Google kini menjadi raksasa sebagai mesin pencari informasi terbaik yang pernah ada, tapi apakah Anda pernah membayangkan bagaimana orang-orang yang telah lama berselancar internet menemukan apa yang mereka cari sebelum lahirnya google?

Berikut ini adalah cerita menarik dari Steven Vaughan-Nichols, CEO Vaughan-Nichols & Associates. Saat ia pertama kali di Internet, dunia tidak memiliki Google, atau bahkan Web, tapi ia berhasil mencari di Internet. Berikut adalah alat yang mereka pernah gunakan.

Ketika saya mulai menggunakan internet pada 1970-an, itu tidak terlihat apa-apa seperti halnya hari ini, dan alat-alat pencarian kami masih primitif.

Sebelum saya pernah mengubah tangan saya untuk menulis untuk kehidupan, saya menempatkan diri melalui sekolah pascasarjana dengan melakukan penelitian pada sistem database online yang pertama: NASA RECON Dialog, sekarang ProQuest, dan OCLC. Sistem ini, yang masih ada, adalah bagian dari apa yang disebut Matrix, tidak, saya tidak bermaksud film. The Matrix, seperti yang didefinisikan oleh Carl Malamud, adalah superset dari semua jaringan yang saling berhubungan. Hari ini, Anda bisa mendapatkan ke ProQuest dan OCLC melalui Internet, tetapi Anda akan menemukan diri Anda diblokir dari mendapatkan sangat jauh ke mereka tanpa izin.

Adapun Internet pra-Web sendiri, pada awalnya tidak memiliki perangkat pencarian. Tidak sampai akhir 1980-an bahwa Internet menjadi dicari. Ketika saya mulai menggunakannya, kita harus melalui FTP file layar direktori dengan layar dan berharap bahwa file yang kita inginkan adalah di sana, di suatu tempat.

Kemudian datang Archie dan Veronica

Pertama, mesin pencari utama adalah Archie, yang awal tahun 1990 memungkinkan untuk mencari melalui direktori file situs. Archie susah untuk digunakan, tetapi dibandingkan dengan apa yang telah kita hadapi, itu indah. Archie segera diikuti oleh Veronica, layanan dari University of Nevada Sistem Pelayanan Computing yang mencoba untuk memberikan pencarian Archie yang menampilkan file dengan teks biasa.

Uang muka yang lebih besar adalah Gopher, yang memungkinkan untuk mencari melalui database online dan file teks. Dengan Archie, Anda benar-benar harus memiliki petunjuk bahwa file di suatu tempat di situs tertentu. Dengan Gopher, Anda hanya bisa mencari dan membiarkan server untuk temuan situs yang memiliki informasi yang Anda inginkan.

Sementara Gopher sedang dibangun pada tahun 1991, Web ini juga sedang dibuat. Pada tahun 1993, seperti Gopher mencapai jatuh tempo, saya pikir mesin pencari Internet nyata pertama, WAIS (Wide Area Information System ), akan menjadi lebih penting daripada Web! Saya menempatkan kereta di depan kuda. WAIS, seperti Archie, Veronica, dan Gopher, ada sekarang hanya sebagai trivia sejarah Internet.

Di satu sisi, kami menggunakan Web untuk segala sesuatu, tapi itu mesin pencari yang membuatnya berguna. Setelah semua, kita katakan, “Kami Google untuk informasi,” tidak “Kami berselaput untuk jawabannya.”

Web dengan cepat tersingkir, mereka sebelumnya adalah program pencarian Internet serta layanan online seperti Prodigy, CompuServe, dan Genie. Sekarang, hanya potongan-potongan dari mereka tetap (seperti forum CompuServe), dan untuk sebagian besar, mereka benar-benar hanya menarik untuk arkeolog digital.

Untungnya bagi pengguna awal, para desainer web pertama mulai bekerja menciptakan mesin pencari. Memang pertama, WWW Virtual Library, diciptakan oleh pencipta Web, Tim Berners-Lee. Virtual Library, dan clone yang paling terkenal, 1994 Yahoo, tidak benar-benar mesin pencari. Mereka katalog manusia dirakit link web yang berguna. Anda bisa (dan tidak) mengirimkan halaman Web Anda sendiri untuk Yahoo, misalnya, dan menyarankan di mana kategori itu harus dimasukkan. (optimasi mesin pencari sangat berbeda saat itu.)

Direktori ini masih ada. Memang, situs yang memungkinkan pengguna untuk memilih pada laman web tertentu yang menarik, seperti Reddit, masih populer. Sebagian besar yang awal, seperti EINet Galaxy (1994) dan Open Directory Project (1998), telah mati atau yang sedikit digunakan. Lainnya, seperti Yahoo, beralih ke model mesin pencari.

Dalam mencari pencarian

Dan apa itu? Mesin-JumpStation pertama pencarian, World Wide Web Worm, dan Repositori Berbasis Rekayasa Perangkat Lunak (RBSE) program otomatis spider-digunakan, yang disebut robot atau spider, untuk meminta halaman web dan kemudian melaporkan apa yang mereka temukan ke database. Mereka laba-laba pertama yang tidak berguna. Butuh Archie-Like Indexing dari Web (ALIWEB-itu benar-benar mati sekarang) dan Excite pada tahun 1993 sebelum kami memiliki mesin pencari yang sebagian besar dari Anda akan mengenali alat berguna.

Mesin pencari pertama yang berguna hanya jika Anda tahu nama yang tepat dari situs web yang Anda cari. Mencari di dalam halaman web harus menunggu untuk WebCrawler 1994. WebCrawler sekarang dilupakan, tetapi pada tahun pertama itu begitu populer sehingga menjadi korban dari kesuksesan sendiri; situs itu sehingga membanting yang sering tidak bisa digunakan.

Yang memberi Lycos kesempatan. Dengan menuangkan banyak server dalam proyek ini, Lycos adalah hampir pasti mesin pencari pertama yang memiliki pencarian halaman penuh selama lebih dari satu juta halaman. Itu tidak menurut standar sekarang, tapi itu luar biasa pada pertengahan 1994. Lycos juga mesin pencari pertama yang memperkenalkan kedekatan pencarian.

Pertengahan 90-an adalah sarang mesin pencari web baru. InfoSeek, yang hanya tahan lama klaim untuk ketenaran entah bagaimana meyakinkan Netscape untuk membuatnya – Netscape browser mesin pencari default, datang, pergi, dan tidak seperti yang lain, tidak meninggalkan jejak di baliknya. Inktomi, yang muncul pada tahun 1996, sebentar menikmati ledakan popularitas. Akhirnya, pada tahun 2003, dibeli oleh Yahoo.

Mesin pencari web yang paling signifikan adalah AltaVista, favorit pribadi saya pada hari-hari, dan Ask Jeeves, sekarang Ask.com. AltaVista adalah yang pertama mesin pencari benar-benar cepat yang juga menutupi sebagian dari Web. Hal ini juga memberi pengguna pertama yang berhasil pencarian Boolean. Jadi, misalnya, Anda bisa mencari “sejarah bisbol New York bukan Yankees” dan mendapatkan hasil tentang New York Giants dan Dodgers, tetapi tidak New York Yankees. Klaim meminta untuk ketenaran adalah upaya untuk mendukung pencarian dengan bahasa alami. Jadi Anda bisa meminta itu, “Ceritakan tentang sejarah bisbol New York, tapi saya tidak ingin mendengar tentang Yankees.” [Karena, sungguh, siapa yang tidak? -ed.] Apakah Anda akan mendapatkan hasil yang bermanfaat adalah masalah lain, tapi Ask Jeeves melakukan yang lebih baik dengan gaya pertanyaan ini daripada kompetisi.

Bagaimana 800-pound gorila tumbuh begitu besar

Jadi mengapa tidak Anda mendengar tentang sebagian besar? Nah, masing-masing memiliki masalah sendiri. AltaVista, misalnya, bersama dalam kesengsaraan perusahaan induknya, Digital Equipment Corp (DEC) dan kemudian Compaq. Yahoo, yang berakhir dengan kepemilikan AltaVista, akhirnya membunuh mesin pencari satu web besar ini pada tahun 2010.

Tapi apa yang sebenarnya terjadi kepada mereka semua adalah Google. Google hanya melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik daripada para pesaingnya membuat pencarian mudah dan komprehensif. Kunci keberhasilan besar Google adalah PageRank. Dengan PageRank, Google memiliki harga relevansi halaman web untuk query, tidak hanya berdasarkan pada apakah halaman berisi istilah pencarian (teknik yang digunakan oleh semua mesin pencari), tetapi juga oleh berapa banyak halaman yang relevan link ke sana.

Kedengarannya sederhana. Nah, konsep dasar sederhana. Ini adalah kemajuan inovatif pada saat itu. Penyempurnaan Google Search dan PageRank berlanjut hingga hari ini.

Google tidak pernah beristirahat pada kemenangan, baik; tidak ada perusahaan telah berhasil memberikan Google kompetisi serius di lebih dari 10 tahun. Hari ini, Google digunakan untuk lebih dari 64 persen dari semua pencarian. Sebagai perbandingan, Bing memiliki 23 persen dari pasar, sementara Yahoo terus menurun dengan hanya 12 persen dari pencarian. Ask adalah hampir tidak tergantung pada dengan 1,4 persen dari pasar.

Seharusnya AltaVista berhasil menghindari masalah induk perusahaan, mungkin telah menjadi cerita yang berbeda. Tak satu pun dari Before Google (sebelum Google) mesin web lain memiliki apa yang diperlukan untuk bersaing jenius dengan Google. Hari ini, sebagai hasilnya, kita benar-benar hidup di After Google (setelah Google) hari. Saya ragu bahwa akan berubah dalam waktu dekat. Google tentu terus bekerja keras untuk memastikan bahwa akan terjadi.

Steven J. Vaughan-Nichols, alias sjvn, telah menulis tentang teknologi dan bisnis teknologi. Karyanya telah diterbitkan dalam segala hal dari publikasi yang sangat teknis (IEEE Computer, ACM Networker, Byte) untuk publikasi bisnis (eWeek, InformationWeek, ZDNet) teknologi populer (Computer Shopper, PC Magazine, PC World) ke pers mainstream (Washington Post , San Francisco Chronicle, BusinessWeek).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice