Berikut adalah prediksi Patrick Grove perkembangan teknologi Asia Tenggara pada tahun 2017:

1. Asia Tenggara menjadi pasar internet lebih besar dari Amerika

Kawasan ASEAN akan terdaftar lebih dari 300 juta pengguna smartphone di tahun 2017, dibandingkan dengan Amerika yang hanya memiliki 225 juta. Itu artinya bahwa setiap aplikasi atau layanan global yang dapat Anda pikirkan (email, media sosial, chatting, dll) memiliki lebih banyak pengguna di Asia Tenggara daripada di seluruh Amerika. Ini juga berarti bahwa perusahaan internet dalam bagian dari dunia bisa, dan harus lebih besar daripada rekan-rekan US kami!

2. Pendanaan akan lebih sulit untuk mendapatkan (sehingga menghemat apa yang Anda miliki)

Penggalangan dana akan menjadi lebih sulit untuk didapatkan pada tahun 2017 untuk sebagian besar perusahaan. berita terbaru berbicara tentang iklim VC sulit, putaran datar dan lingkungan penggalangan dana cukup menantang. Uang itu di luar sana, tetapi investor dan VC akan menjadi jauh lebih menuntut pada kaliber perusahaan layak dana lebih lanjut. Untuk hanya pendanaan dekat berdasarkan kenaikan pendapatan pada saat ekonomi unit Anda tetap negatif tidak akan memotongnya. Jika Anda tidak tahu CAC, Anda tidak memiliki kesempatan untuk meningkatkan pendanaan lebih lanjut (sedangkan 12 bulan lalu Anda bisa, karena bahkan kemudian, sebagian besar VC tidak tahu).

3. Setidaknya tiga perusahaan akan menaikkan 9 angka putaran (USD100 juta +)

2017 akan menjadi tahun putaran dana besar untuk beberapa perusahaan pilihan yang menciptakan gangguan besar. Gojek dan Grab tidak one-off pada tahun 2016. Kami benar-benar berada di daerah menciptakan perusahaan besar besar (lihat poin 1) dan pengusaha cerdas akan skala cepat mengharuskan meningkatkan pendanaan sebelah menghapus kompetisi (paling sering, dari luar daerah ).

4. Akan ada pintu keluar lain lebih dari USD500 juta

Kami telah melihat 3 perusahaan dengan nilai lebih dari USD500 juta (Jobstreet, iProperty dan Lazada) selama beberapa tahun terakhir, dan tren ini akan terus berlanjut. Semakin banyak perusahaan pembeli di Barat dan di Utara (China, Korea, Jepang) menyadari bahwa mereka tidak dapat selalu pergi sendiri, dan bahwa bekerja dengan dan mengakuisisi tim lokal dan pengusaha dapat memberikan pangsa pasar belum pernah terjadi sebelumnya dan dominasi dari Day 1. BAT (Baidu, Alibaba, Tencent) semua memiliki tim di wilayah mencari kesepakatan besar berikutnya, sehingga diharapkan mereka untuk menemukan sesuatu lebih awal daripada kemudian.

5. Tahun Cina

Cina diam-diam dan cepat menjadi kekuatan berpengaruh di wilayah tersebut – lebih dari perusahaan internet AS, untuk sejumlah alasan. Berharap ini untuk melanjutkan lebih banyak dana Cina VC datang ke Asia Tenggara, pengusaha Cina menghabiskan lebih banyak waktu di daerah dan korporat lebih Cina (BAT dan banyak lainnya) investasi (dan memperoleh) di wilayah tersebut.

6. Akan ada jangkauan luas Fintech

Sudah ada sejumlah pemain kecil berkecimpung di Fintech, tetapi 2017 akan melihat pertumbuhan luas di sektor ini. Konsumen menjadi lebih terbuka untuk menggunakan teknologi, pemerintah mendapatkan lebih nyaman dengan ide Fintech dan bank mencari untuk bermitra dengan pengusaha untuk mendorong ini.

7. Setiap minggu, sebuah startup yang berbeda akan kehabisan uang

Itu wajar. Beberapa akan memiliki profil tinggi, tetapi sebagian besar akan diam-diam menghilang dan menutup operasi mereka. Tidak ada yang pernah mengatakan membangun bisnis itu mudah. Kabar baiknya adalah bahwa semua orang yang terlibat dalam sebuah startup yang tidak membuatnya akan belajar pelajaran yang sangat berharga yang akan membuat usaha mereka berikutnya signifikan lebih mungkin untuk membuatnya!

Saya pikir itu tahun untuk Asia Tenggara untuk membuat langkah besar menuju menjadi kekuatan super di dunia internet dan kami berharap untuk menjadi bagian dari ekosistem yang indah yang dinamis ini.

Patrick Grove adalah co-founder dan CEO Catcha Group, kelompok Internet terkemuka di Asia Tenggara. Ia diakui sebagai salah satu pengusaha terkemuka di kawasan Asia Pasifik. Anda dapat mengikuti dia di media sosial melalui @patrickgrove

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice