Profesi Blogger Apakah Benar Menjanjikan?

Advertisement

Ayomaju.info – Sebelum kita membahas tentang blogger, kita ketahui dulu tentang deskripsi tentang blogger

Apa itu blogger?

Blogger adalah seseorang yang membuat blog. Dan blog itu sendiri merupakan sebuah situs yang dikelola berisikan baik catatan pribadi atau informasi yang ditujukan untuk umum. Blog disebut juga sebagai weblog ( web = situs, log = urutan waktu ), jadi bisa dibilang blog adalah jurnal online yang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan.

Selain itu, definisi lain tentang blogger adalah sebuah situs yang dimiliki oleh Google dan bisa digunakan tanpa harus membayar sama sekali ( blogger dot com ). Bahkan jika blog yang anda buat tadi menarik, maka google akan memberikan sebuah tawaran kepada anda untuk memonitisasi blog yang anda buat. Artinya, blog anda berpotensi untuk mendatangkan uang.

Namun bukan berarti seorang blogger harus menggunakan blogger dot com. Banyak memang yang menggunakan platform blogger do com, bisa kita lihat ketika mengunjungi sebuah situs, pada alamat url tertera misalnya namasitus dot blogspot dot com. Akan tetapi, justru blogger professional lebih memilih untuk menggunakan platform lain meskipun harus mengeluarkan biaya.

Apakah benar blog dapat menghasilkan uang?

Benar sekali. Blog yang dibuat secara gratis saja bisa menghasilkan uang untuk Anda. Tidak menutup kemungkinan jika seseorang dapat meraup ratusan us dollar dari blog. Bahkan ribuan US$ dapat diraih tiap bulannya bagi blogger yang sudah master. Ibarat kata, ‘tidur aja dibayar’ merupakan gambaran bagi blogger sukses.

Bagaimana caranya untuk memulai?

Perlu melakukan sebuah pembelajaran, baik melalui seorang blogger professional atau dilakukan secara otodidak. Tanya ke google adalah cara yang paling banyak dilakukan seorang yang belajar ngeblog secara otodidak. Jutaan tutorial baik bahasa inggris maupun bahasa Indonesia semuanya sudah tersedia.

Tidak hanya untuk membuat dan mendesign tampilan blog saja, banyak situs web dan blog yang bertebaran membahas tentang bagaimana mendapatkan uang secara online, salah satunya dengan membuat blog.

Apakah semua tutorial yang ditemui benar-benar jujur?

Saya nggak yakin, tapi jika anda beruntung, anda akan menemukan beberapa author yang benar-benar cerdas dan memiliki ketersedian untuk berbagi pengalaman.

Namun sangat sedikit yang rela membagikan ilmunya secara detail, mengingat perjuangan awal menjadi seorang blog sampai dengan pendapatan pertama yang dihasilkan membutuhkan pemikiran dan kesabaran ekstra.

Beberapa blogger professional ada juga yang mau membagikan semua tipsnya, akan tetapi anda perlu keluar duit untuk menyenangkan hatinya. Mengerti, kan? sebagai contoh author akan memberikan sebuah buku panduan lengkap serta konsultasi setelah anda membeli produk yang telah mereka buat.

Advertisement

Setelah punya blog, apa yang dilakukan supaya mendatangkan uang?

Salah satu cara mendapatkan uang adalah dengan memasang iklan. Anda bisa mendaftarkan sebagai publisher, banyak layanan jasa periklanan yang bisa anda ikuti. Selain itu anda bisa mencari sebuah afiliasi, sebagai contoh anda mereview sebuah produk dan ketika mereka membeli produk tersebut, maka anda akan mendapatkan komisi. Dan masih banyak lagi.

Namun, jangan terlalu berharap terlalu tinggi. Bukan bermaksud untuk mengecilkan harapan, akan tetapi inilah kenyataan yang harus dihadapi oleh ribuan blogger di Indonesia dan jutaan blogger di dunia.

Dari hasil analisa saya, sejak saya mempelajari cara mendapatkan uang melalui blog tahun 2008, hanya ada 1-5 orang dari 100 orang yang bisa berhasil mencapai kesuksesan mendatangkan uang yang diharapkan.

Sama seperti bisnis atau pekerjaan lainnya, perlu kerja keras, kerja cerdas, dan selalu konsisten.

Mungkin Anda ingin tanyakan, apakah situs ini juga dibuat untuk monetize?

Ya, memang, itulah salah satu cara untuk menambah penghasilan saya. Tapi saya tidak bisa mengandalkan weblog ini karena konten yang saya buat kurang begitu komersil. Saya hanya menjalankan hobi dan dedikasi untuk membagikan hal-hal yang positif saja. Intinya profesi blogger bukanlah profesi saya saat ini, ‘membagikan hal positif dan mendatangkan uang adalah hal yang menyenangkan’ bagi saya. Situs ayomaju merupakan satu dari 10 situs web baik berbahasa Indonesia maupun Inggris yang saya kelola dengan senang hati, meskipun saat ini belum bisa konsisten untuk selalu update.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendatangkan uang lebih banyak, diantaranya membuat blog dengan konten popular dan membuat isu yang memancing pembaca yang penasaran dengan menghalalkan berbagai cara. Secara otomatis pengunjung situs yang dibuat akan lebih banyak lagi.

Johny Ward - Blogger Professional dengan penghasilan Rp 5 M

Johny Ward – Blogger Professional dengan penghasilan Rp 5 M

 

Semua itu merupakan pilihan, yang penting berani bertanggun jawab di dunia dan akhirat.

 

Advertisement

Info Terkait

Updated: Agustus 22, 2015 — 4:09 am

2 Comments

Add a Comment
  1. Trus kalo sedikit yang berhasil,,,,kira-kira berdasarkan pengalaman sampean. Hal ini karena apa ya ?. Trus untuk dapat berhasil….berapa jumlah posting yang harus kita miliki atau teknik apa supaya berhasil….apakah niche blog harus yang trend….atau mungkin ada kiat-kiat lain ?

    1. Jujur, saya juga masih ragu, dan pengalaman saya masih terbilang minim dibanding yang udah master di Indonesia.

      Banyak yang gagal karena mereka nggak fokus. Terlebih kebanyakan orang pengennya instant, dan memiliki mindset ‘hari ini capek posting, besoknya ngarep dapet duit banyak’.

      Padahal dalam dunia bisnis online, perlu kesabaran. Sebulan misal posting 100 artikel, apakah langsung dapet duit, misal dari google adsense, susah, bukan. Kecuali kalau jual produk. Apa yang diharapkan dari 100 artikel, jika seribu aja belum ada apa-apanya.

      Berhasil atau sukses, itu subjektif. Saya sendiri terbilang belum sukses, akan tetapi optimisme terbentuk sejak pertama kalinya saya payout, walaupun saat itu hanya dapet 1/4 dari gaji saya. Dan untuk mengembangkannya, bukanlah hal mudah. Postingan yang saya buat sendiri di ayomaju.info mungkin baru 700-an, ditambah teman-teman jadi hampir berjumlah 1000, hasilnya cukup untuk membeli kamera DSLR, lumayan lah.

      Untuk blog Indonesia, niche memang berpengaruh, tapi tidak sesignifikan dengan blog luar. Untuk itu bagi yang serius, bikin seperti ini :
      Buat 5 blog.
      Blog Indo : Satu blog campur aduk dari berbagai tema (gado-gode), kedua niche khusus yang paling agan kuasai, ketiga niche khusus yang berpotensi tinggi.
      Blog Luar : Satu blog adaptasi dari blog campur tadi yang memiliki potensi paling bagus. Sementara satunya lagi dibidang yang paling dikuasai. Targetkan ke negara seperti USA atau UK.

      Nah, setiap pembuatan 1 postingan, agan bisa buat 3 sampai 5 postingan sekaligus, tentunya bukan duplikat, akan tetapi topik sama dengan beda gaya dan bahasa yang berbeda.

      Dan yang terpenting adalah pengusaan terlebih dahulu. Pagi hari punya 5 bahan mentah, kemudian jabarkan lagi dengan konten yang bernilai, jadinya bakal membuat 25 postingan dalam sehari.

      Dalam sebulan 25×30 = 750
      Setahun 750×12= 9000 post

      Anggap postingan Indo memiliki 6000 post, jika ditaksir total dalam 1 tahun sekitar US$ 5.000 (adsense)
      Luar : 3000 post, jika ditaksir 1 tahun sekitar US$ 15.000 (adsense)

      Jadi dengan teknik seperti itu paling tidak dalam setahun berjalan bisa membeli mobil avansa. Dengan syarat konten berkualitas.
      Oh ya, satu lagi, jika memang untuk benar-benar serius, jangan takut untuk mengeluarkan modal untuk domain, hosting (vps recommended), jasa penulis dan jangan lupa piknik.

      Itu saja kiatnya menurut saya, masih banyak cara yang belum saya ketahui dan saya juga masih perlu banyak belajar lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme