdata karena barang tsb adalah produk yg ditukar karena garansi/asuransi umumnya, non-resmi adalah rekondisi yg dilakukan oleh perorangan atau bukan mengatasnamakan/dipercayai oleh suatu perusahaan distributor/service/asuransi, umumnya non-resmi adalah ilegal. Yg terkahir adalah BM-CopyManufactur, atau barang bm yg merupakan produk imitasi atau copy, jelas yg namanya meniru atau mengimitasi produk orang lain tanpa seijin pemilik produk adalah ilegal.

      Pastikan selalu membeli produk original dan dari distibutor resmi yang dipercayakan brand tsb. Itu untuk menghindari adanya suatu permasalahan di kemudian hari.

      *mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang tepat atau salah

  • Dewinta

    Gan, saya bingung nih mau ganti hp antara Xiaomi redmi note 3 (3Gb) atau Asus zenfone 2 ZE551ML (4Gb)… Boleh minta sarannya lebih baik yg mana yaaah gan…?0:)

    • Co Review

      Keduanya bagus, hanya saja disesuaikan dengan budget.

      Pastikan untuk membeli produk melalui distributor resmi yang dipercayakan oleh brand terkait.

      Untuk Asus: Datacsript, Synnex Metrodata, MyIconTechnology (Synnex Metrodata Group), TAM/Erajaya
      Untuk Xiaomi: TAM/Erajaya, Trikomsel

      Diluar itu bisa dikatakan distributor non-resm dari produk terkait.
      Hal itu untuk mengurangi resiko keluhan produk.

  • Anonim

    Ane sih lebih milih asus lah… walau sedikit lebih mahal dari xiaomi, tapi bug saat updatenya sangan sedikit…. coba xiaomi update sistem bukannya meningkatkan performa, malah 4G nya menghilang,, kualitas kamera menurun,,, fingerprint error. Dll. Ane awalnya pake asus zenfone 2 laser karna ram nya cuman 2 GB jadi ane beli hp xiaomi RENO 3 eh dapet pembaruan ane update malah banyak bugs nya.. mending beli asus zenfone 3 ๐Ÿ™

    • Juan

      Asus lebih baik. Tapi lebih baik lagi punya Samsung dan Apple.
      Entah mengapa GPS Asus saat membuka GMaps sedikit bergeser posisinya dari seharusnya. Apa memang karena sistem Anti-Spy atau gimana. Tapi jujur saja bagi saya, ini cukup melindungi dari kejahatan yang memanfaatkan GPS.

  • dian

    minta sarannya donk..antra Asus Zenfone 2 2Gb apa zenfone selfie… katanya kalo prosesor intel cepat panas.. dan zenfone selfie pakai snapdragon..bagusan mna untuk prosesornya..terus ada yg bilang kalo asus hasil ftonya pecah…kalo xiomi gimana.?? bagusan mna sbnrnyaaa.. mhon srannya

  • DKeresna

    Min saya bingung nih mau ganti hp asus Zenfone Max atau xiaomi Resmi Note 3 untuk kekuatan batterynya kuatan mana? Buat nge game dan hasil fotonya bagus mana ya gan? mohon dibantu gan
    Trims:)

    • Rz

      Sama ya pemikiran kita.. Asus zen max n mi note 3 pro… Klw asusny zen max 2016 lebih galau lagi… Klw d anttutu asus 40000 xiaomi 70000.
      Baterai besar asus.. Body metal note3.. Klw 2016 asus max.. Udh octacore..ane jg bingung… Kmaren hbs ke erafone pegang2 tu barang.. Asli galawwww…

    • Anggi

      Tergantung Xiaomi tipe yg apa…
      Contohnya seperti ini
      Kalau yg diunggulkan main games pilih Xiaomi redmi Note 3 Pro aja
      Kalau gamenya gk terlalu penting bisa ambil Asus karena Asus lebih nyaman untuk sosmed, browsing, dan kebutuhan komunikasi

    • Juan

      Jika anda mencari smartphone berdasarkan spek dewa budget low, maka prefer ke Xiaomi. Namun dengan catatan bahwa anda tidak mementingkan after salesnya/servicenya kecuali anda mengambil produk dengan garansi TAM/Erajaya. Jika anda mencari spek mid-high budget lumayan ya ambil Asus. Apalagi Asus lebih good layanan after salesnya (Resmi), kalau distributor seperti TAM/Erajaya juga ok. Jika anda lebih memilih after sales yang sangat baik(Full Coverage Service/Parts Change), maka Samsung dan Apple (dengan Asuransi/Garansi Resmi) jadi pilihan.

    • Juan

      Relatif. Hanya saja lebih baik Asus. Karena Asus sudah berpengalaman di bidang IT, terbukti hardware pabrikan Asus cukup diminati karena ketahanannya.

  • Agus

    Asus sudah 4G langsung gak yah?? saya pakai Xiaomi Redmi Note 3 Pro masalahnya kaga bisa 4G. Udah kutak-katik kembali ke 3G kalau restart.

    • Juan

      Masalah classic Xiaomi di sebagian produknya memang Error saat baterai di remove atau saat di reset atau restart. Asus sebagian besar produk yang keluar tahun 2015 sudah support 4G. Anda tinggal siapkan simcard 4G Ready, maka anda dapay berselancar di internet di jaringan 4G. Namun perlu di ingat bahwa smartphone Asus 4Gnya tidak dapat digunakan di semua negara, artinya hanya negara tertentu sesuai freq yang di support, ini bergantung pada kode label produk.

  • nuy

    klo asus zenfone 3laser gimana ya gan spek nya? boleh minta rekomendasi biar nggak galau mau ganti hp. soalnya saya suka main game+fotografi jg. terima kasih.

    • Juan

      Fotografi prefer ke Asus Zen3 karena sudah OIS dan Sensor Laser. Kalo mau cari spek dewa di hardware, maka pilihan jatuh ke Xiaomi. Asalkan anda tidak mempedulikan pelayanan after salesnya.

    • Anonim

      3 laser ada 2 versi 32 gb sama 64 gb ram 4 gb chip cualcom octa core dijamin jos mas buat main game masalah camera ok outo fokusnya cepet

    • Juan

      Prefer ke Asus kalo mau cari aman soal After Sales. Kecuali project Xiaomi yang bangun infrastruktur di Indonesia jadi. Tapi itu pun masih lama. Jadi sementara ini masih Asus.

  • Tessa

    Saya mau nanya antara hp xiaomi 4 prime sama asus 3 max, lebih bagus kameranya yang mana? Kualitas produk bagusnya yang mana? Daya tahan hp bisa tahan berapa lama/gampang rusak yg mana? Kualitasnya lebih bagus yg mana? Dan kualitas layar lebih baik yg mana?

  • haidar

    Xiaomi Lah Karena Xiaomi Itu Lebih Murah Dari Segi Harga,Tapi Spek Nya Gx Murahan :D,sebagai contoh xiaomi redmi note 4 punya saya ,Ram =3 gb prroccesornya=deca core 2,1 ghz layar=5,5 ips lcd,harga nya cuma 1,7 jt an doank ๐Ÿ˜€

  • Satria

    Kalo aq sih asus, asus brand nya lbh bagus, bahan lebih bagus/awet… laptop asus terbukti sudah mendunia sebelum ada asus zenfone

  • pho

    mohon sarannya min, saya bingung mau milih antara samsung/asus/xiaomi.. klau mnrt admin ini yg bagus mana? dari segi apapun software hardware maupun pelayanan after sales.. soalnya bnyk yg blg xiaomi ok krna harga murah spec bagus, asus juga gitu dan ada yg blg samsung cm dpt nama. tp selama ini aku pake samsung perasaan awet bgt, krna skrg bnyk yg beredar merk baru, aku jd bingung.. mohon sarannya yaaa.. trims

    • Ayomaju.info

      Menurut saya:
      Asus > Samsung > Xiaomi untuk rentang harga dibawah 3 juta.
      Samsung > Asus > Xiaomi untuk rentang harga diatas 3 juta.

      Samsung memang lebih mahal, ini dikarenakan menganggarkan banyak dana untuk promosi dan pelayanan after sales. Asus pun juga demikian. Sedangkan Xiaomi memiliki teknik pemasaran sendiri sehingga bisa menekan harga dibawah pasaran. Software dan hardware untuk samsung dan asus saya tak ragu lagi. Xiaomi, jujur, nggak enak ngomongnya, oops.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.